Home / Tips & Trick / Cara Melipat Baju Dan Packing Barang Traveling

Cara Melipat Baju Dan Packing Barang Traveling

Cara Melipat Baju Dan Cara Packing Barang Traveling

Mengepak pakaian tidak hanya soal akal-akalan supaya muat di dalam koper. Meski sudah memilih baju secermat mungkin untuk dibawa, melipat atau menggulung sedemikian rupa, barang bawaan lainnya seringkali masih terlupakan. Ingat, barang lainnya seperti sepatu dan perlengkapan mandi juga perlu dibawa. Untuk itu, Wisatalah telah merangkum cara melipat baju saat packing barang traveling yang efisien agar traveling kamu lebih well-prepared. Berikut adalah cara packing barang kamu saat traveling.

  1. Melapisi Bagian Dasar dan Paling Atas Koper dengan Plastik Tebal

Direkomendasikan untuk melapisi bagian dasar dan paling atas koper dengan plastik tebal. Cara packing ini akan membantu kamu untuk menghindari pakaian jadi kusut. Selain itu, plastik tebal juga berfungsi untuk melindungi pakaian agar tidak basah saat kopermu terkena air hujan.

  1. Pilih Pakaian Berdasarkan Hari dan Kegiatan yang Dilakukan

Merencanakan pakaian sesuai hari dan kegiatan yang dilakukan selama traveling akan membantumu untuk menentukan seberapa banyak baju yang harus dibawa. Jika hendak menghadiri kegiatan resmi, kamu dapat memasukkan satu baju formal. Membawa satu baju renang pun juga tak salah, siapa tahu kamu akan bermain air nantinya. Intinya, jika terlalu banyak bawaan kamu akan menyesal. Walau barang bawaan sedikit, kamu dapat mengompensasi dengan membeli kaus dan celana pendek di sana. Bisa juga memanfaatkan fasilitas laundry jika tempat penginapanmu menyediakan. Cara packing baju ini dijamin akan efektif agar koper kamu tidak terguncang.

  1. Letakkan Pakaian Besar atau Benda Berat di Dasar Koper

Sebelum membahas tentang cara melipat baju, kamu harus memastikan untuk selalu meletakkan pakaian besar atau benda-benda berat di bagian dasar koper. Jika membawa sepatu, letakkan juga di bagian dasar dengan telapak menghadap sisi koper. Di dalam sepatu, kamu bisa menyelipkan aksesoris/perhiasan dan kaus kaki yang dibungkus terlebih dahulu dengan kantung khusus. Jangan lupa juga untuk membungkus sepatu ke dalam kantung khusus juga. Di sisi kosong lainnya, kamu dapat meletakkan perlengkapan mandi dan pengering rambut. Tempatkan barang-barang berat tersebut dekat dengan roda koper, sehingga saat ditegakkan tas tidak akan roboh.

  1. Cara Melipat Baju
Cara Melipat Baju Dan Cara Packing Baju Traveling
Foto: id.blog.kkday.com

Melipat atau menggulung pakaian bukanlah masalah utamanya. Pertimbangan yang harus diperhatikan adalah seberapa banyak ruang yang kamu butuhkan di dalam kopermu. Kalau bawaanmu banyak dan membutuhkan ruang yang luas, gulunglah semua bajumu. Menggulung pakaian hanya membutuhkan ruang sedikit, sehingga kamu dapat memasukkan lebih banyak baju ke dalam koper. Namun jika barang bawaanmu sedikit dan tidak memerlukan ruang yang banyak, dilipat saja sudah cukup. Oleh karenanya kamu harus tahu bagaimana cara melipat baju yang benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menggulung pakaian:

  • Gulung pakaian serapat mungkin agar ruang di dalam koper lebih luas. Letakkan semua pakaian yang digulung hingga lapisannya sudah tidak muat.
  • Gulung pakaian serata dan serapat mungkin. Berhati-hatilah agar lipatan-lipatan baju tidak ikut tergulung.
  • Pakaian elastis lebih mudah digulung dan tidak menjadi kusut.
  • Hindari menggulung pakaian yang mudah kusut jika tidak begitu pandai menggulung baju.
  1. Letakkan Gaun, Pakaian Formal, Sweater Tebal, Kemeja, dan Jaket di Bagian Atas

Pakaian formal seperti gaun, suits, tuxedo dan lainnya dapat diletakkan di bagian atas. Urutan yang disarankan adalah letakkan kemeja, dan jaket di lapisan yang sama dengan cara melipat baju tersebut. Di lapisan paling atas, barulah kamu meletakkan pakaian yang mudah ringkih atau berkerut seperti gaun, pakaian berbahan spandex atau polyester, ataupun bra. Cara packing baju ini untuk menghindari pakaian formal kamu menjadi lecek.

  1. Manfaatkan Celah-celah di Dalam Koper

Jika kopermu sudah penuh tapi perlu mengisi bawaan lainnya, selalu manfaatkan setiap celah yang ada di dalam koper. Misalnya, kamu dapat menaruh ikat pinggang, pakaian dalam, sapu tangan, syal, dan barang lainnya di tiap sisi yang lowong. Hal ini juga bermanfaat agar setiap sisi kopermu seimbang, tidak berat sebelah. Selain itu, ruang di tengah koper pun menjadi tidak terlalu penuh.

  1. Letakkan Benda-benda Mudah Rusak / Rapuh di Bagian Tengah Koper
Cara Packing Barang Traveling
Foto: clickatlife.gr

Jika membawa barang-barang mudah rusak seperti laptop, kamu dapat meletakkan di bagian tengah, di antara baju-baju, tempat di mana gerakan tidak terlalu terasa. Namun jika memungkinkan, hindari membawa barang-barang mudah rusak ke dalam koper.

  1. Membawa Carry On Suitcase atau Backpack

Agar kopermu tidak terlalu berat, sangat direkomendasikan untuk membawa carry on suitcase (koper yang bisa dibawa masuk ke dalam kabin pesawat) ataupun backpack. Tas tersebut dapat kamu isi dengan barang-barang yang akan kamu butuhkan selama di perjalanan ataupun bawaan ringan yang mudah dibawa ke manapun.

Nah, itu dia beberapa cara melipat baju agar packing traveling sobat jadi lebih efisien sebelum bepergian. Semoga cara-cara packing baju di atas bisa membantu sobat ketika packing, ya. Dan jangan lupa membawa semua perlengkapan traveling kamu. Happy traveling!

Yuk di-Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (4 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *