Home / Tips & Trick / Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online
Cara Membuat Paspor Online
Rate me? =)

Berpergian sudah seperti kebutuhan pokok bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang dilanda penat dan suntuk akibat aktivitas sehar-hari. Salah satu pelepas kepenatan tersebut adalah berpergian atau berlibur. Tidak jarang saat ini orang-orang memilih untuk berlibur ke luar negeri untuk menjajal pengalaman baru yang bisa dikenang dan memberikan efek bahagia setelah pulang nantinya. Nah, liburan ke luar negeri tentunya mengharuskan kita untuk membawa paspor sebagai data diri, namun jangan takut! Karena saat ini cara membuat paspor online tidak menyusahkan dan membuat Anda panjang mengantre. Karena saat ini sudah ada pelayanan pembuatan paspor online yang memudahkan Anda dalam pembuatannya. Berikut langkah-langkah atau syarat membuat paspor online.

Syarat Membuat Paspor Online

Sebelum mengetahui cara membuat paspor online, pastikan Anda terlebih dahulu memenuhi syarat membuat paspor online di bawah ini:

Untuk WNI (Warga Negara Indonesia) persyaratannya adalah sebagaia berikut:

– Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku

– Kartu Keluarga (KK)

– Akta kelahiran atau surat baptis

– Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah

– Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka persyaratan pembuatan paspor adalah:

– KTP kedua orang tua yang masih berlaku

– Kartu Keluarga (KK)

– Akta kelahiran atau surat baptis

– Buku nikah orang tua atau akta perkawinan

– Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Daftar Cara Membuat Paspor Online

1. Kunjungi Website Imigrasi

Setelah semua persyaratan pembuatan paspor terpenuhi dan sudah disiapkan, langkah cara membuat paspor online berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi imigrasi. Anda bisa mengunjungi website nya di http://www.imigrasi.go.id. Setelah masuk ke website Imigrasi dan halaman utama, kemudian pilih opsi Layanan Publik-Layanan Online, lalu pilih Layanan Paspor Online.

Daftar Paspor Online Cara Membuat Paspor Online
Daftar Paspor Online – aturduit

2. Pilih Pra Permohonan Personal

Langkah bikin paspor online berikutnya adalah Anda harus pilih opsi Pra Permohonan Personal.

Website Cara Membuat Paspor Online
Website Cara Membuat Paspor Online – aturduit

3. Isi Formulir

Kemudian, setelah memilih opsi Pra Permohonan Personal, isi kelengkapan data yang merupakan kepentingan utama dari daftar Paspor Online. Isi kelengkapan data tersebut melalui pengisian formulir data diri.

Untuk cara membuat paspor online baru, pilih Baru – Paspor Biasa pada isian Jenis Permohonan, sementara untuk perpanjangan silakan pilih jenis permohonan yang sesuai, dan isi No. Paspor Lama. Pada bagian “Kantor Imigrasi” diisi dengan lokasi kantor yang akan Anda datangi untuk membuat paspor. Pilihlah yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Di bagian selanjutnya, Anda diminta mengisi data diri seperti nama lengkap, jenis kelamin, tinggi badan, dan lain-lain.

Syarat Membuat Paspor Online
Syarat Membuat Paspor Online – aturduit

Untuk Nomor Identitas, bisa diisi dengan nomor KTP atau NIK. Setelah itu Anda akan diminta mengisi alamat rumah dan alamat kantor, kemudian alamat orangtua dan alamat lama yang tidak wajib diisi. Kemudian data Ayah dan Ibu atau Suami/Istri.

Selanjutnya akan muncul Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Sesuai dengan informasi dari situs resmi imigrasi, berikut rincian biaya pembuatan paspor:

  1. Paspor biasa 48 halaman Rp. 300.000,-
  2. Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman Rp. 600.000,-
  3. Paspor biasa 24 halaman Rp. 100.000,-
  4. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman Rp. 350.000,- (*saat ini belum tersedia)
  5. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 200.000,-
  6. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 100.000,-
  7. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 800.000,-
  8. Paspor biasa elektronis (e-passport) 24 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 350.000,-
  9. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 600.000,-
  10. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang rusak yang masih berlaku Rp. 300.000,-
  11. Paspor biasa elektronis (e-passport) 48 halaman pengganti yang hilang yang masih berlaku Rp. 1.200.000,-
  12. Paspor biasa 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 100.000,-
  13. Paspor biasa Elektronis (E-passport) 24 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 350.000,-
  14. Paspor biasa 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 300.000,-
  15. Paspor biasa Elektronis (E-passport) 48 halaman pengganti yang hilang/rusak yang masih berlaku disebabkan karena bencana alam dan awak kapal yang kapalnya tenggelam Rp. 600.000,-
  16. Jasa Penggunaan Teknologi Sistem Penerbitan Paspor berbasis Biometrik Rp. 55.000,-

4. Lakukan Pembayaran & Konfirmasi Pembayaran

Setelah semua data terisi dengan lengkap dan benar, maka kemudian Anda diharuskan membayar biaya administrasi sesuai dengan tarif yang diberlakukan oleh pihak imigrasi. Setelah Anda melakukan pembayaran, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

Cara Bikin Paspor Online
Cara Bikin Paspor Online – aturduit

5. Pergi ke Kantor Imigrasi Sesuai Tanggal Tercantum

Kantor Imigrasi biasanya buka pukul 07.00 pagi dan tutup pukul 16.00 sore, dengan waktu istirahat pukul 12.00 – 13.00, kecuali Jumat pukul 11.30 – 13.00. Berikut tips yang bisa diikuti ketika datang ke kantor imigrasi :

  1. Berpakaian rapi dan sopan
  2. Bawa semua berkas dengan lengkap
  3. Mengambil nomor antrean
  4. Verifikasi berkas
  5. Melengkapi syarat membuat paspor online

6. Foto, Biometrik, dan Wawancara

Cara membuat paspor online selanjutnya, Anda harus mengantre untuk tahap berikutnya yakni yaitu pengambilan foto untuk dipasang di paspor, pengambilan data biometrik (sidik jari), dan wawancara. Untuk wawancara, biasanya hanya ditanya apa keperluan Anda untuk membuat paspor dan negara tujuan, kemana Anda akan pergi.

7. Pengambilan Paspor

Setelah proses wawancara selesai, Anda akan menerima lembar untuk pengambilan paspor. Biasanya paspor bisa diambil setelah 3 hari kerja. Kalau Anda ingin memeriksa status permohonan berkas, buka kembali situs imigrasi, kemudian lihat pilihan Status Pra Permohonan, dan masukkan nomor permohonan Anda. Di situ akan tertera status permohonan, jika sudah selesai akan terdapat jadwal tanggal dan waktu pengambilan dan Anda bisa langsung datang kembali ke Kantor Imigrasi tempat mendaftar pada waktu yang telah ditentukan untuk mengambil paspor baru. Mudah kan cara membuat paspor online ini?

Jika ingin tahu lebih lengkapnya, Anda dapat langsung melihat video pembuatan Paspor Online di sini. Selamat mencoba!

Sudah tahu kan bagaimana cara membuat paspor online. Syarat membuat paspor ternyata tidak sulit. Anda tinggal daftar paspor online di website dan mengikuti instruksi yang ada. Yuk bikin paspor online dan jalan-jalan.

Yuk di-Share :
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares
  •  
    6
    Shares
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *