Home / Tempat Wisata / Melihat Kemegahan Istana Siak Sri Inderapura Di Riau

Melihat Kemegahan Istana Siak Sri Inderapura Di Riau

Melihat Kemegahan Istana Siak Sri Inderapura Di Riau
Melihat Kemegahan Istana Siak Sri Inderapura Di Riau
Rate me? =)

Istana Siak Riau – Pernahkan Anda terbesit untuk berlibur menuju Indonesia bagian Barat yakni Sumatera? Tepatnya di daerah Riau. Jika Anda belum pernah menginjakkan kaki dan mencuci mata di wilayah tersebut, inilah saatnya! Wisatalah memiliki tempat mengagumkan yang recommend untuk Anda kunjungi ketika berada di Riau yakni Istana Siak Sri Inderapura. Di sana, Anda akan melihat kemegahan kerajaan yang sempat besar di bumi Nusantara.

Ruangan Istana Siak Sri Inderapura
Ruang Utama Istana Siak Sri Inderapura – Image: www.gosumatra.com

Sejarah mencatat bahwa Kerajaan Siak berjaya pada tahun 1723-1858 di Pekanbaru, Riau. Kerajaan ini adalah kerajaan besar dan ini bisa dilihat dari bangunan istana dan masjid yang megah. Untuk menuju Kerajaan Siak, Anda harus menempuh perjalanan sekitar empat jam dari Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan selanjutnya ditempuh dengan menyusuri Sungai Siak menggunakan kapal feri.

Istana Kerajaan Siak Riau
Perjalanan menuju Istana Kerajaan Siak Image: http://www.telusurindonesia.com/

Kerajaan Siak terletak di Desa Siak Sri Indrapura, Kabupaten Bengkalis, atau 130 km dari kota Pekanbaru. Konon, nama Siak diberikan oleh orang-orang Batak yang merantau melalui jalur sungai yang di pinggirnya banyak terdapat pohon sejenis lada. Tapi, menurut sumber lain kata Siak berasal dari bahasa Arab yang artinya orang alim atau penjaga masjid.

Bagian Istana Kerajaan Siak Sri Inderapura
Suasana Di Dalam Istana Kerjaan Siak Saat Ini – Image: http://padmagz.com/

Kerajaan Siak memiliki arsitektur bangunan dengan corak Melayu bercampur Eropa. Wajar saja, sebab pembangunannya dilakukan oleh arsitektur dari Jerman. Luas dari Istana Siak Sri Inderapura ini cukup luas yakni 30 m x 15 m dengan 13 ruangan di dua lantai. Lantai dasar memiliki 8 ruangan, dan di lantai dua ada 5 ruangan. Lantai dasar digunakan untuk pertemuan pembesar kerajaan dan juga sebagai tempat menjamu para tamu kerajaan.

Salah Satu Ruangan Istana Kerajaan Siak Sri Inderapura Riau
Salah Satu Ruangan Istana – Image: https://liandamarta.files.wordpress.com

Di lantai dasar diisi dengan seperangkat peralatan istana, tombak kerajaan, payung kerajaan, kursi makan dan mejanya yang terbuat dari kristal tampak tertata rapi. Beraneka macam lampu hias yang menonjolkan suasana asri serta duplikat singgasana kerajaan yang berbalut (sepuh) emas yang disimpan dalam bejana kaca terletak di sudut ruangan lainnya. Dalam ruangan ini juga terdapat sebuah cermin permaisuri yang juga terbuat dari kristal.

Tangga Istana Kerajaan Siak Riau
Tangga Istana Yang Mewah – Image: https://liandamarta.files.wordpress.com

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata ini, tak perlu merogoh kocek yang tinggi karena Anda cukup menyiapkan Rp3.000,- untuk tiket dewasa dan Rp 2.000,- untuk anak-anak. Berkunjunglah pada hari Senin s/d Kamis pada pukul 09.00 – 16.00 WIB jika Anda ingin berkunjung di waktu yang tidak terlalu ramai. Namun jika Anda berkunjung di akhir pekan, Anda hanya bisa mengunjungi pada hari Jum’at pukul 13.45 – 16.00 WIB. Jangan lupa untuk siap sedia dengan kamera ataupun smartphone berkamera Anda untuk mengabadikan setiap momen di sudut Istana Kerajaan Siak ini, ya!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *