Home / Tips & Trick / Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

Cara membeli tiket kereta Bandara
Cara Membeli Tiket Kereta Bandara
5 (100%) 1 vote

Tiket kereta Bandara Soekarno Hatta telah diresmikan oleh Presiden Jokowi. Layanan kereta ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan sekaligus menambah kenyamanan bagi penumpang. Lalu bagaimana cara membeli tiket kereta Bandara? Tiket Railink tidak dapat dibeli menggunakan uang tunai. Ada 3 cara untuk mendapatkan tiket railink, yaitu menggunakan vending machine yang ada di Bandara Soekarno Hatta, melalui ATM, dan melalui agen resmi penjual tiket railink. Yuk kita simak satu per satu caranya

Bagi yang berdomisili di Jakarta, kini kamu bisa menggunakan moda transportasi baru untuk pergi ke Bandara Soekarno-Hatta. Pada Desember 2017 kemarin, PT Railink secara resmi mengoperasikan Kereta Bandara berkelas internasional.

Dengan adanya Kereta Bandara ini, masyarakat dapat semakin mudah dan cepat saat menuju maupun meninggalkan Bandara Soetta. Pada soft lauching 26 Desember 2017, kereta ini dipergunakan oleh lebih dari 4.000 orang. Sehingga terbukti, moda transportasi ini cukup menarik banyak minat masyarakat.

Bagaimana Cara Membeli Tiket Kereta Bandara

Walau antusias masyarakat cukup tinggi, namun masih banyak yang belum tahu bagaimana cara memesan tiket kereta bandara ini. Pembelian tiket di Jakarta dapat dilakukan di tiga stasiun, yakni Stasiun Sudirman Baru (BNI City), Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soetta.

Cara membeli tiket kereta Bandara Soekarno Hatta
Kereta Bandara, akses lebih cepat dan mudah menuju Bandara – metrotvnews.com
  1. Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Melalui Vending Machine

Bagi pembeli yang ingin membeli di stasiun langsung, dapat menuju loket tiket untuk melakukan transaksi dengan vending machine. Mesin ini berbentuk layar komputer touchscreen untuk memesan tiket kereta bandara. Pembayaran hanya bisa melalui non-tunai seperti kartu kredit, kartu debit, uang elektronik (E-Money), dan T-Cash seharga Rp 70.000.

Pada layar monitor, klik Buy Ticket lalu pilih Regular Ticket, kemudian klik Stasiun Soetta. Setelah itu akan muncul pilihan jadwal keberangkatan kereta dan jumlah tiket yang ingin dipesan. Maksimal waktu keberangkatan yang dapat dipilih penumpang adalah 30 menit sebelum kereta tiba.

Cara membeli tiket kereta Bandara di Stasiun
Petugas akan membantu selama melakukan pemesanan tiket kereta bandara di Stasiun – merdeka.com

Jika sudah memilih jadwal keberangkatan dan jumlah tiket, klik Booking. Setelahnya kamu akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama, nomor handphone, dan alamat e-mail. Jika sudah selesai, kamu akan diminta melakukan pembayaran melalui mesin Electronic Data Capture (EDC) yang ada di samping layar. Masukkan kartu kredit atau kartu debit ke mesin EDC lalu tekan OK. Tiket kereta bandaramu akan langsung keluar dari mesin tiket.

Jika kamu menghadapi kesulitan, tidak perlu khawatir karena petugas di setiap layar tiket siap membantu. Bukti notifikasi pembelian tiket secara otomatis juga akan masuk ke e-mail kamu.

Cara membeli tiket kereta Bandara Dengan Aplikasi Railink
Pemesanan tiket Kereta Bandara melalui aplikasi Railink – akurat.co
  1. Cara Membeli Tiket Kereta Bandara Melalui Aplikasi Railink

Selain pembelian tiket kereta Bandara di stasiun, cara lain yang lebih praktis adalah dengan mengunduh aplikasi Railink di smartphone. Berikut adalah beberapa langkah untuk membantu proses pembelianmu secara online.

  • Registrasi

Untuk cara membeli tiket kereta Bandara dengan aplikasi Railink, diwajibkan untuk melakukan registrasi. Kamu akan diminta untuk memasukkan data diri seperti nama, nomor telepon, e-mail dan password sebagai Required Information. Sedangkan alamat rumah, tanggal lahir, dan nomor KTP/Passport dapat kamu isi atau diabaikan (Optional).  Setelah itu masuk ke e-mail kamu untuk melakukan aktivasi akun.

  • Melakukan Pemesanan

Akun Railink yang telah aktif dapat langsung melakukan pemesanan tiket kereta bandara. Ada beberapa pilihan stasiun di aplikasi yakni BNI City (SDB), Batu Ceper (BPR), SHIA (BST), Kuala Namu (KLN), dan Medan (MDN). Untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta, silahkan memilih tujuan BST.

  • Pilih Jenis Tiket

Terdapat dua jenis tiket yang tersedia, Regular dan Reserve. Untuk memilih kursi penumpang, kamu dapat memilih tiket Reserve. Namun untuk saat ini pembeli hanya dapat memilih Tiket Regular.

  • Pilih Jenis Perjalanan

Setelah itu pilih jenis perjalan yang diingingkan, One Way (sekali jalan) atau Return (pulang-pergi). Kemudian pilih tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. Klik Search.

  • Tentukan Waktu Keberangkatan

Sesudahnya akan muncul pilihan jam keberangkatan kereta yang dapat dipilih. Tiap jadwalnya akan terlihat jumlah sisa kursi yang masih tersedia serta harga tiket. Klik jam keberangkatan yang diinginkan, rincian pemesanan tiket akan tampil di layar ponselmu. Jika sudah benar, tekan Continue.

  • Pembayaran

Klik Payment di laman selanjutnya. Akan tersedia tiga metode pembayaran yakni Online Payment, Indirect Payment, dan Virtual Account. Pilih jenis pembayaran yang diinginkan dan segera melakukan transaksi. E-mail konfirmasi pemesanan dan pembayaran akan masuk ke e-mail kamu secara otomatis.

Cara membeli tiket kereta Bandara Railink
Kereta Bandara oleh PT Railink berkelas internasional – tirto.id

Cara membeli tiket kereta Bandara mudah bukan? Kereta Bandara bisa menjadi alternatif terbaik untuk menghindari akses menuju Bandara yang seringkali macet. Ditambah dengan fasilitasnya yang kelas dunia, perjalananmu dijamin aman dan menyenangkan. Apalagi Bandara Soekarno Hatta adalah bandara terbesar di Indonesia.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *