Home / Tips & Trick / Cara Mengambil Foto Makanan di Instagram

Cara Mengambil Foto Makanan di Instagram

cara mengambil foto makanan di instagram - foto dari atas top down shot

cara mengambil foto makanan di Instagram – Instagram sudah menjadi salah satu media social yang kita gunakan untuk mencari apa saja. Salah satunya adalah makanan.

Kini tak jarang para food blogger profesional maupun amatir memiliki akun instagram untuk memajang hasil “jepretan” mereka sekaligus berbagi pengalaman wisata kuliner kepada para audiences mereka.

Food blogger ini pastinya handal dalam menangkap foto-foto makanan yang membuat lidah bergoyang. Pernah bertanya-tanya, mengapa foto makanan hasil jepretan para food blogger ini begitu menarik perhatian dan menggugah selera? Ini tips sederhana dari wisatalah tentang bagaimana cara mengambil foto makanan di instagram.

Cara Mengambil Foto Makanan di Instagram

1. Natural Light adalah Teman Terbaik

Kita sering mendengarnya, bahwa cahaya alami adalah sumber pencahayaan terbaik untuk fotografi, tak terkecuali untuk foto makanan. Selain gratis, natural light akan membuat foto makanan lebih hidup dan nyata.

Efek natural light atau cahaya pada foto, adalah cara paling ampuh untuk menunjukan kesan natural pada foto makanan.
Efek natural light atau cahaya pada foto, adalah cara paling ampuh untuk menunjukan kesan natural pada foto makanan. Sumber

Sebagai sumber cahaya, cahaya matahari langsung sering kali menjadi terlalu terang, oleh karena itu, cara termudah adalah dapatkan natural light yang berasal dari jendela. Saat ingin melakukan pemrotetan, posisikan jendela – sebagai sumber cahaya – di samping atau di belakang makanan untuk mendapatkan hasil yang dramatis dan maksimal.

2. Gunakan Tangan dan Alat Makan untuk Memperlihatkan Detail

Jangan takut untuk menggunakan tangan dan peralatan makan untuk memperlihatkan ekspresi pada foto makanan di instagram. Gunakan tangan untuk “merobek” pizza dan burger, atau alat makan pada pasta dan mie. Hal ini seringkali akan memperlihatkan efek dramatis pada foto makanan, khususnya apabila diambil pada timing yang sangat pas.

Menggunakan tangan dan alat makan adalah cara mengambil foto makanan di instagram yang hasilnya paling menarik. Karena seringkali memperlihatkan sisi terbaik pada sebuah makanan, contohnya pada pizza ini. Yumm..
Menggunakan tangan dan alat makan adalah cara mengambil foto makanan di instagram yang hasilnya paling menarik. Karena seringkali memperlihatkan sisi terbaik pada sebuah makanan, contohnya pada pizza ini. Yumm.. Sumber

Menggunakan tangan dan alat makan sangat penting untuk menonjolkan sisi terbaik dari hidangan. Karena komponen akan terlihat jelas – walaupun terlihat sedikit lebih berantakan – dan hidangan akan terlihat lebih asli.

3. Ambil Foto dari Sudut 45°

Mengambil gambar dari sudut 45 derajat adalah salah satu teknik fotografi kuliner paling umum.

Sebuah hidangan pada sebuah foto yang diambil dari sudut 45°. Menggambarkan perspektif seseorang yang memandang ke arah makanan saat ia berada di meja makan.
Sebuah hidangan pada sebuah foto yang diambil dari sudut 45°. Menggambarkan perspektif seseorang yang memandang ke arah makanan saat ia berada di meja makan. Sumber

Walaupun terkadang terlihat agak membosankan, tapi teknik ini, merupakan cara pengambilan foto makanan paling efektif karena memang benar-benar menggambarkan sudut seseorang memandang makanan di atas meja saat ia duduk di meja makan.

4. Bird’s Eye View / Top-Down Shot

Salah satu cara mengambil foto makanan di instagram adalah dari atas atau yang lebih dikenal dengan nama top-down shot. Ini merupakan angle food photography yang sedang populer saat ini. Teknik ini cenderung lebih sulit dilakukan daripada pengambilan foto dari sudut 45°.

Bird's Eye View atau top-down shot adalah pengambilan foto makanan dari atas. Cara ini sangat cocok untuk foto makanan yang menampilkan beberapa hidangan sekaligus.
Bird’s Eye View atau top-down shot adalah pengambilan foto makanan dari atas. Cara ini sangat cocok untuk foto makanan yang menampilkan beberapa hidangan sekaligus. Sumber

Untuk beberapa tipe hidangan, seperti contoh burger dan sandwich, top-down shot mungkin bukan yang paling tepat. Karena teknik bird’s eye view ini tidak memperlihatkan keseluruhan elemen pada hidangan tersebut.

Namun top-down shot sangat cocok untuk memperlihatkan beberapa hidangan sekaligus di atas meja, khususnya apabila hidangan-hidangan tersebut memiliki warna dan elemen yang unik.

5. Manfaatkan Interior di Sekeliling Sebagai Background

Sebelum mengambil foto makanan, jangan lupa untuk melihat elemen-elemen menarik di sekeliling kita yang dapat dimanfaatkan sebagai background foto.

Penggunaan motif tembok pada foto ini, adalah cara mengambil foto makanan di instagram yang seringkali terlupakan. Namun, dengan menambahkan latar yang sesuai, foto makanan akan terlihat lebih cantik.
Penggunaan motif tembok pada foto ini, adalah cara mengambil foto makanan di instagram yang seringkali terlupakan. Namun, dengan menambahkan latar yang sesuai, foto makanan akan terlihat lebih cantik. Sumber

Dalam hal foto makanan, interior restoran akan selalu menjadi teman yang dapat diandalkan. Wallpaper yang unik, pola meja yang cantik dan motif tembok yang menarik, dapat menjadi latar yang sempurna untuk foto makanan di instagram.

6. Tunjukan Warna

Agar memiliki foto yang seakan-akan “menyala”, tipsnya adalah dengan menempatkan warna yang kontras saling berdekatan.

Foto macaron yang terlihat segar dan meriah. Menyandingkan warna yang saling bertabrakan akan menjadikan foto makanan di instagram lebih cerah.
Foto macaron yang terlihat segar dan meriah. Salah satu cara mengambil foto makanan di instagram adalah dengan menyandingkan warna yang saling bertabrakan. Sumber

Efek ini akan membuat foto makanan menjadi tidak membosankan dan terlihat meriah walaupun hanya terdapat satu hidangan saja di dalam foto.

7. Tambahkan Properti yang Sesuai dan Mendukung

Walaupun hanya buah-buahan, namun foto ini tampak indah karena penambahan properti dan pernak-pernik yang mendukung, sehingga menambah kedalaman dan detail dari foto.
Walaupun hanya buah-buahan, namun foto ini tampak indah karena penambahan properti dan pernak-pernik yang mendukung, sehingga menambah kedalaman dan detail dari foto. Sumber

Kehadiran properti lainnya seperti piring yang unik, peralatan makan yang cantik dan pernak-pernik lainnya, dapat menambah detail dan keindahan pada foto makanan di instagram. Walaupun hanya sebuah hidangan yang sederhana, apabila dipadukan dengan atribut dan properti yang tepat, maka di dalam pixel hidangan tersebut akan terlihat luar biasa.

Tips dan trick cara mengambil foto makanan di instagram dari wisatalah ini membuktikan, untuk mendapatkan foto makanan yang bagus, tidak harus selalu menampilkan hidangan yang mewah dengan latar yang istimewa. Untuk memulai, kita juga tidak diharuskan memiliki perlengkapan canggih seperti lightning dan kamera profesional.

Cukup dengan menambahkan elemen-elemen kecil yang menarik, bereksperimen dengan angle dan perspektif, juga membuatnya menjadi “sedikit berantakan”, kita akan menghasilkan foto makanan yang indah dan natural.

Jangan lupa juga untuk melihat beberapa kamera handphone terbaik untuk traveling.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *