Home / Tempat Wisata / Air Terjun Coban Sewu Malang Yang Mirip Niagara

Air Terjun Coban Sewu Malang Yang Mirip Niagara

Air Terjun Coban Sewu Malang Yang Mirip Niagara

Keindahan air terjun tak perlu jauh-jauh dikunjungi di luar negeri. Anda tak harus ke Kanada dan Amerika Serikat untuk melihat keindahan air terjun Niagara karena di Indonesia ada ‘duplikat’-nya. Air terjun Indonesia ini berada di perbatasan dua kabupaten di Jawa Timur yaitu Kabupaten Malang dan Lumajang. Ya, Air Terjun Coban Sewu.

Asal Usul Air Terjun Coban Sewu

Namanya Coban Sewu yang memiliki makna air terjun dan Sewu adalah seribu. Ada dua versi penyebutan air terjung ini yakni warga Lumajang lebih akrab dengan sebutan Tumpak Sewu. Sedangkan warga Malang menyebutnya Coban Sewu. Tumpak sendiri memiliki makna bertingkat karena di lokasi ini banyak air mengalir di tempat yang bertingkat. Maka warga Lumajang menyebutnya Tumpak Sewu. Sementara warga Malang menyebut Coban Sewu bukan karena banyaknya aliran air. Melainkan, karena tingginya air terjun hingga disebut setinggi 1000 meter. Maka disebutlah air terjun itu Coban Sewu.

Air Terjun Coban Sewu Di Lumajang
via discoveryourindonesia.com

Lokasi Air Terjun Coban Sewu ini terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Jawa Timur. Coban Sewu menawarkan keindahan alam yang sangat menawan dan menarik untuk dikunjungi. Namun perlu diperhatikan jika lokasi yang satu ini mungkin lebih cocok bagi Anda yang menggemari wisata petualangan dan memacu adrenalin, sebab di beberapa bagian lokasi ini terbilang cukup sulit untuk dijelajahi dan membutuhkan teknik-teknik tertentu seperti rappeling untuk menuruni tebing ke dasar coban.

Akses Ke Air Terjun Coban Sewu
via videos.sportourism.id

Dengan mengunjungi lokasi ini Anda bisa merasakan sensasi sejuknya alam Coban Sewu sekaligus menikmati eksotisnya Goa Tetes. Dalam menikmati Air Terjun Coban Sewu Malang sebenarnya ada 2 pilihan, yakni dengan menikmatinya dari bagian atas dan bagian bawah atau dasar air terjun. Jika anda melihat dari bagian atas,maka pemandangan bak Niagara falls di Amerika akan tersaji dengan apik namun dengan sentuhan khas alam Indonesia, namun jika anda berniat untuk menikmatinya dari bawah, anda bisa menyaksikan bagaimana air yang dengan eksotisnya meluncur dari tebing besar dihadapan mata.

Lokasi Air Terjun Coban Sewu
via iqbalazhari.com

Berbagai tantangan harus anda lalui terlebih dahulu untuk bisa merasakan sejuknya surga tersembunyi bernama Air Terjun Coban Sewu. Meskipun demikian yakinlah jika Anda berhasil menuntaskan perjalan dengan baik, maka anda akan menyaksikan sebuah pengalaman yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata, sebuah keindahan tersembunyi yang sulit dicari duanya.

Akses ke Air Terjun Coban Sewu

Lokainya yang tersembunyi dan cukup berbahaya untuk dikunjungi membuat tantangan ke lokasi ini cukup besar. Meskipun demikian, justru ini menjadi daya tarik sendiri bagi Anda yang berjiwa petualang. Adapun rute yang bisa anda tempuh dengan titik awal perjalan Kota Lumajang, anda harus mengunjungi Goa Tetes terlebih dahulu dengan menggunakan bus ataupun kendaraan pribadi agar lebih mudah. Dari titik masuk Goa Tetes tersebut kemudian perjalanan berlanjut trekking menuju Coban Sewu. Berhati-hatilah ketika trekking, persiapkan diri anda, sebisa mungkin anda didampingi oleh ahli sebab jalurnya berbahaya dan licin. Untuk biaya tiket masuk Coban Sewu, Anda dikenakan Rp. 5.000, sedangkan biaya masuk Goa Tetes adalah Rp. 5.000,00. Cukup murah, bukan?

Trecking Air Terjun Coban Sewu
via chopaster.blogspot.co.id

Kuliner di Sekitar Air Terjun Coban Sewu

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Wisata Alam Air Coban Sewu Lumajang tidak perlu khawatir dan repot membawa bekal dari rumah karena di kawasan wisata ini terdapat banyak pedagang yang menjual beragam panganan. Mulai dari yang hanya sekedar jajanan cemilan ringan, makanan berat hingga beragam pilihan minumanpun tersedia disini. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Sedangkan untuk Anda yang ingin membawa buah tangan saat kembali dari berlibur, di Air Terjun Coban Sewu Lumajang ini juga tersedia beragam kios kios yang menjajakan beragam pilihan oleh-oleh. Mulai dari merchandise berupa kaos, gantungan kunci, gelang, kerajinan tangan berupa ukiran kayu, beragam tanaman hias, hingga akik sebagai oleh-oleh untuk keluarga ada di sini.

Temukan juga berbagai tempat wisata Malang menarik lainnya. Misalnya saja dengan mengunjungi Malang Night Paradise.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 4,75 (4 votes)
Loading...

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *