Home / Tips & Trick / Cara Penukaran Tiket Kereta Api Online Di Stasiun

Cara Penukaran Tiket Kereta Api Online Di Stasiun

Cara Penukaran Tiket Kereta Api
Cara Penukaran Tiket Kereta Api Online Di Stasiun
4.6 (92%) 5 votes

Cara Penukaran Tiket Kereta Api – Bepergian jauh dengan kendaan roda empat terkadang melelahkan. Bepergian dengan menggunakan pesawat juga terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Lalu bagaimana dengan kereta? Moda transportasi yang ramah di kantong dan tak melelahkan ini sudah menjadi favoritnya sebagian besar warga indonesia. Tidak hanya karena ekonomis, kendaraan yang umum yang satu ini juga punya kecepatan super yang akan megantarkan Anda ketempat tujuan dengan cepat.

Teknologi saat ini telah berkembang pesat tak terkecuali teknologi di bidang transportasi. Kemajuan teknologi yang pesat akan mampu mempermudah hidup manusia pada jaman sekarang ini. Jika dulu Anda harus membeli tiket di stasiun, kini Anda bisa membeli tiket secara online atau membelinya di mini market dengan mudah. Misalnya saja membeli tiket KAI di Tiket.com atau Indomaret. Lalu bagaimana cara penukaran tiket kereta api online di stasiun?

Cara Penukaran Tiket Kereta Api Online Di Stasiun
Sumber: jogja.tribunnews.com

Cara Penukaran Tiket Kereta Api Online Di Stasiun Dengan Mudah

Untuk Anda yang telah membeli tiket secara online, Anda bisa tukar tiket kereta Anda di loket penukaran dengan memberikan kode booking dan struk pembayaran. Petugas loket akan memeriksa data tersebut, jika data sudah dianggap benar, maka Anda dapat langsung menerima tiket tersebut. Namun terkadang cara menukar tiket kereta api di loket ini membutuhkan waktu yang lama karena antrian yang panjang. Untuk menjawab semua itu, PT KAI telah menyediakan mesin penukaran tiket CTM (Cetak Tiket Mandiri) untuk mempermudah penukaran tiket kereta api.

Cara Menukar Tiket Kereta Api Di Stasiun
Sumber : ANY.web.id

Cara Menukar Tiket Kereta Api Online

Caranya cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara penukaran tiket kereta api pada umumnya. Anda hanya perlu memasukkan kode booking yang tertera pada bukti tiket Anda ke mesin penukaran tiket kereta api di stasiun. Untuk Anda yang bingung bagaimana cara menggunakan mesin cetak tiket, Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini;

1. Masukkan kode booking yang tertera pada kolom pemesanan.

2. Masukkan nomor telefon atau nomor ID yang ada di struk pembayaran pada kolom Nomor Telepon/ Identitas.

3. Masukkan nama stasiun keberangkatan di kolom Stasiun Keberangkatan.

4. Tekan tombol ‘cari’, maka data penunmpang akan keluar pada layer.

5. Periksalah data yang ada pada layar apakah sudah cocok dengan data pada bukti tiket Anda.

6. Jika sudah benar, tekan ‘cetak’.

7. Tiket Anda akan keluar secara otomatis dari mesin.

Namun Anda harus mengingat bahwa Anda hanya bisa melakukan penukaran tiket kereta di stasiun keberangkatan yang tertera pada e-tiket Anda.

Sejak tanggal 3 April 2017, KAI telah secara resmi menggunakan sistem penukaran tiket kereta yang lebih mudah. Kamu sekarang sudah bisa melakukan penukaran tiket hingga H-7 sebelum keberangkatan. Sebelumnya kamu hanya bisa melakukan penukaran tiket kereta api KAI secepatnya 12 jam sebelum jam keberangkatan.

Bagaimana sih cara penukaran tiket kereta api? Apabila Anda memiliki tiket kereta online maka Anda bisa melakukan penukaran tiket kereta dengan sangat mudah. Sesuai dengan cara yang tertera di atas, Anda hanya perlu memasukkan kode booking yang tertera pada bukti tiket kamu. Selanjutnya masukan ke mesin penukaran tiket kereta yang ada di stasiun. Oh iya, penukaran tiket hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan kamu ya. Untuk info stasiun keberangkatan, pada umumnya kamu bisa menemukannya di bukti pemesanan yang dikirmkan ke email kamu.

Cara Penukaran Tiket Kereta Api dari Indomaret

Untuk Anda yang membeli tiket dari Indomaret, Anda bisa menukar tiket kereta api dari Indomaret Anda dengan mengikuti beberapa langkah dibawah ini;

1. Carilah ‘check-in counter’ di stasiun tujuan Anda.

2. Masukkan kode booking yang tertera pada struk pembelian tiket dari mini market.

3. Klik ‘cetak’ dan tiket akan keluar dari mesin.

Sekarang sudah tau kan bagaimana cara penukaran tiket kereta api di stasiun yang dibeli secara online maupun di Indomaret? Mudah kan? Selamat ber-wisata dengan kereta! Jangan lupa untuk membaca keseruan traveling naik kereta ke Bandung juga ya.

Yuk di-Share :
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares
  •  
    5
    Shares
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *