Home / Kuliner / 5 Rawon Setan Surabaya Paling Enak Yang Bikin Kesetanan

5 Rawon Setan Surabaya Paling Enak Yang Bikin Kesetanan

Rawon Setan Surabaya Paling Enak Yang Bikin Kesetanan

Salah satu sup berkuah yang paling unik dari Nusantara adalah Rawon. Dengan kuah berwarna hitam yang berasal dari buah kluwek ini, Rawon menjadi sangat lebih sedap dan gurih. Kota Surabaya adalah tempat lahir makanan yang satu ini dan Wisatalah memiliki beberapa rekomendasi rawon setan Surabaya yang cocok untuk Anda cicipi ketika berkunjung di kota tersebut. Ini dia rekomendasinya!

  1. Rawon Setan Surabaya Mbak Endang

Salah satu rawon yang sangat terkenal namanya hingga ke pelosok adalah Rawon Setan Surabaya Mbak Endang. Restoran yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1990 silam dan sudah memiliki banyak pengagum cita rasanya. Alamat atau lokasinya berada di Jalan Embong Malang No. 78 Surabaya, persis di depan Hotel JW Marriot Surabaya.

Rawon Setan Surabaya Mbak Endang

Asal muasal disebut Rawon Setan Mbak Endang adalah karena rumah makan ini hanya buka saat malam hari saja, layaknya setan yang berkeliaran di malam hari. Di sini, Anda bisa menikmati menu rawon, rawon campur dan juga rawon buntut. Jadi bukan karena tempat angker ya.

  1. Rawon Kalkulator

Selain Rawon Setan Surabaya, ada juga rawon yang cukup terkenal yakni Rawon Kalkulator. Dinamai Rawon Kalkulator karena kecepatan menghitung sang pelayannya. Unik, ya? Rawon yang satu ini berlokasi di Taman Bungkul, Surabaya. Menu rawon di sini disajikan campur dengan nasi, kuah rawon, daging sapi dilengkapi kecambah kecil dan sambal terasi.

Rawon Kalkulator Surabaya
via kriya.co.id

Jika Anda ingin lauk yang berbeda, Anda juga bisa menambahkan perkedel kentang, tempe goreng, paru goreng dan telur asin. Setelah makan, bersiaplah untuk terpukau dengan kecepatan menghitung si pelayan ketika Anda akan membayar. Dijamin, hasil hitungannya secepat kalkulator!

  1. Rawon Pak Pangat

Jika Anda bosan dengan sajian rawon setan Surabaya yang begitu-gitu saja, Anda bisa mampir ke Rawon Pak Pangat. Di sini akan disajikan menu rawon suwir, rawon campur dan rawon krengsengan.

Rawon Pak Pangat Surabaya
via http://makanlagi.com/

Yang paling laris dan diminati adalah menu rawon krengsengan, perpaduan kuah rawon dengan daging empal suwir mirip abon. Untuk menikmati rawon ini, Anda bisa berkunjung ke Ketintang Baru Selatan I/15 Surabaya. Tak perlu takut kehabisan karena Rawon Pak Pangat juga buka cabang di Darmo Trade Center, Puri Mas dan Bandara Juanda Surabaya.

  1. Rawon Warung Tegal Bu Lilik

Rawon yang letaknya ada di Jalan Urip Sumoharjo No. 37 Surabaya ini sebenernya berada di sebuah warteg yakni “Warung Tegal Bu Lilik”. Maka dari itu, jangan heran jika Anda akan mendapati rawon di sini bisa juga disajikan dengan cumi-cumi, perkedel dan otak sapi goreng.

Rawon Warteg Bu Lilik Surabaya
via travellers.web.id/

Untung sepiring rawon original dengan daging sapinya, Anda cukup merogoh Rp 18.000,00. Selain rawon, Anda juga bisa pesan menu seperti nasi cumi-cumi hitam, nasi pecel, nasi rames, nasi bali, nasi kuning dan nasi kare.

  1. Rawon Nguling

Saat pertama kali berdiri, proses untuk memasak Rawon Nguling ini dilakukan dalam wadah yang disebut kendil (sebuah wadah yang terbuat dari tanah liat). Rawon yang terletak di Jalan Rajawali Surabaya dan Jalan Kutai Surabaya ini memang patut diacungi jempol dan tidak pelit rasa.

Rawon Nguling Surabaya
via foody.id

Kuah hitamnya yang pekat di Rawon Nguling membuat citarasanya menjadi semakin gurih! Ditambah dengan beberapa potongan daging empuk plus kecambah pendek, dijamin Anda akan ingin tambah hingga 2 porsi. Selain di Surabaya, Rawong Nguling juga ada di jembatan perbatasan Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo, Jawa Timur.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *