Home / Tips & Trick / Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri

Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri

Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri
Cara Membuat Visa Ke Luar Negeri
5 (100%) 1 vote

Rupanya, berbekal Paspor saja masih belum cukup untuk Anda menjelajah negara asing. Anda membutuhkan Visa untuk bisa masuk secara legal ke beberapa negara tujuan. Visa adalah dokumen resmi dari negara yang menjadi destinasi liburan Anda. Dokumen ini nantinya menjadi bukti secara legal Anda bisa masuk ke negara tersebut. So, bagaimana cara membuat visa yang mudah dan tepat?

Nah, jenis visa yang banyak diminati adalah untuk berlibur. Untuk visa berlibur pun terbagi menjadi tiga yakniVisa pre Arrival, Visa on Arrival dan e-Visa.

Jenis-Jenis Visa

  1. Visa pre Arrival

Visa pre Arrival ini merupakan visa yang harus Anda  ajukan sebelum waktu keberangkatan, yaitu ke kantor kedutaan besar (kedubes) negara terkait.. Kantor kedubes asing ini tersebar di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya. Segala persyaratan dan biaya yang dikenakan akan berbeda tergantung kebijakan negara setiap negara. Anda bisa mencari informasinya di situs web yang telah disediakan oleh keimigrasian negara terkait. Menariknya, ada juga negara yang menerima pengajuan visa secara online. Hal ini bisa memudahkan Anda dan menyingkat waktu cara membuat visa karena tak perlu ke kantor kedutaan secara langsung. Syarat dan ketentuan, juga prosedurnya tergantung pada kebijakan masing-masing negara.

Cara Membuat Visa Jepang
via http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

2. e-Visa

Dokumen cara membuat visa ini dibuat dengan cara online dengan hasil akhir berupa soft file yang dikirim via email. Pemohon hanya cukup memasukkan data diri yang diminta, kemudian melakukan pembayaran pada saat itu juga melalui kartu kredit.

Nanti, dokumen ini akan dikirim via email. Namun ketika nanti sampai pintu Imigrasi negara tujuan, pemilik e-Visa tetap harus menunjukan dokumen yang diminta (disebutkan di website pendaftaran) kepada petugas Imigrasi setempat.

  1. Visa on Arrival (VoA)

VoA merupakan jenis visa yang bisa diurus setibanya Anda di bandara atau pelabuhan internasional negara tujuan. Di terminal kedatangan terdapat kantor imigrasi yang menangani pengajuan Visa on Arrival ini. Sama seperti Visa pre Arrival, segala biaya dan persyaratan mengurus visa untuk mengajukan visa ini tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Selain itu, batas masa kunjungan juga berbeda untuk setiap negara tujuan Anda.

Syarat dan Cara Membuat Visa

Setelah mengetahui perbedaan dari ketiga jenis visa, berikut adalah step by step dari cara membuat visa yang bisa menjadi refrensi Anda:

  1. Isi Formulir Online

Sebelum mengisi formulir pengajuan secara online, pastikan Anda melengkapi dahulu berbagai dokumen cara membuat visa yang dibutuhkan. Sebut saja seperti paspor, atau dokumen lainnya. Setelah semua dokumen sudah lengkap, Anda bisa bergegas untuk mengisi formulir pengajuan visa secara online di berbagai website resmi kedutaan besar negara yang akan Anda kunjungi.

Paspor Syarat Cara Membuat Visa
via unsplash
  1. Bukti Pembayaran Visa

Setelah pengisian formulir dilakukan, Anda akan dimintai beberapa biaya administrasi untuk membuat visa di negara tujuan Anda. Biayanya bervariatif tergantung negara tujuan. Jika Anda sudah melakukan pembayaran tersebut, lampirkan bukti pembayaran visa saat melakukan permohonan.

  1. Lampiran Pas Foto

Pelampiran pas foto menjadi hal yang paling penting. Agar identitas Anda dikenali dengan baik, pastikan pas foto itu terlihat jelas. Hal ini agar kedutaan dapat mengidentifikasi dirimu dan menyesuaikan dengan data yang ada. Dalam cara membuat visa, ukuran foto ke tiap negara bisa jadi berbeda.

  1. Lampiran Bukti Keuangan

Pernahkah Anda mendengar bahwa saat kita mengunjungi suat negara, harus melampirkan bukti keuangan sebagai jaminan? Hal ini sangat perlu dilampirkan supaya negara bisa menjaga Anda dan menjamin Anda ketika berada di negara orang lain. Lampiran ini juga sebagai bukti bahwa Anda mampu bertahan di negara orang.

  1. Surat Keterangan Kunjungan

Cara membuat visa terakhir, dan ini juga cukup penting, adalah melampirkan surat keterangan atas tujuan Anda pergi ke negara tersebut. Apakah untuk bisnis, liburan, atau keperluan lainnya, pastikan Anda punya informasi yang lengkap tentang keperluan Anda pergi ke negara tersebut. Semakin jelas keperluan Anda, maka semakin mudah pula visa Anda disetujui.

Setelah seluruh berkas dan persyaratan telah Anda lengkapi, Anda bisa langsung mengajukan ke kedutaan besar negara yang dituju. Selamat mencoba cara membuat visa di atas dan semoga berhasil!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *