Home / Tempat Wisata / 7 Bandara Terbesar Di Indonesia

7 Bandara Terbesar Di Indonesia

Urutan Bandara Terbesar Di Indonesia

Sebagai negara yang besar, Indonesia tentunya dipadati oleh aktivitas perjalanan baik darat, air, hingga udara. Bandara merupakan gerbang pertama negara, maka tak heran ada sebuah pepatah mengatakan, “Kondisi bandara mencerminkan negaranya”. Beberapa bandar udara kita sendiri telah diakui oleh negara sebagai yang terbaik. Nah, Wisatalah telah merangkum 7 bandara terbesar di Indonesia dengan fasilitas terbaik di Indonesia berikut ini.

Urutan Bandara Terbesar Di Indonesia

1. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Terbesar Di Indonesia Soekarno Hatta
Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta – panoramio.com

Seringkali disingkat Soetta, bandar udara Ibu Kota ini dikunjungi oleh 51,17 juta penumpang setiap tahunnya. Tak salah jika Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk di Indonesia. Padatnya aktivitas bandara ini membuat fasilitasnya harus terus ditingkatkan, ditambah lagi beberapa penerbangan domestik kadang kala harus melakukan transit di sini. Disebut sebagai bandara terbesar di Indonesia tentunya karena Soetta memiliki luas 18 km persegi, dengan dua landasan pararel yang dipisahkan oleh 2 taxiway sepanjang 2,4 km.

Kini, Seotta sudah memiliki 3 terminal untuk lalu lintas maskapai penerbangan. Terminal 1 untuk penerbangan domestik, Terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik, sedangkan Terminal 3 untuk penerbangan dengan maskapai termurah. Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pun sempat meraih penghargaan sebagai Bandara Terbaik di Indonesia 2017 versi Majalah Bandara, lho. Apabila bingung, silahkan menyimak daftar maskapai terminal Bandara Soekarno Hatta.

2. Bandara Kualanamu

Bandara Terbesar Di Indonesia Kualanamu
Tampak depan Bandara Kualanamu – lihat.co.id

Bandar udara internasional ini melayani perjalanan dosmetik dan internasional di Kota Medan, Sumatera Utara. Operasionalisasi resminya dibuka sejak 27 Maret 2014 silam, sehingga masih bisa terbilang sebagai bandara yang cukup baru. Walau demikian, Kualanamu berhasil menyita perhatian karena disebut-sebut sebagai bandara terbesar di Indonesia kedua setelah Soekarno-Hatta.

Bandara ini pun dibangun untuk menggantikan Bandara Polonia di Medan yang telah berusia lebih dari 85 tahun dan menampung penerbangan di luar kapasitas. Uniknya, Kualanamu merupakan satu-satunya bandara dengan akses kereta api, yang terhubung menuju pusat kota Medan. Akses ini membuat Kualanamu menjadi salah satu Bandara terbaik di Indonesia.

3. Bandara I Gusti Ngurah Rai

Bandara Terbesar Di Indonesia Ngurah Rai Bali
Penampilan luar Bandara Ngurah Rai yang luas – travelholic.blogspot.com

Bali kerap dipadati oleh kunjungan turis setiap harinya, maka tak heran jika Bandara I Gusti Ngurah Rai bisa dikatakan sebagai bandara tersibuk di Indonesia kedua. Untuk menjamu para tamu khususnya dari mancanegara, bandar udara internasional ini semakin mempercantik dirinya dengan aksen dan interior khas Pulau Dewata yakni gerbang pura.

Bandara Terbesar Di Indonesia I Gusti Ngurah Rai Bali
Drop off area terminal keberangkatan internasional, dihiasi oleh ornamen khas Bali – travelholic.blogspot.com

Terdapat dua terminal yang melayani, yakni Domestik dan Internasional. Terminal Domestik sendiri mencapai luas dengan total 12.000 meter persegi. Beberapa penghargaan sempat disabet olehnya, seperti bandara dengan akses wi-fi tercepat ke-6 di dunia mengalahkan Bandara IAH di Amerika Serikat. Tahun ini pun, Bandara Ngurah Rai menduduki posisi kedua dari peringkat 10 besar dunia di dunia versi Airport Service Quality (ASQ).

4. Bandara Sutan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS)

Bandara Terbesar Di Indonesia Sultan Aji Muhammad Sulaiman
Terdapat berbagai tanaman hias hijau yang memberi suasana segar – missosology.info

Sebelumnya bernama Sepinggan, bandar udara ini melayani penerbangan untuk Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Desain interiornya didominasi oleh warna putih berkonsep futuristic eco-airport yang megah, hingga mengalahkan Soekarno-Hatta. Bandara SAMS juga dikelilingi oleh dinding kaca transparan yang membuat pengunjung dapat memandang ke luar tanpa merasa terpenjara.

Selain itu, sistem penanganan bagasi di bandara ini telah dilengkapi oleh tingkat keamanan yang canggih. Lahan parkirnya yang sangat luas mampu menampung hingga 2.300 kendaraan. Untuk mempercantik penampilannya, sebuah taman kecil di dalam bandara juga berdiri untuk menghijaukan suasana. Tak heran, Bandara terbesar di Indonesia keempat ini menduduki posisi pertama dari peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ).

5. Bandara Juanda

Bandara Terbesar Di Indonesia Bandara Juanda
Check-in Hall Bandara Juanda – beritakaltara.com

Merupakan bandar udara internasional Kota Surabaya yang juga memiliki aktivitas penerbangan tersibuk di Indonesia. Pasalnya, Bandara Juanda merupakan satu-satunya jalur udara untuk menuju Surabaya dan kota-kota lainnya di Jawa Timur. Bandara terbesar di Indonesia ini memiliki empat terminal dengan Panjang landasan 3.000 meter dan terminal seluas 51.500 meter persegi.

Fasilitas lengkap dapat dikunjungi oleh pengunjungnya seperti tempat belanja, hiburan, hingga kuliner. Kerennya, Bandara Juanda sempat menerima penghargaan sebagai Bandara Paling Tepat Waktu di Dunia Tahun 2016 oleh OAG Punctuality League 2016.

6. Bandara Sultan Hasanuddin

Bandara Terbesar Di Indonesia Bandara Sultan Hasanuddin
Salah satu bandara terbaik di Indonesia – airmagz.com

Termasuk salah satu bandara yang unik karena desainnya yang agak beda dengan bandara pada umumnya. Tentunya karena mereka mengusung tema Kapal Pinisi yang merupakan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan. Sultan Hasanuddin adalah nama Bandara terbesar di Indonesia peringkat enam.

Bandara Terbesar Di Indonesia Bandara Sultan Hasanuddin Makassar
Miniatur Kapal Pinisi di dalam bandara – sederetberita.com

Kamu bisa menemukan miniature Kapal Pinisi di ruang utama dan layarnya di bagian atap bandara. Letaknya berada 30 km dari Kota Makassar dan mempunyai dua landasan pacu. Landasan pertama sepanjang 3.100 x 45 meter, sedangkan yang kedua adalah 2.500 x 45 meter.

7. Bandara Ahmad Yani

Bandara Terbesar Di Indonesia Ahmad Yani Semarang
Ahmad Yani. salah satu bandara tersibuk di Indonesia : jowonews.com

Mengusung tema floating airport yang ramah lingkungan, Terminal Ahmad Yani menjadi satu-satunya bandar udara yang dibangun di atas air. Bandar udara ini melayani penerbangannya di Kota Semarang, Jawa Tengah dengan landasan utama seluas 2.680 x 45 meter. Selain landasan pacu di atas air, bandara terbesar di Indonesia ini juga memiliki lahan parkir seluas 43.634 meter persegi. Fasilitas menarik lainnya adalah sistem bagasi terbaru dengan Baggage Handling System (BHS) yang semakin memudahkan penumpangnya.

Yuk di-Share :
  • 13
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    15
    Shares
  •  
    15
    Shares
  • 13
  • 2
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 4.86 (7 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *