Home / Tempat Wisata / 7 Keindahan Candi Sekitar Jogja Paling Mempesona

7 Keindahan Candi Sekitar Jogja Paling Mempesona

7 Keindahan Candi Sekitar Jogja Paling Mempesona
7 Keindahan Candi Sekitar Jogja Paling Mempesona
Rate me? =)

Daerah Istimewa Yogyakarta memang salah satu kota teristimewa di Indonesia. Jogja telah sangat terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat beragam. Disini sobat tidak hanya disuguhkan dengan pantai, pusat kuliner atau Malioboro saja. Kota yang terkenal di Indonesia ini memiliki candi-candi yang sangat terkenal dan memiliki keindahan yang unik-unik pula. Seperti apakah keindahan candi-candi sekitar Jogja, mari simak ulasan berikut.

  1. Candi Ijo
Candi Sekitar Jogja - Candi Ijo
Candi Sekitar Jogja – Candi Ijo. Sumber: www.tribunnews.com

Tidak semua candi memiliki pemandangan perbukitan yang indah. Sementara itu, di Jogja sobat dapat menikmati pemandangan bukit salah satunya adalah Candi Ijo. Candi ini merupakan salah satu candi bercorak Hindu yang terletak sekitar 18 m di sebelah Timur Kota Yogyakarta. Konon, candi ini diberinama Candi Ijo karena didirikan di atas bukit yaitu Bukit Hijau atau dapat dikenal sebagai Gumuk Ijo. Dengan terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut (Mdpl), Candi Ijo menjadi candi tertinggi di Yogyakarta. Dengan tersebut, sobat dapat menikmati pemandangan perbukitan yang sangat menawan.

  1. Candi Abang (Candi ala Bukit Teletubies)
Candi Sekitar Jogja - Candi Abang
Candi Sekitar Jogja – Candi Abang. Sumber: njogja.co.id

Jika mendengar Teletibies, kita dapat mengingat masa-masa kecil. Dan ternyata di Jogja, Sobat dapat menemukan bukit Teletubies tepatnya di Dusun Sentonorejo, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman Yogyakarta. Bukit ini merupakan salah satu candi yang sangat mirip dengan Bukit Teletubies dan diberi nama Candi Abang. Dengan ukuran alas sekitar 36 x 34 meter, Candi Abang membentuk Piramida yang telah banyak ditumbuhi rerumputan. Sepintas, dari jauh Candi Abang terlihat seperti Bukit Teletubies. Selain itu, sobat juga dapat mengunjungi destinasi wisata lainnya yang berada dalam satu desa dengan Candi Abang seperti Goa Jepang Jogotirto dan Gua Sentono.

  1. Candi Sambisari
Candi Sekitar Jogja - Candi Sambisari
Candi Sekitar Jogja – Candi Sambisari. Sumber: travel.idntimes.com

Mungkin sobat tidak akan percaya bahwa ada candi yang di desain persis menyerupai stadium sepak bola. Di Jogja, tepatnya di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sobat dapat menemukan Candi Sambisari yang berjarak sekitar 15 km ke arah timur laut. Keunikan candi ini terletak pada desainnya yang menyerupai stadium sepak bola. Pagar-pagar pembatas candi ini di bentuk persegi panjang yang mengelilingi Candi Utama. Selain itu, di sekeliling pakar dibentuk dinding landai yang ditumbuhi rerumputan dan menyerupai podium penonton.

  1. Candi Plaosan
Candi Sekitar Jogja - Candi Plaosan
Candi Sekitar Jogja – Candi Plaosan. Sumber: telusurindonesia.com

Bagi sobat yang ingin melihat panorama sunrise yang menakjubkan, jangan lewatkan Candi Plaosan. Lokasi candi ini berada di Desa Bungisan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Yogyakarta. Candi ini terdiri dari 2 bangunan yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Sekilas kedua bangunan in terlihat sangat sama. Namun jika ditelusuri lebih detil lagi, terdapat perbedaan-perbedaan diantaranya adalah pada relief. Pada Plaosan Kidul, relief yang terukir menggambarkan tentang laki-laki, sedangkan relief pada Plaosan Lor menggambarkan tentang wanita. Sementara itu, keunikan lain terlihat pada bagian belakang candi. Disini sobat akan menemukan pohon bodhi dan altar ditengah-tengah patung Budha. Candi ini menjadi salah satu spot destinasi wisata sunrise yang cukup diminati karena mampu memberikan siluet nan indah.

  1. Candi Sewu
Candi Sekitar Jogja - Candi Sewu
Candi Sekitar Jogja – Candi Sewu. Sumber: telurusindonesia.com

Dilihat dari namanya, sewu yang artinya seribu, dapat kita perkirakan bahwa candi ini terdiri dari banyak bangunan. Ternyata benar, Candi Sewu terdiri dari 248 candi Pewarta, 1 Candi Utama, dan 8 Candi Pengapit. Dari tampilannya, sekilas Candi Sewu tampil menyerupai Candi Prambanan. Candi ini berlokasi di lembah Prambanan yang membentang luas dari lereng selatan Gunung Merapi menuju pegunungan Sewu di sekitar perbatasan Klaten dan Yogyakarta.

  1. Candi Prambanan
Candi Sekitar Jogja - Candi Prambanan
Candi Sekitar Jogja – Candi Prambanan. Sumber: tamanbacaanblog.blogspot.co.id

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang paling terkenal di Indonesia. Candi ini telah banyak dikenal wisatawan lokal maupun asing dan menjadi salah satu destinasi wisata candi terfavorit. Candi Prambanan terletak 17 km dari pusat kota Yogyakarta tepatnya di lingkungan Taman Wisata Prambanan, desa Prambanan, Kecamatan Bokoharjo. Candi Prambanan merupakan pesaing utama Candi Borobudur sebagai Candi terfavorit di Indonesia. Tatal bangunan Candi Prambanan mencapai 224 bangunan yang terdiri dari 3 candi utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma, dan Candi Siwa. Ketiga candi utama tersebut di kelilingi 2 candi apit, 4 candi kelir, dan 4 candi sudut. Candi Prambanan merupakan icon candi Hindu di Indonesia.

  1. Candi Borobudur
Candi Sekitar Jogja - Candi Borobudur
Candi Sekitar Jogja – Candi Borobudur

Sumber: id.wikipedia.org

Tak dapat diragukan lagi, Candi Borobudur memang memiliki keindahan yang sangat menawan. Pasalnya, Candi Borobudur termasuk dalam 7 keajaiban dunia. Banyak wisatawan lokal maupun asing yang rela datang dari jauh untuk menyaksikan secara langsung keindahan Candi Budha ini. Berlokasi kurang lebih 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta, Candi Borobudur didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Bangunan Borobudur berbentuk stupa dan merupakan Candi terbesar di Dunia. Sebagai candi Budha terbesar di dunia, Candi Borobudur sangat layak masuk daftar destinasi wisata sobat sekalian. Keindahan alam di sekitar Candi Borobudur pun sangat mengagumkan yang mana Candi terbesar ini diapit oleh dua gunung kembar yaitu Gunung Sundoro-Sumbing di sebelah barat laut dan Gunung Merbabu-Merapi disebelah timur laut. Selain itu, candi ini pun terletak dekat pertemua Sungai Progo dan Sungai Elo.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *