Home / Tips & Trick / Tanpa Ribet, Ini Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Paling Mudah

Tanpa Ribet, Ini Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Paling Mudah

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api - Cara Refund Tiket Kereta Api
Tanpa Ribet, Ini Cara Pembatalan Tiket Kereta Api Paling Mudah
5 (100%) 2 votes

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api – Udah siap bepergian tapi ternyata halangan muncul tiba-tiba? Wah, pastinya kamu bakal panik. Apalagi kalau tiket kereta api sudah terlanjur kamu pesan, sudah dibayar pula, duh rugi dua kali nih berarti. Padahal, kalau kamu mau melakukan pembatalan tiket kereta api sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh PT Kereta Api Indonesia, kamu bisa mendapatkan refund tiket kereta sehingga bisa mengurangi jumlah kerugian akibat pembatalan tersebut, lho.

Buat kamu yang udah siap bepergian tapi ternyata harus melakukan pembatalan tiket kereta api karena suatu sebab, kamu harus menyimak cara membatalkan tiket kereta api di bawah ini. Karena kami akan memberikan tips bagaimana cara refund tiket kereta api. Ada juga daftar syarat cancel tiket kereta api lho. Oh iya, kalau kamu kira cara pembatalan tiket kereta api ribet banget, dugaanmu kurang tepat. Nih, simak langkah-langkah pembatalan tiket kereta api yang paling mudah berikut ini.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api / Refund Tiket Kereta

1. Siapkan Fotokopi KTP dan Datangi Stasiun Keberangkatan

Ketika melakukan pemesanan tiket kereta api, kemungkinan besar kamu melakukan pemesanan via online alias nggak datang langsung ke stasiun keberangkatan. Namun, kalau kamu ingin melakukan pembatalan tiket kereta api, kamu wajib banget buat datang ke stasiun keberangkatan kamu untuk mendapatkan refund tiket kereta.

Siapkan dulu fotokopi KTP kamu sebelum berangkat ke stasiun. Kalau kamu ingin melakukan pembatalan tiket kereta api melalui perwakilan temanmu atau saudaramu, kamu harus melampirkan surat kuasa untuk menandakan bahwa pembatalan tiket kereta api ini diketahui oleh orang yang identitasnya sama dengan pemilik tiket. Jangan lupa, kamu juga harus menyiapkan identitas asli selain fotokopinya.

2. Mencetak Tiket di Mesin Cetak Mandiri

Meskipun kamu berniat melakukan pembatalan, kamu perlu untuk mencetak boarding pass atau tiket kamu di Mesin Cetak Mandiri (CTM) yang bisa kamu temui di stasiun. Untuk stasiun yang sudah punya counter check-in, kamu bisa langsung membawa identitas asli, fotocopy identitas, dan kode booking (nggak perlu mencetak tiket terlebih dahulu di CTM).

3. Datangi Petugas Informasi

Langkah ketiga dalam cara membatalkan tiket kereta api adalah mendatangi petugas informasi. Bener banget, lho. Sebelum menuju loket di stasiun untuk mengajukan pembatalan tiket, kamu harus mendatangi terlebih dahulu petugas informasi di stasiun. Petugas akan memberitahukan padamu di loket mana kamu bisa melakukan pembatalan tiket kereta api.

4. Isi Formulir Pembatalan & Serahkan Semua Data di Loket

Nah sekarang masuk ke cara pembatalan tiket kereta api yang keempat.Kamu akan diberikan formulir pembatalan tiket kereta api yang harus kamu isi. Di formulir ini, kamu akan diminta memasukkan nama atau identitas penumpang, alamat, nomor telepon, nama KA yang kamu batalkan untuk mengikuti perjalanannya, dan beberapa data lainnya. Kamu juga bisa memilih untuk menerima refund dengan metode transfer bank atau tunai.

Sebagai pemohon pembatalan, kamu juga harus membubuhkan tanda tangan pada formulirmu. PT KAI juga berbaik hati mempersilakan kamu buat menghubungi contact center 121 (021-121) jika kamu menginginkan cara refund tiket kereta api melalui transfer bank, tapi sampai hari ke-45 kamu belum mendapatkan pengembalian dana.

5. Terima Refund

Jika kamu melakukan pembatalan tiket kereta api sesuai prosedur yang berlaku, kamu berhak menerima refund tiket kereta api. Cara refund tiket bisa melalui transfer atau diberikan langsung padamu. Tapi ingat ya, kamu akan dikenakan bea pembatalan tiket kereta api sebesar 25%. Dengan kata lain, kamu dapat menerima refund maksimal sebesar 75% dari harga tiket kereta api.

Gimana? Mudah banget kan cara pembatalan tiket kereta api? Cara refund tiket kereta api ini sama sekali nggak ribet. Yang penting, kamu melakukannya sesuai prosedur yang berlaku. Semoga beruntung! Oh iya, jangan lupa untuk melihat bagaimana cara penukaran tiket kereta api juga ya.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *