Home / Tips & Trick / 6 Tips Jitu Beli Tiket Mudik Lebaran 2018 Murah

6 Tips Jitu Beli Tiket Mudik Lebaran 2018 Murah

Tips Beli Tiket Lebaran Murah
6 Tips Jitu Beli Tiket Mudik Lebaran 2018 Murah
Rate me? =)

Bagi Anda yang berencana untuk mudik di saat Lebaran terutama menggunakan pesawat, pastinya sudah semangat untuk beli tiket lebaran. Banyak calon penumpang yang khawatir nantinya tidak akan mendapatkan tiket mudik. Kalau pun dapat, bagaimana jika harganya mahal bukan main? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengikuti tips berikut ini untuk mendapatkan tiket pesawat murah saat mudik:

  1. Susun Rencana Mudik Anda dan Pesan Tiket jauh-jauh Hari
Sebelum Beli Tiket Mudik Lebaran, susun rencana mudik Anda
Sebelum Beli Tiket Mudik Lebaran, susun rencana mudik Anda – (www.blog.traveloka.com)

Karena mudik hanya setahun sekali, tentunya Anda harus merencanakan dengan maksimal. Jika tidak, Anda bisa terlambat sampai di rumah untuk menyantap ketupat.

Waktu terbaik untuk membeli tiket mudik lebaran adalah saat maskapai memberikan harga tawaran terbaik yakni 50 hari sebelum Lebaran. Pada masa ini, masih banyak tiket promo yang disediakan oleh maskapai.

Oleh karena itu, manfaatkan periode tersebut dengan segera membeli tiket karena kesempatan mendapat tiket pesawat murah semakin besar.

  1. Gunakan Maskapai Full-service
Beli Tiket Mudik Lebaran di Maskapai Full Service
Beli Tiket Lebaran di Maskapai Full Service – (www.pergiblog.com)

Bagi Anda yang biasa menggunakan maskapai bertarif rendah, momen mudik Lebaran bisa dimanfaatkan untuk menggunakan maskapai full-service. Mengapa? Karena momen mudik Lebaran merupakan ajang promo bagi maskapai, tidak terkecuali bagi maskapai full-service.

Di momen ini, harga tiket promo maskapai full-service biasanya tidak jauh berbeda, atau bahkan sama dengan maskapai bertarif rendah. Jika di hari biasa maskapai full-service menjadi pilihan terakhir, justru saat mudik ini Anda bisa menjadikannya pilihan pertama.

Namun jika Anda masih ingin menggunakan maskapai bertarif rendah, maskapai-maskapai seperti Citilink dan Lion Air biasanya menawarkan promo tiket Lebaran yang menyelamatkan kantong Anda.

  1. Pilih Rute Alternatif

Pilih Rute Alternatif Saat Beli Tiket Lebaran

Demi beli tiket mudik murah, tidak ada salahnya kamu mencoba rute alternatif. Misalnya, Anda bisa memilih penerbangan ke kota lain yang dekat dengan kota tujuan. Atau jika biasanya Anda menggunakan penerbangan langsung, saat mudik tidak ada salahnya untuk menggunakan penerbangan dengan transit.

Harga tiket penerbangan dengan transit umumnya lebih murah dibanding harga tiket penerbangan langsung. Yang harus Anda perhatikan jika memilih penerbangan dengan transit adalah durasi transit.

Sebaiknya tidak memilih penerbangan dengan waktu transit yang terlalu panjang, agar Anda tidak terlalu lama menunggu hingga kelelahan.

  1. Gunakan Maskapai Full-service

Beli Tiket Lebaran untuk Penerbangan Subuh atau Tengah Malam

Bukan hanya saat mudik, tapi harga tiket untuk penerbangan tengah malam atau subuh memang umumnya lebih murah. Strategi ini juga bisa Anda gunakan di periode mudik.

Penerbangan di waktu sahur bisa menjadi pilihan Anda. Jangan lupa untuk rutin mengecek harga tiket pesawat ke kota yang dituju sehingga kamu bisa langsung memesannya saat menemukan harga yang cocok.

Agar memiliki banyak referensi, ada baiknya Anda membandingkan harga tiket di beberapa online travel agent (OTA) sekaligus. Namun saat membandingkan harga tiket mudik di OTA lainnya, pastikan untuk mengecek hingga harga final.

Jangan sampai harga yang harus Anda bayar lebih tinggi dari harga awal yang terpampang di layar pencarian OTA.

  1. Gunakan Maskapai Full-service

Perhatikan Maskapai yang Anda Pilih Saat Beli Tiket Lebaran

Setelah memilih rute, perhatikan juga maskapai yang melayani rute tersebut. Kecenderungannya, harga Low Cost Carrier (LCC) lebih murah jika dipesan dari jauh-jauh hari dan meningkat drastis jika dipesan hanya beberapa minggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan.

Sementara maskapai full-service cenderung menerapkan year-round fare pada harga tiket pesawatnya sehingga kurang lebih sama sepanjang tahun. Terkadang, harga tiket pesawat full-service bisa lebih murah ketimbang LCC jika kita membelinya lebih dekat dengan hari keberangkatan.

Malam hari adalah waktu yang cocok untuk Anda berburu tiket. Pasalnya di waktu seperti ini jarang sekali orang yang berburu tiket, itu berarti Anda akan minim sekali pesaing.

Anda hanya perlu mengorbankan sedikit waktu tidur di malam hari. Sebagai tambahan info, untuk promo besar, beberapa maskapai LCC (Low Cost Carrier) biasanya memulai penjualan tiket mulai pukul 23.00 WIB.

  1. Gunakan Maskapai Full-service

Beli Tiket Lebaran Murah dengan Berlangganan Newsletter

Untuk yang sering berpergian menggunakan pesawat. Hal ini wajib Anda lakukan, buatlah account di setiap situs maskapai penerbangan dan daftarkan email Anda.

Pasalnya beberapa maskapai melakukan promosi melalui cara ini. Mereka akan mengirim berbagai promo atau produk serta paket terbaru kepada Anda. Walaupun sedikit mengganggu karena akan ada banyak email yang masuk, namun cara ini tidak membutuhkan waktu atau tenaga cukup banyak.

Anda hanya perlu mengecek email yang masuk secara rutin dan informasi tiket murah pun bisa langsung anda lihat.

Jadi, jangan lupa untuk mengikuti tips-tips yang telah diberikan di atas. Selamat mudik, jaga kesehatan dan hati-hati di perjalanan, ya!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *