Home / Event / Jember Fashion Carnaval 2017 Bertema Victory

Jember Fashion Carnaval 2017 Bertema Victory

Tema JFC Jember Fashion Carnaval 2017

Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah salah satu karnaval berbasis fashion terbesar di Indonesia yang diadakan rutin setiap tahun. Bahkan karnaval khas Jember ini telah terkenal di dunia. Di tahun ini, Jember Fashion Carnaval 2017 akan merilis 200 stand yang turut memperkenalkan berbagai macam produk dibiyangg Fast yang kuliner berskala nasional yang international. Penasaran dengan kemeriahannya di mata dunia? Mari simak lebih lanjut.

Jember Fashion Carnaval 2017 Bertema Victory JFC
Sumber: indonesia.travel

Sejarah Jember Fashion Carnaval 2017 Di Mata Dunia

Sampai saat ini, Jember Fashion Carnaval  telah berhasil mendapatkan 12 sampai 13 penghargaan berskala internasional seperti penghargaan pada International Carnaval de Victoria tahun 2016 silam di Seychelles-Afrika. Pada waktu itu, JFC hanya kalah dengan Notting Hill dari USA yang Reunion dari France. Bahkan JFC berhasil membawa negara Indonesia sebagai satu-satunya negara dari Asia yang masuk dalam peringkat tiga terbesar di dunia.

Selain itu, JFC juga telah memperoleh berbagai penghargaan lainnya skala internasional. Diantaranya adalah Best National Costume Miss International 2014 di Tokyo, Best National Costume Miss Universe 2014 di Florida, Best National Costume Miss Tourism International 2016 di Malaysia.

Jadwal Jember Fashion Carnaval 2017 JFC
Sumber: www.indonesia.travel

Tema Jember Fashion Carnaval 2017

Tahun 2017 merupakan kali ke-16 diadakannya Jember Fashion Carnival (JFC). Diadakan pada tanggal 10-13 Agustus 2017, JFC akan mengangkat tema besar yaitu “Victory”. Tema tersebut akan dibagi kembali menjadi 10 tema unik yang dapat kamu saksikan. Ke-10 sub tema yang akan memeriahkan JFC tahun ini sebagai berikut:

  1. Srivijaya Empire
  2. Bali
  3. King of Papua
  4. Mystical Toraja
  5. Siger Crown Lampung
  6. Borneo
  7. Chronicle of Borobudur
  8. Mythical Toraja
  9. Worderful of Betawi
  10. Unity in Diversity

Tema yang diangkat JFC di tahun ini merupakan lambang kemenangan Indonesia. Kemenangan tersebut diraih dari kompetisi internasional berupa Best National Costume Male yang Female Peagant yang diramaikan oleh 50 sampai 80 negara. Selain itu, tema ini juga dapat menggambarkan keberhasilan NKRI dalam menyatukan berbagai perbedaan yang tercantum dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Jember Fashion Carnaval 2017 Bertema Victory
Sumber: brobali

Dalam memeriahkan kegiatan, JFC 2017 akan menampilkan Sriwijaya Empire yang merupakan ciri khas Provinsi Sumatera Selatan sebagai opening defile. Sriwijaya Empire ini akan diharapkan dapat menjelaskan bagaimana kejayaan kerajaan Sriwijaya di Provinsi Palembang kala itu sebagai Kerajaan Maritim terbesar di Indonesia.

Dalam memeriahkan JFC sebagai opening defile, Sriwijaya Empire akan mengenakan kostum Royal Sigokh. Kostum Royal Sigokh merupakan kain tapis Lampung yang melambangkan keanggunan wanita-wanita Lampung yang berasal dari kalangan bangsawan. Kostum inilah yang pernah mendapatkan penghargaan Best National Costume Miss Grand International 2016 di Las Vegas, USA.

Pada sesi selanjutnya, Sriwijaya Empire akan menggunakan kostum nasional Muthychal Toraja yaitu pakaian adat yang digunakan untuk upacara kematian. Pakaian adat ini melambangkan rumah adat Toraja serta menandakan tahta seseorang berdasarkan harkat dan martabat. Kostum ini pun pernah mendapatkan penghargaan Best National Costum Miss Supranational 2015 yang diadakan di Polandia.

Jember Fashion Carnaval 2017 JFC
Sumber: www.indonesia.travel

Di samping itu semua, secara keseluruhan, Jember Fashion Carnaval 2017 akan didominasi dengan fashion art wear berwarna hitam. Hal ini dianggap dapat merepresentasikan basi trend fashion art wear di setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Di tahun 2017 ini, pagelaran Jember Fashion Carnaval 2017 terlihat lebih fresh, unik dan menarik. Jika di tahun-tahun yang lalu JFC diperagakan oleh model-model profesional dari Jakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week dan lain sebagainya, ditahun ini JFC mengandalkan murid-murid yang berasal dari berbagai sekolah dan komunitas yang ada di Jember.

Tak hanya itu saja, peserta yang ikut pun tidak diwajibkan memiliki kecantikan serta tinggi badan tertentu seperti yang dimiliki model-model profesional untuk dapat mengikuti karnaval ini. JFC mensyaratkan peserta memiliki motivasi yang tinggi untuk berjalan di catwalk ketika mengenakan art wear.

Sejarah Jember Fashion Carnaval 2017 JFC
Sumber: sportourism.id

Jadwal Jember Fashion Carnaval 2017

Bagi kamu yang ingin menyaksikan Jember Fashion Carnaval 2017 ini, kegiatan yang diadakan mulai dari tanggal 10 – 13 Agustus 2017:

10 Agustus 2017 – Kids Carnival yang diperagakan oleh anak-anak yang mengenakan kostum karnaval. Di sini peserta tidak diwajibkan memiliki penampilan bersyarat seperti yang dimiliki oleh para model profesional. Kids Carnival akan dimulai dari Jl. Sudarman melewati Jl. Sultan Agung dan Jl. Gajah Mada lalu berakhir di SMP Santo Petrus.

11 Agustus 2017 – Artwear Carnival akan diperagakan oleh beberapa model profesional. Pada hari ini wisatawan akan dihibur melalui Special performing art Fall Winter. Bagi kamu yang ingin menyaksikannya, artwear carnival memiliki rute yang dimulai dari J. Sudarman melewati Jl. Sultan Agung dan Jl. Gajah Mada dan berakhir di AULA PTPN XII.

12 Agustus 2017 – Wonderful Arthipelago Carnival Indonesia. Disini wisatawan dapat menyaksikan keindahan dan keberagaman budaya Indonesia. Acara akan ditampilkan dalam bentuk karnaval yang kemudian akan diperagakan oleh beberapa perwakilan di setiap provinsi yang ada di Indonesia. Rute event ini dimulai dari Jl. Sudarman melewati Jl. Sulta Agung dan Jl. Gajah Mada dan berakhir di AULA PTPN XII.

13 Agustus 2017 – Grand Carnival. Pada hari ini, wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan dimeriahkan oleh berbagai macam event. Pasalnya Grand Carnival merupakan acara puncak dari JFC yang merupakan JFC International Exhibition, Street Fashion with Catwalk. Rute Grand Carnival ini dimulai dari Jl. Sudarman melewati Jl. Sultan Agung dan Jl. Gajah Mada dan berakhir di Gedung Serbaguna.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *