Home / Tempat Wisata / Jembatan Kelok 9 Payakumbuh Sumatera Barat

Jembatan Kelok 9 Payakumbuh Sumatera Barat

Jembatan Kelok 9 Sumatera Barat

Jembatan Kelok 9 – Jika Jawa Timur terkenal dengan Jembatan Suramadu nya yang indah dan Sumatra Selatan terkenal akan Jembatan Ampera nya yang megah, maka Sumatra Barat juga eksisi dengan memiliki Jembatan Layang Kelok 9. Sebagai jembatan kebanggaan Provinsi Sumatra Barat, Jembatan Layang Kelok 9 memiliki banyak sekali rahasia yang mengagumkan. Seperti apakah kisahnya ? Mari simak ulasan berikut.

Sejarah Jembatan Kelok 9 Dulu dan Sekarang

Jembatan Kelok 9 Dulu
Sumber: dabeltrue.wordpress.com

Pada mulanya, konstruksi Jembatan Layang Kelok 9 tidak semegah seperti yang kita kenal saat ini. Jemabatan ini bermula dari tahun 1910. Kondisinya bisa Anda lihat seperti gambar di atas. Badan jalan serta kondisi sekitar masih sangat sederhana sekali dan cukup rawan terjadi kecelakaan. Lokasi Jembatan yang berada sekitar 30 km sebelah timur dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat ini merupakan jalan lintas menuju Provinsi Riau. Panjang jalan ini pada mulanya mencapai 300 meter dan lebar sekitar 5 meter. Terdapat banyak tikungan yang tajam mencapai 180 derajat, kondisi jalan yang terjal, berbatasan langsung dengan 2 lembah dan 2 jurang serta berada di antara Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

Jembatan Kelok 9 Sekarang
Sumber: dabeltrue.wordpress.com

Mengingat pentingnya jalan lintas ini serta terjadi kecelakaan lalu lintas, maka pemerintah setempat membangun sebuah jembatan layang di atas jalan kelok 9 ini yang kini dikenal sebagai Jembatan Kelok 9 baru. Alasan dibangun sebuah jembatan pada jalan ini karena di lokasi terdapat banyak sekali bottleneck sehingga ruas jalan tidak bisa di tambah lagi.

Jembatan Kelok 9 Payakumbuh Sumatera Barat
Sumber: www.infosumbar.net

Dimulai dari tahun 2003, Jembatan Kelok 9 mulai dibangun. Proyek yang menghabiskan dana mencapai Rp 580,8 milliar ini menghasilkan jembatan dengan panjang keseluruhan mencapai 2.537 meter yang terdiri dari 6 jembatan masing-masing membentang sepanjang 20, 230, 65, 462, 31, dan 156 meter. Tinggi jembatan ini bervariasi yang mana sekitar 40 – 70 meter. Jembatan ini pun memiliki jalan penghubung mencapai 1.537 meter dengan ruas mencapai 13,5 meter seperti yang terlihat pada gambar di atas. Arsitektur jembatan ini dibangun meliuk-liuk seperti ular yang menyusuri 2 dinding bukit barisan yang terjal. Setelah pembangunan selesai, jembatan ini telah diresmikan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Oktober 2013 silam.

Jembatan Kelok 9 Dari Atas
Sumber: Dok. Kementerian PUPR Sumbar

Pada tahun 2016, dibangun sebuah taman rekreasi di Jembatan Kelok 9 ini. Taman tersebut di bangun di sekitar area groundsill pada jembatan. Groundsill tersebut bisa Anda lihat pada foto di atas yang menyerupai kolam. Kemudian disekitar groundsill tersebut terdapat taman yang sekarang menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Payakumbuh. Di tempat ini juga tersedia taman bermain untuk anak-anak serta menu kuliner makanan khas setempat. Jadi Anda bisa menikmati suasana alam ala groundsill Jembatan Kelok 9 sambil menikmati makanan khas setempat dan mendokumentasikan liburan dengan berbagai spot foto menarik dan unik. Bahkan hingga saat ini, telah banyak wisatawan lokal maupun asing yang memasukkan Jembatan Layang Kelok 9 ke dalam list destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Keindahan Jembatan Kelok 9 Payakumbuh

Jembatan Kelok 9 Bukit Barisan
Sumber: dabeltrue.wordpress.com

Desain arsitektur dan konstruksi yang gagah di tengah-tengah panorama alam hutan tropis sangat jarang di temui. Jembatan Layang Kelok 9 menghadirkan keindahan panorama tersebut kepada Anda. Dengan menyusuri jembatan, Anda akan dijamu oleh konstruksi bangunan jembatan yang kokoh dibalut oleh panorama alam hutan bukit barisan. Sejuknya udara di kawasan ini menjadi daya tarik tambahan bagi wisatawan. Di sepanjang sisi jembatan tersedia ruang yang cukup bagi pendatang untuk memarkirkan kendaraan dan menikmati keindahan arsitektur jembatan ini. Tak sampai disitu, kondisi jalan di sepanjang jembatan sangat mulus. Bagi Anda yang ingin menikmati suasana panorama alam Jembatan Kelok 9 Payakumbuh, berikut ini kami berikan beberapa spot foto menarik yang di ambil oleh wisatawan.

Jembatan Kelok 9 Di Malam Hari
Sumber: dabeltrue.wordpress.com

Sedikit tips bagi Anda yang ingin mengunjungi Jembatan Kelok 9 Bukit Barisan, berhati-hatilah mengendarai kendaraan di sepanjang jembatan karena jembatan ini langsung berbatasan dengan jurang dan jika Anda ingin mengabadikan momen dengan sudut pandang yang lebih apik, Anda bisa menggunakan drone. Demikianlah ulasan singkat mengenai Indahnya Jembatan Kelok 9 Sumatra Barat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5,00 (1 votes)
Loading...

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *