Home / Event / Festival Pesona Teluk Tomini, Eksotisme Sulawesi Tengah

Festival Pesona Teluk Tomini, Eksotisme Sulawesi Tengah

Teluk Tomini
Festival Pesona Teluk Tomini, Eksotisme Sulawesi Tengah
Rate me? =)

Hallo sobat pengunjung setia wisatalah.com, kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata yang tak kalah menarik dari Sulawesi Tengah yaitu Teluk Tomini. Teluk asal Sulawesi Tengah ini memiliki luas lebih dari 6 juta hektar. Sangat luas kan sobat ?. Dengan area yang seluas itu, Teluk Tomini memiliki berbagai macam kekayaan sumberdaya alam. Seperti apakah eksotisme Teluk Tomini ini? Mari simak ulasan berikut.

Festival Pesona Teluk Tomini, Eksotisme Sulawesi Tengah
Sumber: kesiniaja.com

Sebagai salah satu teluk terluas di Dunia, Teluk Tomini memiliki gugusan pulau-pulau yang indah dan dilengkapi dengan terumbu karang nan menakjubkan. Selain itu, terdapat pula pohon-pohon mangrove yang berjejer di pinggiran pantai semakin melengkapi keindahan teluk di Sulawesi Tengah ini. Hingga saat ini, terdapat sekitar 90 pulau yang berada di Teluk Tomini. Salah satunya yang paling terkenal adalah Kepulauan Togean.

Teluk Tomini sebagai destinasi wisata terkemuka di Indonesia memiliki berbagai keajaiban yang akan membius mata dan membuat wisatawan jatuh hati. Tak tanggung-tanggung, Teluk Tomini pun mendapat dijuluki sebagai jantung segitiga karang dunia dengan keanekaragaman hayati (Coral Triangle with biodiversity) yang sangat indah.

Festival Pesona Teluk Tomini
Sumber: www.imgrum.org

Teluk Tomini pernah dijadikan ajang Sail Tomini 2015 yang turut mendatangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan digelar pada 19 September 2015 silam di Pantai Pangi, Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Pada saat itu, Festival diadakan dengan mengangkat tema “Mutiara Khatulisttiwa Untuk Kehidupan Masa Depan”.

Keseruan Festival Teluk Tomini
Sumber: microsite.metrotvnews.com

Mengisi awal kuartal ke-II tahun 2017, Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, akan menggelar kembali Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT). Dengan menggunakan eks lokasi Sail Tomini 2015 di Dusun Kayubura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah, yang berada sekitar 75 kilomoter dari Kota Palu, Sulawesi Tengah, Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) akan digelar mulai tanggal 1 – 9 April 2017.

Acara Festival Teluk Tomini
Sumber: antarasulteng.com

Seperti biasa, sebelum memasuki acara puncak FPTT 2017, akan digelar beberapa even seperti:

  1. Tanggal 01 April 2017. Diadakan Lomba Lari EQUATOR 10 KM di Tugu Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan. LLE 10 KM ini diikuti lebih dari 1.500 peserta yang terdiri dari 1.370 orang Pelari Tingkat Pelajar Se-Sulawesi Tengah, 115 orang Pelari Nasional, dan 31 orang pelari mancanegara.
  2. Tanggal 03 April 2017. Lomba Perahu Layar Jarak Tempuh 350 km. Event ini di mulai dari Kecamatan Moutong, perbatasan dengan Provinsi Gorontalo dan berakhir di Pantai Dusun Kayu Bura pada 09 April 2017 (Sekaligus dimulai Puncak Acara).
  3. Tanggal 04 April 2017. Pembukaan Festival Musik Teluk Tomini Genre Dangdut, Pop dan Rock. Event ini diadakan di Eks Lokasi Sail Tomini 2015, di Kayu Bura.
  4. Tanggal 06-07 April 2017. Festival Musik, Lomba Group Band se-Sulawesi.
  5. Tanggal 07 April 2017. Gema Cermat, yaitu Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat. Program tersebut telah lama dijalankan masyarakat Sulawesi Tengah. Untuk mendukung jalannya program FPTT 2017 mengadakan Jalan Santai Massal serta Talk Show.
  6. Tanggal 08 April 2017. Pembukaan Festival Kuliner, Lomba Lukis, dan Pameran Kerajinan Tangan Rakyat.
  7. Tanggal 09 April 2017. Merupakan Acara Puncak FPTT 2017 serta pegelaran Tomini Fashion Carnival yang diisi oleh peserta grand show dari Kota Malang dan Mancanegara.
Teluk Tomini Bay
Sumber: telertraveller.blogspot.co.id

Pada acara puncak, Festival Pesona Teluk Tomini 2017 menampilkan lomba karnaval dan busana-busana tradisional dari berbagai wilayah yang ada di Parigi Moutong. Selain itu, terdapat pula pameran makanan tradisional pembakaran lalampa terpanjang dan lomba makanan khas daerah.

Antusiasme Festival Pesona Teluk Tomini
Sumber: microsite.metrotvnews.com

Bagaimana sobat ? Sangat indah nusantara ini, tak ada henti-hentinya bumi pertiwi menunjukkan keindahannya. Jangan lewatkan Teluk Tomini sebagai salah satu destinasi wisata yang harus sobat kunjungi.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *