Home / Event / Festival Bau Nyale 2018 – The Legend Of Mandalika

Festival Bau Nyale 2018 – The Legend Of Mandalika

Festival Bau Nyale 2017
Festival Bau Nyale 2018 – The Legend Of Mandalika
Rate me? =)

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki berbagai macam kesenian serta adat budaya. Tidak salah jika Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati, salah satunya adalah Festival Bau Nyale. Festival yang diadakan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ini diadakan untuk menghormati tradisi kuno dari Bau Nyale. Tradisi unik ini diadakan setiap tahun di hari ke 20 pada bulan ke 10 dalam kalender tradisional Sasak yang jatuh pada bulan Februari setiap tahun. Lebih tepatnya, festival ini akan diadakan di Pantai Seger di Desa Kuta Lombok tepatnya di Pujut pada 20 Februari 2018.

Putri Mandailka Di Festival Bau Nyale
Putri Mandailka Di Festival Bau Nyale – indonesia.travel

Menurut kepercayaan warga setempat, Festival Bau Nyale memiliki cerita tersendiri bagi mereka. Bau dalam Bahasa Lombok merupakan menangkap dan Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya muncul setahun sekali di permukaan laut. Dalam tradisi ini, segerombolan orang berduyun-duyun untuk ke laut untuk menangkap cacing laut yang rupanya memiliki kisah tersendiri bagi warga desa setempat.

Lokasi Festival Bau Nyale Di Bukit Mandalika Lombok
Lokasi Festival Bau Nyale 2018 Di Bukit Mandalika Lombok

Bagi beberapa warga Pulau Lombok, Festival Bau Nyale merupakan tradisi kuno yang terkait erat dengan sejarah legenda Putri Mandalika. Menurut legenda setempat, Putri Mandalika adalah seorang keturunan dari Kerajaan Tunjung Beru. Ayahnya, Raja Seg pernah mengadakan sebuah sayembara bagi pemuda untuk memperjuangkan putrinya. Sang pemenang dari sayembara tersebut akan diperbolehkan menikah dengan Putri Mandalika. Namun, Putri Mandalika menolak sayembara tersebut karena sempat terjadi pertumpahan darah antara berbagai kerajaan hanya karena memperebutkan dirinya. Akhirnya, Mandalika merelakan dirinya untuk terjun ke laut. Saat sebelum terjun ke laut, Mandalika berpesan kepada masyarakat Lombok untuk melanjutkan hidup dengan damai. Selain itu, Mandalika berjanji akan kembali ke Lombok pada hari ke 20 bulan ke 10 di Kalender Sasak. Pada hari yang ditunggu-tunggu tersebut, seluruh laut di Lombok bersinar-sinar karena adanya cacing Nyale. Sejak saat itu, masyarakat percaya bahwa cacing tersebut adalah reinkarnasi dari Puri Mandalika.

Keseruan Acara Festival Bau Nyale 2016
Keseruan Acara Festival Bau Nyale 2016 – wisatalombok

Bau Nyale Festival merupakan tradisi dari warga Pulau Lombok yang tinggal di sepanjang pantai selatan, terutama bagi mereka yang memiliki keyakinan Wetu Telu. Upacara ini cukup unik karena cacing Nyale hanya muncul setahun sekali di Pantai Kuta dan Seger sekitar bulan Februari selama musim hujan. Cacing Nyale ini muncul selama dua hingga tiga malam, terutama pada saat sebelum fajar. Banyak orang sakti atau dukun setempat dapat memprediksi datangnya cacing Nyale tersebut, namun prediksi mereka terkadang meleset satu hari bahkan seminggu dari kemunculan cacing Nyale.

Bau Nyale Lombok
Bau Nyale Lombok – tourismindonesia

Sampai saat ini, masyarakat Pulau Lombok percaya bahwa ketika seseorang mampu menangkap cacing ini maka keberuntungan akan datang di kehidupan mereka. Jika seorang perempuan berhasil menangkap, maka kecantikannya dapat seindah Putri Mandalika. Sedangkan untuk pria, dirinya akan diberkati dengan rasa semangat tanpa henti selama hidupnya. Tidak hanya menangkap, seseorang harus memakan cacing Nyale tersebut agar keinginannya tercapai. Cacing ini dapat dimakan hidup-hidup atau pun di masak terlebih dahulu. Pada umumnya setelah menangkap cacing Nyale, seseorang akan melakukan ritual pribadi di rumah mereka.

Menangkap Cacing Saat Bau Nyale Festival
Menangkap Cacing Saat Bau Nyale Festival – topindonesiaholidays

Puncak perayaan Festival Bau Nyale adalah ketika Dukun Wades atau Imam Setempat ke laut untuk mengamati pemijahan Nyale dan memprediksi masa panen padi terbaik di masa yang akan datang berdasarkan jumlah cacing Nyale. Jika pada perayaan tersebut banyak cacing yang ditangkap, maka itu adalah pertanda baik pula bagi masa panen padi warga Pulau Lombok. Jika sudah begitu, cacing Nyale yang berhasil ditangkap akan ditempatkan pula pada saluran irigasi di sekitar ladang untuk membantu memastikan panen padi akan berjalan baik dan padi pun tumbuh subur.

Lombok sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun di dunia. Sangat pas rasanya jika kamu mengunjungi Pulau Lombok saat Bau Nyale Festival 2018 digelar. Ada begitu banyak tempat wisata di Lombok yang bisa kamu datangi di sekitar lokasi festival. Mulai dari Bukit Mandalika, Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan, Pantai Mawun, dan masih banyak lagi lainnya.

Yuk di-Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *