Home / Tempat Wisata / Air Terjun Madakaripura Probolinggo Yang Menyegarkan

Air Terjun Madakaripura Probolinggo Yang Menyegarkan

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura Probolinggo Yang Menyegarkan
Rate me? =)

Air Terjun Madakaripura РJika Anda mendengar nama Probolinggo, apa tempat wisata yang pertama kali muncul di benak Anda? Sebagian besar dari Anda pasti akan menjawab Gunung Bromo karena berbagai alasan seperti keindahan pemandangannya yang mempesona atau mungkin karena upacara tradisi Kasada yang menarik. Memang benar kalau Gunung Bromo adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Probolinggo. Namun selain itu, Probolinggo ternyata juga memiliki tempat wisata lainnya yang tidak boleh anda lewatkan. Salah satunya adalah sebuah air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bernama air terjun Madakaripura.

Air Terjun Madakaripura - Air Terjun
Sumber: bromoijentourism.com

Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 200 meter, menjadikannya air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Selain tertinggi di Pulau Jawa, air terjun ini juga dinobatkan sebagai air terjun tertinggi kedua setelah air terjun si Gura-Gura yang terletak di daerah Sumatera Utara. Air terjun ini berkumpul di relung sempit dengan diameter 25 meter dan berada sekitar 620 meter diatas permukaan air laut. Air terjun ini juga sering disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini tidak pernah mati bahkan pada saat musim kemarau.

Mitos Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura - Mitos
Sumber: mepnews.id

 

Objek wisata Madakaripura yang satu ini memiliki suatu misteri yang cukup menarik. Menurut legenda yang beredar luas di kalangan masyarakat sekitar, air terjun ini berkaitan erat dengan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Pada dahulu kala, Madakaripura merupakan hadiah tanah yang diberikan oleh raja Hayam Wuruk sebagai raja Majapahit atas kerja keras sang mahapatih yang lebih dikenal dengan nama Patih Gaja Mada, pahlawan besar yang mampu menyatukan Nusantara dengan sumpahnya yang terkenal dengan sebutan “Sumpah Palapa”.

Isi dari sumpah tersebut adalah : Sira Ggajah Mada papatih amungkubumi tan ayun amukti palapa, sira Gajah Mada: Lamun huwus kalah nusantara ingsun amukti palapa, lamun kalah ring Seram, Tanjungpura, ring Haru, ring Pahang, Dompu, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana ingsun amukti palapa”. Bila diartikan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti: “Bahwa Gajah mada tidak akan memakan buah palapa (kemewahan, puasa) sebelum beliau bisa mempersatukan bumi pertiwi (Nusantara). Disebutkan dalam hal ini adalah kerajaan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik dimana beberapa kerajaan tersebut kala itu masih terpecah belah belum bersatu”.

Nama Madakaripura sendiri memiliki arti “Tempat Tinggal Terakhir”. Nama ini diambil dari kepercayaan masyarakat sekitar yang mengatakan, disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya. Karena tragedi Perang Babat dimana seluruh rombongan dari kerajaan Sunda Galuh terbantai, Gajah Mada ditempatkan sebagai pihak paling bersalah dan harus menerima hukumannya. la dihempaskan dari hampar kepatihan dan harus melewati hari tua di Madakaripura, sebuah tempat terpencil dan jauh dari segala ingar-bingar urusan duniawi. Ia menenggelamkan diri dalam kesunyian dan terus berdoa pada Sang Pencipa, sampai akhirnya, ia meninggal dunia dalam kesunyian yang tiada tara.

Tempat Wisata Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura - Tempat Wisata
Sumber: tripperhood.com

Di luar mitos tersebut, Madakaripura dikenal sebagai tempat wisata alam terbuka yang menonjolkan daya tarik air terjunnya yang mempesona. Perjalanan menuju ke air terjun sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai. Anda juga akan banyak di suguhi dengan suara dari germicik air serta kicauan burung – burung yang masih liar akan membuat Anda serasa di alam bebas. Perjalanan ini dijamin akan menghilangkan stress Anda dengen sepenuhnya.

Sesampainya di air terjun utamanya, rasa lelah Anda selama menuju ke lokasi air terjun akan terbayarkan semua dengan sejuta pesona yang dipancarkan oleh air terjun itu. Air terjun yang satu ini berbentuk ceruk dengan dikelilingi oleh bukit-bukit serta seringkali meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan gerimis. Beberapa diantaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi. Terkadang jika cuaca sedang cerah dan cahaya matahari bisa masuk ke kawasan tersebut, Anda bisa menemukan pelangi dengan indahnya. Bagi Anda yang suka berfoto-foto, inilah lokasi yang paling tepat untuk Anda.

Rute ke Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura - Rute
Sumber: avontur.wordpress.com

Bagi Anda yang ingin ke Madakaripura, lokasi ini dapat ditempuh dari Malang atau pun Probolinggo. Perjalanan menuju ke air terjun utamanya juga cukup mudah. Dari Probolinggo, Anda bisa naik bus ke arah Tongas. Setelah turun di pertigaan, Anda harus melanjutkan perjalanan Anda melalui angkot menuju ke Pasar Lumbang. Dari Pasar Lumbang, perjalanan Anda kemudian dilanjutkan dengan Ojek yang banyak dijumpai di sana. Perjalanan dari sini menuju ke air terjun penuh dengan lembah dan jurang yang cukup dalam dan lebar jalan juga sempit yang memang kurang nyaman. Tapi semua itu akan terbayar setelah Anda sampai di pintu gerbang Madakaripura.

Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura - Tiket Masuk
Sumber: noeroelgraph.wordpress.com

Untuk harga tiket masuknya, Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000 / orang ke pihak Perhutani dan Rp. 5.000 / orang ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo. Jika digabung, biaya masuk per orang adalah sebesar Rp. 11.000. Selain itu, Anda juga ditawari jasa guide lokal yang juga bisa membawa barang perlengkapan Anda jika diperlukan dengan biaya ongkos sekitar Rp. 50.000 sekali jalan. Pemakaian guide lokal sangat dianjurkan untuk keselamatan Anda selama berada di Air Terjun Madakaripura.

Nah, apakah Anda sekarang tertarik untuk pergi melihat keindahan Air Terjun Madakaripura dengan mata Anda sendiri? Ayo nikmati pesona Indonesia dan jalan jalan ke Jawa Timur, tepatnya ke Air Terjun Madakaripura.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *