Home / Kuliner / Kopi Joss Jogja, Asal Usul dan Khasiatnya

Kopi Joss Jogja, Asal Usul dan Khasiatnya

asal usul kopi joss jogjakarta
Kopi Joss Jogja, Asal Usul dan Khasiatnya
Rate me? =)

Kopi Joss Jogja – Jika pergi ke Jogja jangan lupa nikmati salah satu minuman favorit warga di sana nih! Ya, kopi joss! Salah satu hidangan unik khas Yogyakarta yang diracik dari bahan kopi namun dicampur dengan arang yang masih membara. Buat anda pecinta kopi, inilah saatnya mencoba racikan kopi unik di kota pelajar yang banyak dijual di angkringan kopi. Keunikan minuman ini bahkan telah sampai di telinga penikmat kopi dunia, lho. Tidak heran suguhan kopi arang atau “the charcoal coffee” banyak diburu oleh turis mancanegara. Sekilas, mungkin agak bergidik membayangkan rasanya. Tapi kenyataannya, rasa kopi ini cukup nikmat bahkan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Ternyata, kopi yang satu ini pertama kali dibuat oleh pedagang yang berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Angkringan Lek Man merupakan salah satu pedagang kopi joss Jogja legendaris yang berada di kawasan Stasiun Tugu, Kota Yogyakarta.

asal usul kopi joss jogja digemari pecinta kopi
Nikmatnya kopi joss Jogja sudah terdengar sampai ke telinga pecinta kopi mancanegara – www.kompasiana.com

Asal Usul Kopi Joss Jogja

Lek Man merupakan orang pertama yang meracik kopi joss Jogja. Pada awalnya, Lek Man hanya berdagang angkringan seperti angkringan pada umunya. Karena posisinya angkringan yang dekat dengan stasiun, pelanggan angkringan sebagian besar adalah pekerja di perkeretaapian yang kebanyakan berasal dari Jawa Timur.

asal usul kopi joss Jogja angkringan lek man
Saat ini banyak Angkringan yang menggunakan nama “Lek Man” yang adalah asal usul kopi Joss Jogja – http://www.padmagz.com

Banyak pelanggan yang bekerja di stasiun itu kerap meminta kopi kothok. Yaitu kopi khas Jawa Timur yang disajikan dengan cara direbus langsung bersama dengan gula.

“Waktu itu, tahun 1980-an, pelanggannya minta kopi kothok. Karena Lek Man tidak bisa membuat kopi kothok, terus ya dibuat itu kopi campuran arang menyala,” kata Pak Aleks yang merupakan adik Lek Man.

“Lama kelamaan, banyak yang bilang kopi yang ngejoss Lek Man enak. Lama-lama kopinya dibilang kopi joss. Sampai sekarang namanya jadi kopi joss,” katanya Pak Aleks.

Lek Man merupakan anak dari pedagang angkringan, ayahnya berdagang angkringan sejak tahun 1950. Pria yang memiliki nama lengkap Siswo Raharjo itu lantas mewarisi dagangan ayahnya di tahun 1969. “Kakak saya jualan di sini 40 tahunan,” lanjut Pak Aleks. Kini resep kopi asli Lek Man tesebut telah tersebar. Bahkan di sekitaran kawasan Stasiun Tugu, angkringan kopi joss sudah banyak merebak.

Kandungan Kopi Joss Jogja

Kopi joss Jogja merupakan sajian kopi yang berasal dari biji kopi, bukan kopi instan yang mengandung gula. Sehingga kandungan kopi tetap terjaga. Selain itu penambahan arang panas dapat menyerap racun dan polutan yang ada di seduhan kopi.

asal usul kopi joss jogja yang legendaris
Belum lengkap wisata ke kota pelajar sebelum menikmati secangkir Kopi Joss Jogja – http://www.jajanjogja.com/

Alhasil kopi yang Anda minum lebih bermanfaat dan efek sampingnya berkurang. Kandungan kopi antara lain: Riboflavin (Vitamin B2), Asam pantotenat (vitamin B5), Mangan dan Kalium, Magnesium dan Niacin (B3).

Manfaat Kopi Joss

Konsumsi kopi arang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Manfaat kopi arang diantaranya:

1. Meningkatkan Stamina dan Konsentrasi

Manfaat Kopi Joss Jogja
Kopi dapat meningkatkan stamina dan tingkat konsentrasi seseorang – http://www.tahupedia.com

Kafein adalah kandungan kopi yang paling terkenal. Kafein memiliki efek untuk menghambat rasa kantuk dan kelelahan. Selain itu kafein juga meningkatkan kontraksi pembuluh darah. Akibatnya peredaran darah mengalir lebih cepat dan otak mendapatkan asupan oksigen yang lebih baik. Oleh karena itu banyak yang mengonsumsi kopi di pagi hari atau saat bekerja untuk menambah konsentrasi.

2. Menghambat Kanker

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat antioksidan salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut

Kopi memiliki sifat antibakteri. Sehingga konsumsi secara teratur dapat mengurangi bakteri pada mulut dan mengurangi bau mulut. Namun sebaiknya hindari penambahan gula berlebih ke dalam kopi, yang malah memicu pertumbuhan bakteri.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Manfaat kopi joss Jogja untuk mengurangi resiko diabetes
Kopi mengurangi resiko diabetes – http://www.penyakitgula.com

Kopi dapat menurunkan penyerapan gula di dalam tubuh. Kopi juga merangsang tubuh untuk merasakan haus sehingga kadar gula dalam darah semakin menurun. Hal ini baik untuk penderita diabetes.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi dapat mencegah terjadinya degredasi fungsi saraf pada manusia. Konsumsi kopi secara teratur bukan hanya meningkatkan daya ingat manusia, tetapi juga dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan memori dan saraf seperti Alzheimer, Parkinson, dan Demensia.

6. Menambah Semangat

Seperti halnya coklat, kopi juga termasuk minuman yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Konsumsi kopi dapat memicu rasa bahagia dan semangat.

Bagaimana? Tergiur untuk mencicipi kopi joss Jogja yang dicampur dengan bara arang di dalamnya ini? Tak ada salahnya mencicipi sajian baru di suatu kota untuk memenuhi rasa penasaran sembari memperkaya pengalaman wisata kuliner Anda.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *