Home / Tempat Wisata / Jalur Pendakian Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo

Jalur Pendakian Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo

Sunrise Gunung Prau Dieng Wonosobo
Jalur Pendakian Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo
Rate me? =)

Gunung Prau yang berkolasi di Dieng Wonosobo ini baru-baru saja menjadi primadona baru bagi pendaki gunung. Padahal jika dibandingkan dengan pegunungan lain di Pulau Jawa, Gunung Prau Dieng ini memiliki ketinggian yang sedang dengan jalur yang tidak begitu sulit.

Jalur Pendakian Puncak Gunung Prau Dieng Wonosobo
via yukpiknik.com

Gunung Prau sendiri memiliki ketinggian 2.565 sekitar mdpl, termasuk dalam alam gunung dengan ketinggain sedang dibandingkan dengan beberapa gunung seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Slamet dan Unggaran. Namun, ada hal yang menarik dari Gunung Prau Dieng yakni fenomena sunset dan sunrise-nya yang ditawarkan bagi wisatawan.

Lokasi Dan Rute Menuju Gunung Prau Dieng

Gunung Prau terletak di perbatasan dari tiga kabupaten yakni Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, Kab. Batang dan Kab. Kendal. Sebutan nama Gunung Prau ternyata memiliki arti dari bentuk gunung tersebut yang memanjang menyerupai sebuah prau atau perahu. Selain itu, jalur pendakian yang paling terkenal, singkat dan cepat adalah dari arah wisata alam Dieng. Maka dari itu banyak pendaki yang menyebut gunung ini masuk ke dalam area wisata Dieng.

Keindahan Jalur Pendakian Gunung Prau Dieng Wonosobo
via yukpiknik.com

Untuk mendaki menuju Gunung Prau, Anda bisa melalui jalur utara yang dimulai dari Kabupaten Kendal yakni jalur pendakian Desa Kenjuran yang terletak di Kecamatan Sukoreja. Jalur ini memakan waktu selama 6 jam perjalanan dan memiliki rute yang sedikit terjal.

Untuk jalur kedua adalah yang paling ramai yakni jalur selatan melalui wisata alam Dieng. Pendakian dapat Anda mulai dari Dieng atau Desa Patak Banteng, sebuah desa yang berlokasi di pintu masuk sebelum Dieng. Pendakian dengan jalur ini memakan waktu 3 jam, lebih cepat dari jalur pertama. Di jalur ini juga terdapat 3 pos pendakian yang di mana Anda dapat beristirahat untuk mengumpulkan tenaga dan mendirikan camp.

Sunrise Gunung Prau Dieng

Bagi pengunjung yang belum pernah mengetahui Gunung Prau Dieng, tempat ini masih sering dipandang sebelah mata. Mungkin karena jalur pendakian Gunung Prau yang terlalu mudah dan ketinggiannya yang masuk dalam kategori medium. Namun setiap pendakian tidak hanya dilihat dari tingkat kesulitan dan ketinggian gunung yang di daki. Hal yang paling penting adalah pengalaman dan tentunya fenomena alam yang akan Anda dapatkan.

Sunrise Gunung Prau Dieng Wonosobo
via http://piknikasik.com/

Pengalaman terbaru yang akan Anda rasakan ketika di Gunung Prau adalah sunrise yang sangat indah dan eksotis. Sunrise terbaik di tempat ini akan muncul ketika peralihan di bulan Desember dan Januari. Karakteristik sunrise di bulan tersebut ialah matahari dengan garis tepi yang tegas dan jelas, nampak sebuah gradasi dari bagian dalam matahari hingga tepinya yang berpendar.

Bukit Teletubis di Gunung Prau
via diengbackpacker.com

Selain keindahan sunrise-nya, Gunung Prau juga terkenal dengan Bukit Teletubiesnya. Sebuah view sabana di atas gunung dengan bukit setengah lingkaran kecil menyerupai Bukit Teletubies di acara TV. Ketika ingin mengunjungi Bukit Teletubies ini, waktu yang paling tepat adalah pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *