Home / Tips & Trick / Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia

Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia

Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia
Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia
Rate me? =)

Cara Membuat SIM Internasional Road trip dengan menyetir kendaraan sendiri di luar negeri sudah sering menjadi salah satu bucket list para traveler. Walau terkesan remeh, tapi ada aturan juga yang harus kamu taati. Sudah punya SIM Indonesia? Itu saja nggak cukup lho, sobat.

Melaju di negeri orang akan terasa sangat berbeda dengan berkendara di Indonesia. Tentunya bagi kamu yang bisa menyetir, tak boleh melewatkan kesempatan untuk menyetir sendiri ketika mampir ke luar negeri. Selain SIM Indonesia, kamu diwajibkan untuk memiliki Surat Izin Mengemudi Internasional.

Bagaimana Cara Membuat SIM Internasional

SIM Internasional tentunya menjadi hal yang krusial. Jangan sampai kamu tertangkap oleh pihak berwajib ketika nekat berkendara di negeri orang tanpa dokumen tersebut. Kamu juga bisa dikenakan hukuman yang berlaku di negara tersebut. Jika sampai terjadi, kamu bisa buat malu nama Indonesia juga.

Syarat Pembuatan SIM Internasional
Bentuk Surat Izin Mengemudi Internasional – natayanaia.com

Untuk WNI, SIM Indonesia saja sudah cukup untuk negara-negara ASEAN dan Uni Eropa. Meski begitu, ada lebih dari 150 negara yang mewajibkan turis untuk memiliki SIM Internasional. Kalau kamu berencana road trip sendiri di Australia, Jepang, Prancis, Jerman, China, atau Brazil, SIM Internasional wajib dimiliki. So, bagaimana cara membuat SIM Internasional?

Tak perlu khawatir, pembuatan SIM Internasional cukup mudah dan tidak serumit SIM reguler, kok. Persyaratannya juga tidak susah, juga tidak perlu menjalani tes teori atau praktik baik menggunakan kendaraan atau simulator. Cukup membawa berkas-berkas yang diperlukan saja ke Gedung Pelayanan SIM Internasional di Korps Lalu Lintas Polri. Lokasi persis tempat pembuatan SIM Internasional Jakarta ada di Jl. Letjen MT Haryono, Kav 37-38, Jakarta Timur.

Lokasi Pembuatan SIM Internasional Jakarta
Lokasi Pembuatan SIM Internasional Jakarta – backpackstory.me

Syarat Pembuatan SIM Internasional

Sebelum masuk ke cara membuat SIM Internasional, ada beberapa syarat pembuatan yang harus kamu siapkan. Kelengkapan berkas yang harus kamu bawa sebelum mengajukan SIM Internasional adalah sebagai berikut:

  1. KTP asli dan Fotocopy
  2. Paspor asli dan Fotocopy
  3. SIM yang masih berlaku
  4. KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) asli dan Fotocopy khusus untuk warga negara asing (WNA)
  5. Satu lembar materai 6.000
  6. Pas Foto 4×6 sebanyak tiga lembar terbaru (Latar foto wajib berwarna biru, untuk pria wajib berdasi dan wanita mengenakan blazer)

Bila sudah melengkapi syarat pembuatan SIM internasional tersebut, kamu cukup mengambil nomor antrian lalu menyerahkan seluruh dokumen kepada petugas saat giliran tiba. Selanjutnya adalah mengisi formulir kelengkapan lain yang diperlukan untuk pengesahan, termasuk tanda tangan materai yang telah dibawa. Jika semua sudah valid, kamu tinggal melakukan pembayaran administrasi di kasir.

Mekanisme Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia
Mekanisme Cara Membuat SIM Internasional di Indonesia happymommystories.blogspot.com

Berdasarkan PP 50 Tahun 2010 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di Kepolisian Republik Indonesia, biaya untuk SIM Internasional baru dikenakan tarif Rp 250.000. Sedangkan biaya perpanjangan dikenakanan Rp 225.000. Terakhir adalah mengambi foto dan sidik jari. Setelah selesai, SIM Internasionalmu siap digunakan untuk keliling dunia.

Sebagai info tambahan, SIM Internasional juga punya beberapa kategori seperti SIM reguler, yakni:

  • Golongan A : Sepeda motor atau tanpa gandengan, kendaraan khusus orang cacat dan kendaraan bermotor roda tiga dengan berat kosong tidak lebih dari 400 kg.
  • Golongan B : Kendaraan bermotor selain kategori A, dengan massa maksimum yang diperbolehkan 3.500 kg. Memiliki tidak lebih dari delapan kursi penumpang selain kursi pengemudi. Kendaraan ini boleh menarik trailer (gandengan) ringan.
  • Golongan C : Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut barang dengan massa maksimum yang diizinkan lebih dari 3.500 kg (7.700 lbs). Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.
  • Golongan D : Kendaraan bermotor yang digunakan untuk mengangkut penumpang dengan memiliki tidak lebih dari delapan kursi selain kursi pengemudi. Kendaraan jenis ini boleh menarik trailer ringan.
  • Golongan E : Kendaraan bermotor termasuk dalam golongan B, C, dan D dan diperbolehkan menarik trailer yang tidak ringan.

Itu dia beberapa informasi tentang proses pengajuan SIM Internasional. Gampang banget kan cara membuat SIM internasional itu? Menyetirlah dengan hati-hati dan patuhi juga aturan lalu lintas di negara yang kamu singgah ya, sobat!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *