Home / Tempat Wisata / Eksotisnya Air Terjun Aek Martua Riau

Eksotisnya Air Terjun Aek Martua Riau

Air Terjun Aek Martua Riau
Eksotisnya Air Terjun Aek Martua Riau
Rate me? =)

Sebagai salah satu Pulau terbesar di Indonesia, Sumatera memiliki banyak sekali destinasi wisata alam nan menakjubkan. Salah satunya di Provinsi Riau. Tak hanya terkenal sebagai Penghasil Minyak Buni dan Kelapa Sawit, Provinsi Riau juga memiliki keindahan alam nan indah. Salah satunya adalah wisata air terjun yang dikenal dengan Aek Martua. Seperti apakah pesona air terjun Aek Martua Riau? Selengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Eksotisnya Air Terjun Aek Martua
Sumber: honda-rohul.blogspot.co.id

Jika ditanya destinasi wisata di Provinsi Riau, mungkin sobat langsung menjawab festival bekudo bono yang menjadi nomor satu. Pasalnya, festival bekudo bono telah dikenal dunia dan sangat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Akan tetapi, Provinsi Riau juga memiliki destinasi wisata alam yang cantik dan eksotis, salah satunya adalah Air Terjun Aek Martua. Destinasi wisata alam asal Riau ini wajib sobat kunjungi, pasalnya, Air Terjun Aek Martua memiliki ciri khas tersendiri yang mampu menghipnotis hati wisatawan dengan keindahan panoramanya.

Air Terjun Aek Martua Riau
Sumber: wisata-tanahair.com

Air Terjunt Aek Martua merupakan Air Terjun eksotis yang berlokasi di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Aek Martua sendiri berasal dari bahasa setempat yaitu Suku Mandailing yang artinya Air Bertuah. Sementara itu, wisatawan lebih mengenal Aek Martua dengan sebutan Air Terjun Tangga Seribu. Disini lah letak ciri khas Aek Martua yaitu Air Terjun ini memiliki tiga tingkatan yang mana di setiap tingkatannya memiliki ketinggian yang berbeda-beda berkisar antara 15 meter sampai dengan 35 meter.

Di tangga pertama, sobat akan menemukan banyak hamparan batu yang menyebar luas sehingga sangat cocok sebagai tempat untuk bermain air. Sedangkan pada tangga kedua sobat akan menemukan kolam yang memiliki luas kurang lebih 250 meter persegi sehingga tangga kedua sangat cocok bagi sobat yang ingin mandi atau pun berenang. Sementara itu, pada tangga ketiga sobat mesti memupuk nyali terlebih dahulu. Pasalnya, tangga ketiga merupakan tingkatan yang paling ekstrem di Air Terjun Aek Martua. Tangga ketiga ini sangat cocok bagi sobat yang bernyali tinggi serta telah terbiasa memanjat tebing karena tebing pada tangga ketiga ini sangat licin dan penuh tantangan.

Air Terjun Aek Martua Rokan Hulu Riau
Sumber: wisata-tanahair.com

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Aek Martua cukup mudah. Sobat dapat menggunakan angkutan pribadi atau pun angkutan umum yang disediakan pemerintah setempat. Jika sobat menggunakan angkutan umum dari Pekanbaru menuju Pasir Pengaraian hanya dikenakan biaya kurang lebih sebesar Rp 35.000,-. Selanjutnya, sobat dapat turun di Simpang Tangun. Dari sini, sobat dapat menggunakan jasa angkutan umum menuju lokasi menggunakan mobil Omlet dengan biaya yang cukup murah yaitu sebesar Rp 5.000,- saja. Akan tetapi, mobil Omlet tidak langsung menuju obyek wisata, sehingga sobat mesti melanjutkan perjalanan kurang lebih hanya 3,5 kilometer dan dapat menggunakan angkutan bermotor. Perjalanan ini akan melewati Jembatan Jembatan Gantung Bangun Purba yang merupakan jembatan sempit dengan penopang tali dan bergoyang bila dilalui kendaraan. Setelah melewati Jembatan Gantung, sobat akan melewati pendakian sekitar 500 meter.

Setelah melewati pendakian yang cukup curam tersebut, sobat akan menemui Hutan Lindung dan disinlah batas terakhir menggunakan kendaraan bermotor. Akan tetapi, sobat tidak perlu khawatir, disini juga tersedia jasa parkir kendaraan dengan biaya sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 per kendaraan. Setelah itu, sobat mesti melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 2,5 – 3 kilometer untuk mencapai lembah Air Terjun Aek Martua. Perjalananpun tidak terasa membosankan, karena terdapat berbagai macam pepohonan nan rindang dan kicauan merdu burung-burung di hutan. Sekitar 300 meter dari Air Terjun Aek Martuah, sobat akan menemukan lembah Air Terjun dan mendengar suara curah air terjun nan merdu melengkapi nyanyian alam di lembah Sungai Asri.

Wisata Ke Air Terjun Aek Martua
Sumber: Maharani Kenzi

 

Untuk mencapai lokasi, kami memiliki beberapa tips agar perjalanan sobat menuju Aek Martuah berjalan lancar. Tips-tips tersebut sebagai berikut:

  1. Jika sobat dari Kota Pasir Pengarayan atau Ujung batu, berangkatlah dari pagi hari agar sobat dapat makan siang di lokasi Aek Martuah.
  2. Gunakanlah kendaraan roda dua, karena sobat tidak dapat menggunakan kendaraan roda empat untuk melewati Jembatan Gantung Bangun Purba hingga lokasi tujuan.
  3. Sediakanlah bekal secukupnya, karena di lokasi tidak terdapat penjual makanan.
  4. Gunakan sepatu seperti sepatu sport dan tidak disarankan menggunakan sendal jepit, karena akses menuju lokasi cukup terjal bahkan dapat mencapai 45 derajat.

Bagaimana sobat, jangan ragu dengan keindahan alam Air Terjun Aek Martua. Bahkan rute menuju lokasi Aek Martua juga tak kalah ekstrem daripada Seven Ghost asal Sungai Kampar.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *