Home / Event / Melihat Serunya Festival Komodo 2017

Melihat Serunya Festival Komodo 2017

Serunya Festival Komodo 2017
Melihat Serunya Festival Komodo 2017
Rate me? =)

Siapa yang tidak mengenal pulau komodo? Pulau seluas 390 km2 yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara ini merupakan pulau habitat asli hewan komodo yang terkenal dengan keindahan dan keasrian pantainya. Ditambah lagi disini Anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan Komodo. Dalam rangka untuk menjaga dan melestarikan daerah ini dan juga hewan komodo, maka pemerintah setempat melangsung kegiatan promosi wisata yang diberi nama Festival Komodo 2017. Festival Komodo berlangsung selama sebulan penuh dari tanggal 4 Februari 2017 hingga 4 Maret 2017.

Keindahan dan Serunya Festival Komodo 2017
Keindahan dan Serunya Festival Komodo 2017 – Twisata

Festival yang berlangsung di Manggrai Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur selama 30 hari ini merupakan agenda rutin yang dilakukan penduduk setempat setiap tahunnya. Festival ini memiliki tujuan yang tidak lain adalah untuk mempromosikan tempat wisata di daerah tersebut. Festival ini berisikan berbagai parade dan kegiatan menarik yang juga bisa diikuti oleh turis-turis mancanegara yang sedang berwisata ke Labuan Bajo. Seluruh rangakaian acara festival akan dilaksanakan di desa Papagaran yang terdapat di Labuan Bajo. Desa Papagaran terletak di antara Labuan Bajo, Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Hanya ketiga pulau inilah yang masih ditinggali hewan reptil Komodo yang merupakan habitat aslinya.

Melihat Gagahnya Komodo
Melihat Gagahnya Komodo – Pinterest

Untuk memgikuti parade ini, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para peserta, yaitu, para peserta yang ingin mengikuti parade ini harus membawa salah satu pernak-pernik ataupun benda-benda yang memiliki unsur komodo. Misalnya saja, patung berbentuk hewan komodo, spanduk komodo atau benda-benda berunsur komodo lainnya. Pakaian yang dipakai ketika mengikuti parade ini juga tidak sembarangan, mereka yang ingin mengikuti parade ini harus mengenakan pakaian adat daerah tersebut, seperti menggunakan selendang songket, topi Re’a dan sebagainya.

Komodo Project Dalam Acara Festival
Komodo Project Dalam Acara Festival – tribratanewsmanggaraibarat.com

Terdapat berbagai macam kegiatan yang dilakukan dalam festival ini, seperti pentas seni budaya yang menampilkan tari tradisional, kegiatan menanam pohon, karnaval budaya hingga perlombaan di bidang olahraga seperti lomba voli pantai, perlombaan mendayung sampan hingga pemilihan duta wisata komodo.

Keseruan Acara Festival Komodo 2017
Keseruan Acara Festival Komodo 2017 – tribratanewsmanggaraibarat.com

Selain kegiatan diatas, adapula pameran-pameran seni yang sarat budaya, seperti pameran Kerjaninan Daerah dan Makanan Khas Daerah. Pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada dunia hasil seni masyarakat Manggarai serta memperkenalkan makanan khas daerah Manggarai yang memiliki harga jual tinggi. Serta untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Manggarai lewat pameran seni. Tak ketinggalan workshop caci juga meramaikan kegiatan dalam festival ini. Workshop caci juga mengundang para akademis dan tokoh-tokoh yang mengenal caci. Perluuu diketahui, pentas caci adalah salah satu tarian adat dari Manggarai Barat. Tahun ini, pentas caci akan dilakukan selama dua hari.

Melihat Keindahan Pulau Komodo
Melihat Keindahan Pulau Komodo – pesonaindo.com

Selain itu terdapat pula kontes foto yang ditujukan untuk meningkatkan promosi tempat wisata di Manggarai Barat dengan tema Komodo Beauty Photo Contest. Jumlah peserta dalam kontes foto ini juga tidak dibatasi, sehingga siapa saja bisa ikut dalam kontes ini.

Namun, Anda harus sedikit bersabar, karena untuk sampai ke tempat ini Anda membutuhkan waktu tiga jam dari bandara. Alasannya tidak lain adalah karena pemerintah ingin menjaga keamanan Komodo di pulau ini. Sehingga Anda harus bersabar denga menggunakan kapal selama tiga jam untuk sampai di Rinca dan Pulau Komodo dari bandara Labuan Bajo.

Festival ini akan membawa Anda para turis untuk lebih mengenal budaya dan keunikan Labuan Bajo dan adat istiadatnya.

Lokasi Diadakannya Festival Komodo 2017
Lokasi Diadakannya Festival Komodo 2017 – pulaukomodo.com
Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *