Home / Tips & Trick / Apa Arti Instruksi Pramugari Sebelum Take Off?

Apa Arti Instruksi Pramugari Sebelum Take Off?

Arti Instruksi Pramugari Sebelum Take Off
Apa Arti Instruksi Pramugari Sebelum Take Off?
Rate me? =)

Untuk Anda yang pernah dan sering bepergian menggunakan jalur udara pasti sudah tidak asing lagi dengan instruksi yang diberikan para pramugari atau pun pramugara sebelum take off. Tahukah Anda dibalik instruksi yang diberikan pramugari tersebut memiliki sebuah arti? Ingin mengetahui arti instruksi pramugari tersebut? Simak informasi berikut ini!

Apa Arti Instruksi Pramugari Sebelum Take Off
Sumber : http://www.shellypalmer.com

Dalam setiap penerbangan, sebelum mengalami lepas landas, akan ada awak kabin yang memberikan safety demo atau cara menggunakan alat-alat keselamatan dalam keadaan darurat. Namun seiring berkembangnya zaman, ada pula maskapai yang memberikan safety demo melalui layar yang berada di depan kursi para penumpang.  Terdapat beberapa hal yang perlu dan harus disampaikan oleh awak kabin demi memenuhi standar penerbangan dan juga memastikan keselamatan penumpangnya dalam keadaan yang tidak diinginkan. Biasanya demo ini disampaikan dalam 2 bahasa yang berbeda, yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, namun hal ini hanya berlaku untuk penerbangan maskapai asal Indonesia saja ya. Kalau kapal yang Anda gunakan berasal dari negara Thailand, pastilah bahasa yang digunakan adalah bahasa Thai dan Inggris. Berikut adalah penjelasan mengenai satu per satu hal penting yang berusaha diungkapkan awak kabain sebelum lepas landas demi menjaga keselamatan para penumpang.

Sebelum melakukan penerbangan, biasanya terdapat sebuah instruksi pramugari yang biasanya berbunyi ;

“Sesuai dengan peraturan keselamatan penerbangan sipil”

Hal ini berarti apa yang berusaha diutarakan oleh awak kabin merupakan sebuah keharusan dan tanggung jawab akan keselamatan pengunjung yang telah mempercayai maskapai tersebut.

Demo Insturksi Pramugari
Sumber : Cabin Crew Safety

Ada pula kalimat yang menjelaskan mengenai ;

“Keberadaan pintu dan jendela darurat”

Awak kabin berusaha menyampaikan keberadaan pintu dan jendela darurat, sehingga jika terjadi hal yang tidak diinginkan, maka penumpang dapat menyelamatkan diri melalui pintu dan jendela yang telah disediakan.

Dan ada pula kalimat yang memberikan instruksi mengenai ;

“Cara menggunakan sabuk pengaman”

Gunanya adalah agar jika pesawat mengalami trubulance, para penumpang tidak akan terjatuh dari kursi dan meminimalisir adanya benturan terhadap kursi di depan.

Arti Instruksi Pramugari - Cara Mengenakan Seat Belt
Sumber : Tumblr

Arti instruksi pramugari yang satu ini juga penting demi kelangsungan kehidupan di tengah laut ;

“Tempat dan cara mengenakan baju pelampung”

Baju pelampung digunakna untuk menyelamatkan diri ketika melakukan pendaratan darurat di laut. Walaupun Anda bisa berenang di laut bebas dengan baik, tetaplah gunakan pelampung ini dalam keadaan darurat.

Arti Instruksi Pramugari - Pelampung Keselamatan
Sumber : awful.news

Kalau yang ini bisa jadi yang paling penting. Jadi simaklah baik-baik, jangan sampai ada yang terlewat ;

“Cara mengeluarkan dan menggunakan masker oksigen”

Ketika tekanan udara dalam kabin berkurang, maka kadar oksigen dalam pesawat juga akan berkurang. Tariklah masker oksigen untuk menghindari kekurangan oksigen pada tubuh yang dapat menyebabkan hilangnya kesadaran. Pastikan untuk menolong diri Anda terlebih dahulu dari pada orang lain.

Arti Instruksi Pramugari - Masker Oksigen
Sumber : Ministry of Tofu

Walaupun terlihat sepele, hal-hal yang jarang dicermati oleh para penumpang ini memiliki dampak besar dalam hidup para penumpang.  Seluruh safety demo yang disampaikan oleh awak kabin akan membantu Anda menyelamatkan kesempatan hidup Anda di saat-saat yang sulit di atas tanah atau di tengah laut. Karena jumlah awak kabin yang ada di dalam pesawat tidak mampu menolong satu per satu penumpang ketika keadaan darurat. Mulai saat ini, perhatikanlah safety demo yang berusaha disampaikan oleh para awak kabin, karena bagaimanapun menyimak sejenak mampu membawa Anda pada keselamatan dan menambah pengetahuan Anda.

Selain arti instruksi pramugari sebelum take off, jangan lupa juga untuk menyimak keberhasilan Garuda Indonesia menjadi Best Cabin Crew 2017 ya.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *