Home / Tempat Wisata / 10 Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini

10 Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini

10 Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini

Kebutuhan transportasi dengan menggunakan pesawat terbang memang tidak bisa dipungkuri ramainya saat ini. Dengan munculnya maskapai yang beragam dan menawarkan tiket dengan harga murah, tentu banyak masyarakat yang mempertimbangkan untuk setia menggunakan pesawat sebagai moda berpergiannya. Setiap harinya, selalu ada penumpang yang menggunakan transportasi udara ini baik untuk travel maupun business trip. Wisatalah memiliki rangkuman 10 bandara tersibuk di Indonesia saat ini yang memiliki intensitas paling tinggi di antara bandara lainnya di Indonesia. Mari simak!

Daftar Bandara Tersibuk di Indonesia 2018

1. Bandara Soekarno Hatta

Bandara yang diambil dari nama presiden dan wakil presiden Indonesia pertama ini mulai beroprasi pada tahun 1985. Bandara ini dirancang oleh arsitek asal Prancis Paul Andreu dan berdiri di atas tanah seluas 18 km di Kota Tangerang, Banten.

Bandara internasional ini awalnya dirancang untuk menampung penumpang sebanyak 22 juta orang. Namun berdasarkan data Dewan Bandara Internasional, pada 2011, penumpang di bandara ini sudah mencapai sekitar 51,17 juta penumpang per tahunnya.

Soekarno Hatta Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Soekarno Hatta – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via ceritatravel.com

Dalam masterplan pengembangan bandara, PT Angkasa Pura II selaku operator berencana meningkatkan kapasitas menjadi 62 juta penumpang per tahun pada 2014. Peningkatan kapasitas apron atau lapangan parkir pesawat juga menjadi bagian dalam rencana yakni dari 125 pesawat menjadi 174 pesawat terbang.

Diperkirakan PT Angkasa Pura II akan menghabiskan dana sekitar Rp 11,7 triliun untuk melakukan pengembangan bandara hingga saat ini. Tidak heran Soekarno Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia.

2. Bandara Juanda

Bandara Internasional Juanda berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Bandara yang diambil dari nama perdana menteri terakhir di Indonesia ini dioperatori oleh PT Angkasa Pura I.

Bandara tersibuk di Indnesia kedua ini berdiri di atas tanah seluas 51.500 m ini. Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional pada 2011 melayani sekitar 13,77 juta penumpang tiap tahunnya.

Juanda Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Juanda – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via seruji.com

Angka ini meningkat dalam tiga tahun terakhir di mana pada 2008 hanya melayani 8,8 juta penumpang, 2009 melayani 10,6 juta penumpang dan 2010 melayani 11,1 juta penumpang.

3. Bandara Ngurah Rai

Bandara internasional ini terletak di sebelah selatan Bali. Sebagai tujuan wisata yang telah mendunia, tentu Bali sangat padat dan ramai oleh wisatawan hampir setiap harinya, sehingga bandara Ngurah Rai menjadi salah satu bandara tersibuk di Indonesia saat ini.

Bandara ini setidaknya telah melayani sekitar 27 maskapai penerbangan yang terdiri dari 10 maskapai penerbangan dengan jalur domestik dan 17 lainnya maskapai penerbangan dengan jalur internasional.

Ngurah Rai Bali Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Ngurah Rai Bali – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini via | tribunnews.com

Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional, Bandara Ngurah Rai pada 2011 tercatat telah melayani 12,7 juta penumpang. Angka ini meningkat terus di mana pada 2009 jumlah penumpang sekitar 9,6 juta orang dan 2010 sebanyak 11,1 juta orang.

4. Bandara Sultan Hasanuddin

Bandara yang dioprasikan oleh PT Angkasa Pura I ini terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bandara ini mengalami proses perluasan dan pengembangan yang dimulai tahun 2004.

Sultan Hasanuddin Makassar Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Sultan Hasanuddin Makassar – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via markeeters.com

Saat ini, Bandara Sultan Hasanuddin melayani 225 rute penerbangan. Ada 18 maskapai yang melayani penerbangan domestik, dan 2 maskapai yang melayani rute internasional.

Bandara yang sempat dinobatkan menjadi salah satu bandara dari tiga bandara terbaik di Indonesia ini, dari data Dewan Bandara Internasional menempati urutan keempat sebagai bandara tersibuk di Indonesia. Pada 2011 tercatat Bandara Sultan Hasanuddin telah melayani penumpang sebanyak 7,4 juta orang.

Tingginya frekuensi penumpang di bandara ini membuat otoritas bandara memperluas bandara dari 51.000 m menjadi sekitar 7 hektar.

5. Bandara Kualanamu

Bandara ini merupakan salah satu bandara terbaru yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya arsitekturnya yang modern dan kenyamanan yang maksimal, konon kabarnya bandara ini dinobatkan sebagai salah satu bandara terkeren di Sumatera, atau mungkin di Indonesia.

Menggantikan Bandara Polonia di Kota Medan, Bandara Kualanamu tidak hanya melayani rute domestik tetapi juga rute internasional. Maka dari itu, salah satu bandara tersibuk di Indonesia ini telah dikunjungi dan melayani sekitar 8 juta penumpang pada tahun 2013.

Kualanamu Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Kualanamu – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via http://nationalgeographic.co.id/

Bandara Kualanamu juga memiliki fasilitas kereta khusus bandara yang berangkat dari Kota Medan, loh. Asik banget!

6. Bandara Sepinggan

Bandara yang terletak di Kalimantan Timur ini awalnya di bangun untuk kegiatan perusahaan minyak Belanda di daerah Balikpapan. Pengelola bandara ini dipercayakan pada PT Angkasa Pura I.

Sepinggan Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Sepinggan – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via www.sepinggan-airport.com

Dengan posisi yang strategis di kawasan Indonesia Bagian Tengah diharapkan bandara ini dapat menjadi penghubung kawasan Indonesia Bagian Barat dengan kawasan Indonesia Bagian Timur. Selain itu bandara tersibuk di Indonesia ke-enam ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur dan wilayah Kalimantan lainnya.

Bandara Sepinggan dari data Dewan Bandara Internasional pada 2011 telah melayani sekitar 5,6 juta penumpang. Angka ini terus meningkat di mana pada tahun 2009 hanya sekitar 4,3 juta penumpang dan 2010 sebesar 5,1 juta penumpang.

Saat ini Bandara Sepinggan terus dilakukan pengembangan diantaranya akan dibangun hotel transit, business center, pusat informasi investasi, warehousing, meeting room, restoran dan mini market termasuk pengembangan terminal penumpang dan perpanjangan landasan pacu.

7. Bandara Adisucipto

Bandara Adisucipto terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bandara ini awalnya bernama Maguwo di mana kemudian diganti untuk penghormatan pada Marsekal Muda Anumerta Agustinus Adisutjipto yang ditembak jatuh oleh pesawat Belanda tanggal 29 Juli 1947.

Adisucipto Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Adisucipto Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via jowonews.com

Bandara tersibuk di Indonesia ini berdiri di atas lahan seluas 88,690 m, dengan dua landasan pacu. Dahulu bandara ini merupakan lapangan udara militer, namun penggunaannya diperluas untuk kepentingan sipil.

Bandara Adisucipto menjelma menjadi bandara internasional pada tanggal 21 Februari 2004. Data Dewan Bandara Internasional mencatat bandara di Yogyakarta ini pada 2011 telah melayani penumpang sekitar 4,2 juta orang.

8. Bandar Udara Internasional Hang Nadim

Bandara internasional yang satu ini memiliki 3 Landas Pacu yang terletak di kelurahan Batu Besar, kecamatan Nongsa, Kota Batam, provinsi Kepulauan Riau. Bandar udara ini mendapatkan nama dari Laksamana Hang Nadim yang termahsyur dari Kesultanan Malaka. Hang Nadim memiliki landasan pacu sepanjang 4.025 meter yang menjadikan bandara ini sebagai pemilik landas pacu terpanjang di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara setelah Bandara KLIA Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan kondisinya saat ini, Bandara Hang Nadim dapat menampung 18-pesawat berbadan lebar dengan jenis Boeing 767.

Bandar Udara Hang Nadim mulai beroperasi pada 1 Januari 1984 ditandai untuk pertama kalinya melakukan perbaikan yaitu pembuatan landasan pacu (runway) sepanjang 4.025 meter. 1 bulan kemudian dibuka secara resmi pada 1 Februari 1985 dengan melayani penerbangan domestik yang melayani rute penerbangan langsung seperti: Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta (Jakarta), Bandar Udara Internasional Juanda (Surabaya), Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (Bandung), Bandar Udara Internasional Polonia (Medan), Pekanbaru, Bandar Udara Tabing (Padang) dan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Hang Nadim Batam Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Hang Nadim Batam – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via airmagz.com

4 hari kemudian dibuka secara resmi pada 5 Januari 1990 dengan melayani penerbangan internasional yang melayani rute penerbangan langsung seperti: Bandar Udara Internasional Senai yang diletak dari Johor Bahru (ibu kota negara bagian Johor) dari negara Malaysia dan Bandar Udara Internasional Changi yang diletak dari Singapura. Di tahun 2013, Bandara Hang Nadim telah melayani penumpang sekitar kurang lebih 4,1 juta orang.

9. Bandar Udara Syamsudin Noor

Bandar udara yang melayani area Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Indonesia ini letaknya di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Bandara tersibuk di Indonesia ini mulai beroperasi pada tahun 1936 dengan nama Lapangan Terbang Ulin. Pada tahun 1975 bandara ini resmi ditetapkan sebagai bandara sipil dan diubah namanya menjadi bandara Syamsudin Noor. Pada tahun 2011, Bandara Syamsudin Noor mempunyai terminal domestik dengan luas 9.943 m² dan dapat menangani 3.013.191 penumpang. Bandara tersibuk di Indonesia ini dibangun kembali pada mulanya oleh pemerintahan pendudukan Jepang pada tahun 1944 dan terletak disebelah utara Jalan Jend. Ahmad Yani Km 25 Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru.

Syamsudin Noor Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Syamsudin Noor – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini | via liputan6bisnis.com

Setelah masa kependudukan Jepang, bandar udara jatuh di tangan sekutu yakni Belanda. Kemudian sekitar tahun 1948, landasan bandara ini direnovasi oleh pemerintahan pendudukan Belanda (NICA) dengan Pengerasan landasan udara dengan pondasi batu setebal 10 cm. Pada masa pemerintahan Gubernur Syahriel Darham, Bandara Syamsudin Noor sudah mampu didarati oleh pesawat berbadan lebar seperti jenis Boeing 767, sehingga pengembangan kedepan Bandara Syamsudin Noor akan ditingkatkan menjadi Bandara Internasional.

10. Bandar Udara Internasional Minangkabau

Bandara tersibuk di Indonesia terakhir adalah bandar udara bertaraf internasional utama di provinsi Sumatera Barat yang melayani penerbangan untuk Kota Padang. Bandara ini berjarak sekitar 23 km dari pusat Kota Padang dan terletak di wilayah Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman.

Bandar Udara Minangkabau Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini
Bandar Udara Minangkabau – Bandara Tersibuk di Indonesia Saat Ini via tiketturindo.com

Pada tahun 2006, bandar udara ini ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai tempat embarkasi dan debarkasi haji untuk wilayah provinsi Sumatera Barat, Bengkulu dan sebagian Jambi. Sejak 1 Januari 2012, jam operasional bandara ini diperpanjang oleh PT Angkasa Pura II hingga pukul 00.00 WIB, yang sebelumnya hanya dibuka hingga pukul 21.00 WIB. Bandar Udara Internasional Minangkabau dibangun sebagai pengganti Bandar Udara Tabing yang sudah tidak lagi memenuhi persyaratan dari segi keselamatan penerbangan setelah 34 tahun lamanya digunakan. Pembangunan bandara ini mulai dilakukan pada tahun 2001 dan memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter. Penerbangan domestik dan internasional dilayani oleh terminal seluas 20.568 m², yang berkapasitas sekitar 2,3 juta penumpang setiap tahunnya. Pada tahun 2017, bandara ini akan diperluas dua tahap hingga mencapai 49.000 m². Dengan pengembangan itu nantinya akan bisa menampung sekitar 5,9 juta penumpang per tahun.

Yuk di-Share :
  • 6
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
  •  
    7
    Shares
  • 6
  • 1
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (2 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *