Home / Tempat Wisata / Kampung Pelangi Semarang Ngehits di Media Internasional

Kampung Pelangi Semarang Ngehits di Media Internasional

Kampung Pelangi Semarang
Kampung Pelangi Semarang Ngehits di Media Internasional
Rate me? =)

Kampung Pelangi Semarang – Kota Semarang kini memiliki destinasi wisata baru berupa Kampung Pelangi. Tempat wisata ini juga sedang menarik perhatian media-media internasional. Tak hanya populer di Instagram, atraksi wisata ini juga sempat terpajang di halaman Independent dan Vogue. Seperti apa sih, bentuk Kampung Pelangi Semarang ini?

Dahulu, kampung yang berada di Kelurahan Randusari, Semarang Selatan, Jawa Tengah itu merupakan salah satu perkampungan kumuh. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Tugu Muda dan Lawang Sewu yakni di sebelah Selatan, tepatnya di Jl. dr Sutomo. Sebelum masuk ke Kampung Pelangi, kamu akan melihat pasar bunga Kalisari di pinggir jalan yang kini sudah lebih tertata berkat renovasi.

Kampung Pelangi Semarang - Sebelum dan Sesudah
Pemandangan Kampung Pelangi sebelum dan sesudah diwarna-warni – hipwee.com

Kampung yang aslinya bernama Kampung Wonosari itu berada di bukit tengah kota. Kamu akan berdecak kagum karena tampilan rumah-rumahnya yang dicat warna-warni bagaikan pelangi. Walaupun proses pengecatan masih belum rampung, namun sudah banyak wisatawan domestik hingga mancanegara yang berbondong-bondong datang ke atraksi wisata ini, terutama pada akhir pekan. Tak heran, tagar #kampungpelangi lagi ngehits banget di Instagram.

Proyek ini bermula dari rencana perbaikan Pasar Bunga Kalisari yang diinisiasi pemerintah kota tahun lalu. Pasar bunga yang berada persis di depannya itu diharapkan bisa menjadi destinasi wisata baru bagi para turis. Tetapi setelah perbaikan itu selesai, keindahan pasar ini tidak didukung oleh perkampungan dibelakangnya yang terlihat kumuh

Dari situlah munculah ide dari sang kepala sekolah bernama Slamet Widodo (55), orang yang menginisasi kampung bantaran sungai ini menjadi warna warni. Inspirasi tersebut didapat dari kampung bantaran sungai Code di Yogyakarta dan Jodipan di Malang. Sebanyak 232 rumah telah dicat warna warni sejak 15 April 2017, tak lupa dihiasi dengan seni mural yang unik. Walikota Semarang, Hendrar Priyadi bahkan ikut turun untuk mengecat langsung rumahnya, lho.

Kampung Pelangi Semarang - Seni Mural
Tak hanya dicat warna-warni, Kampung Pelangi juga dilukis dengan seni mural yang unik – boredpanda.com

Tak hanya sisi rumah yang terlihat dari jalan besar saja yang warna warni. Berbagai warna pun dipadukan, mulai dari jembatan hingga ke jalan kampung yang merupakan gang kecil dan menanjak. Eksplorasimu di Kampung Pelangi Semarang ini dijamin seru, karena rumah-rumah yang berada di dalam gang juga dicat bahkan dilukis indah. Bikin kampung wisata ini makin Instragammable banget, deh!

Berkat keunikan dari warna warni Kampung Pelangi Semarang, media internasional selain Independent dan Vogue seperti Bustle, Malaysia Digest, serta Buzzfeed ikut memberitakan keindahan desa ini. Mereka menyebutnya sebagai “Rainbow Village”, artian dalam bahasa Inggris dari Kampung Pelangi. Usut punya usut, pengecatan kampung ini memakan dana hingga Rp 300 juta.

Kampung Pelangi Semarang - Media
Kampung Pelangi yang memenuhi laman media-media internasional – brilio.net

Selain meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung, warna warni di kampung ini juga membawa perubahan sendiri bagi warga setempat. Kini, warga menjadi lebih peduli dan sadar akan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya. Nah, untuk sobat yang berkesempatan ke Kampung Pelangi, jangan lupa untuk turut serta menjaga kebersihan di sana, ya.

Dengan berkembangnya Kampung Pelangi Semarang hingga mendunia di internasional, otomatis ekonomi masyarakat Kampung Wonosari akan meningkat. Kampung Pelangi juga telah menghidupkan kembali nafas kehidupan masyarakat bantaran sungai yang sebelumnya identik dengan kemiskinan.

Kampung Pelangi Semarang - Kebersihan Lingkungan
Kebersihan lingkungan di Kampung Wonosari pun sangat terjaga – travel.akurat.co

Yuk, kita juga membantu mereka untuk mencerahkan kembali Kampung Pelangi Semarang. Semoga kampung-kampung lainnya di Indonesia juga menyusul, ya.

Yuk di-Share :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
  •  
    1
    Share
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *