Home / Kuliner / Chinatown Bandung, Wisata Jalan Cibadak dan Jalan Kelenteng

Chinatown Bandung, Wisata Jalan Cibadak dan Jalan Kelenteng

Chinatown Bandung, Wisata Jalan Cibadak dan Jalan Kelenteng
Chinatown Bandung, Wisata Jalan Cibadak dan Jalan Kelenteng
Rate me? =)

Jalan Kelenteng yang bersinggungan dengan Jalan Sudirman dan Jalan Cibadak akhirnya dipercantik oleh Ridwan Kamil. Tepat pada Minggu (20/8/2017), sang Wali Kota Bandung meresmikan Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng No. 41 yang kini menjadi spot wisata favorit.

Chinatown Bandung, Wisata Jalan Cibadak
foto: Instagram.com @chinatownbandung

Menilik pada sejarah, Kota Bandung memiliki kawasan Pecinan di Jalan Kelenteng dan Jalan Cibadak. Sebelumnya, kompleks Chinatown Bandung ini merupakan gedung milik Yayasan Permaba (Perhimpunan Masyarakat Bandung). Letaknya tepat di belakang kompleks kelenteng tertua di Bandung, Vihara Satya Budhi. Lama tak digunakannya gedung tersebut membuat bagian dalamnya disulap menjadi sebuah kawasan wisata bernuansa pecinan yang interaktif.

Chinatown Bandung Cibadak Culinary Night
Cibadak Culinary Night yang berlangsung setiap akhir pekan – Instagram.com @izometricz)

Sejak beberapa tahun lalu, event bertajuk “Cibadak Culinary Night” (CCN) diselenggarakan setiap akhir pekan. Tren culinary night yang saat itu ramai dikunjungi penduduk setempat menjadikan kawasan Jalan Kelenteng hingga Jalan Cibadak sebagai salah satu tempat penyelenggaraan bazaar kuliner. Acara tersebut disambut meriah khususnya oleh warga Cibadak yang hobi jalan-jalan malam hari.

Tema oriental adalah khas dari event tersebut, mengingat mayoritas penduduk daerah Cibadak berdarah Tionghoa. Saat bazaar kuliner di malam hari berlangsung, biasanya kawasan tersebut ditutup sepanjang 300 meter. Meski pedagang kuliner di sana sebagian besar mengusung hidangan oriental, pengunjung tetap bisa menikmati hidangan khas Sunda yang biasanya berada di kawasan barat Alun-Alun Bandung.

Kini sejak pertengahan 2017, kawasan pusat Kota Bandung mulai berbenah dengan hadirnya konsep Chinatown ala Bandung. Proses revitalisasi dilakukan agar kawasan ini dapat menjadi spot wisata favorit. Dalam rangka memperingati HUT Ke-72 RI, Ridwan Kamil bersama istri, Atalia Ridwan Kamil pun membuka acara perayaan pada Kamis (17/8/2017). Pria yang akrab disapa Kang Emil terlihat mengikuti perlombaan makan kerupuk bersama warga Cibadak.

Ridwan Kamil Chinatown Bandung
Ridwan Kamil dan Istri menghadiri Peresmian dan Grand Opening Chinatown Bandung di Jalan Kelenteng – Instagram.com @chinatownbandung

Dalam peresmiannya (20/8/2017) Kang Emil hadir bersama sang istri dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) di Jalan Kelenteng No. 41, Bandung. Ia menuturkan konsep Chinatown Bandung adalah wujud dari keberagaman yang merupakan ciri khas Kota Bandung.

“Keberagaman itu diwujudukan dalam toleransi beragama, kegiatan sosial sehari-hari, dan dalam kegiatan ekonomi. Ia adalah wujud keberagaman identitas dalam ekonomi,” ujar Kang Emil, dilansir dari wisatabdg.com.

Sejak revitalisasi, kawasan wisata pecinan ini telah bekerja sama dengan Yayasan Perhimpunan Sosial Masyarakat Bandung (Permaba). Kamu yang mengunjungi Chinatown di Jalan Kelenteng tidak hanya sekedar bersantap ria atau menikmati produk Bandung, tapi juga dapat mengenal lebih dekat dengan budaya Tionghoa, lho.

Kuliner Chinatown Bandung Cibadak
Ragam kuliner di Chinatown yang dijamin halal, baik oriental maupun khas Sunda – Instagram.com @chinatownbandung

Chinatown ala Bandung saat ini memiliki 77 kios berasal dari UMKM Bandung. Isinya pun varian, mulai dari kuliner, fashion, hingga kerajinan tangan. Setelah revitalisasi, tempat wisata ini memiliki dekorasi lebih indah dan menarik. Ratusan lampion menggantung di sekitar jalan dan dibangunnya sebuah gapura sebagai penanda daerah Kelenteng dan Cibadak. Tak heran, banyak wisatawan yang membawa kamera untuk mengabadikan kawasan wisata ini ataupun berselfie ria.

Karena menerapkan konsep semioutdoor, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang Jalan Kelenteng dan Cibadak sambil menikmati sejuknya udara Bandung. Untuk kamu yang beragama Muslim, tak perlu khawatir akan kehalalan makanan. Semua hidangan yang dijual dijamin halal. Kamu pun dapat melaksanakan ibadah di Musholla di salah satu area untuk memudahkan waktumu.

Kerajinan Chinatown Bandung Cibadak
Tak hanya kuliner, Chinatown Bandung juga menghadirkan kerajinan tangan dan fashion khas oriental – Instagram.com @chinatownbandung

Selain kuliner, kamu yang menyukai sejarah bisa mampir ke sebuah museum bernama “Bandung Chinatown Museum” di sebelah kiri pintu masuk. Perabotan antik khas Tionghoa memenuhi penjuru museum. Mulai dari piring berlukis seekor naga hingga komik silat karya Kho Ping Ho yang sempat populer pada era 70-an. Sebuah infografis yang menceritakan sejarah suku Tionghoa di Bandung juga dapat kamu temukan di ruangan lainnya.

Foto Chinatown Bandung Cibadak
Mau ganteng instant maksimal? Langsung mampir ke Chinatown Bandung! – Instagram.com @chinatownbandung

Penasaran? Jangan lupa untuk membayar tiket masuk seharga Rp 20 ribu saja per orang. Sudah dapat satu buah botol air mineral, lho. Yuk, langsung cus ke Chinatown Bandung di sepanjang Jalan Keleteng dan Cibadak! Buka setiap Minggu – Kamis 12.00 – 22.00 WIB dan Jumat – Sabtu 12.00 – 24.00 WIB.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *