Home / Tempat Wisata / Pesona Kawah Ijen The Blue Fire Jawa Timur

Pesona Kawah Ijen The Blue Fire Jawa Timur

Pesona Kawah Ijen The Blue Fire Jawa Timur
Pesona Kawah Ijen The Blue Fire Jawa Timur
Rate me? =)

Banyuwangi dikenal sebagai Sunrise of Java. Julukan tersebut bukan serta merta sebagai julukan saja. Melainkan Banyuwangi benar-benar kaya akan wisata alam nan indah dan mengagumkan. Salah satunya adalah The Blue Fire yang merupakan kawah Gunung Ijen di antara Banyuwangi dan Bondowoso yang menyemburkan api berwarna biru. Seperti apakah keindahan Kawah Ijen The Blue Fire asal Banyuwangi ini, mari simak ulasan selengkapnya.

Pesona Kawah Ijen Blue Fire
Sumber: malesbanget.com

Gunung Ijen merupakan gunung yang masih aktif dan berada di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso dan menjadi salah satu ikon pariwisata alam di Jawa Timur. Jika di ibaratkan sebagai suatu produk, Gunung Ijen merupakan kompetitor terberat Gunung Bromo. Pasalnya, Gunung yang berasal dari Banyuwangi ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan berbeda dari gunung-gunung pada umumnya. Oleh karena itu, tak heran bila setiap harinya Kawah Ijen selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bahkan di akhir pekan, Kawah Ijen Blue Fire akan dipenuhi lebih dari 2 ribu wisatawan. Setiap tahunnya, wisatawan yang datang ke lokasi ini terus bertambah.

Kawah Ijen memiliki luas mencapai 2.560 hektare dan termasuk hutan wisata yang memiliki luas 92 hektare. Ketinggian Gunung Ijen mencapai 2.443 mdpl yang berada dekat dengan gunung api aktif yaitu Gunung Raung dan Gunung Merapi.

Kawah Ijen Blue Fire
Sumber: malesbanget.com

Salah satu daya tarik Gunung Ijen terdapat pada puncaknya yang mana sobat akan menemukan kawah yang di dasarnya terdapat danau. Uniknya, kawah Gunung Ijen berbeda dari kawah gunung-gunung lainnya. Di Gunung ini, sobat akan menemukan fenomena alam yang sangat jarang terjadi yaitu Blue Fire atau Api Biru. Kawah Gunung Ijen memang memancarkan api berwarna biru yang dihasilkan dari pembakaran gas belerang dan berkontraksi dengan udara pada suhu  di atas 360 derajat celcius.

Untuk dapat melihat fenomena alam asal Banyuwangi ini, sobat harus rela mendaki Gunung Ijen mulai dari jam 12 malam. Karena Blue Fire akan terjadi sekitar jam 2 sampai 4 pagi. Perlu sobat ketahui, suhu udara di kawah Gunung Ijen pada tengah malam sangat dingin sekali bahkan dapat mencapai 2 derajat celcius. Jadi sobat perlu mengenakan jaket dan celana panjang agar tidak kedinginan. Namun ketika mencapai puncak, pengorbanan sobat akan terbayar lunas atas pesona Blue Fire yang mengagumkan. Keindahan Kawah Ijen The Blue Fire tak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Bahkan kata “amazing” sekalipun belum cukup menjelaskan keindahan fenomena alam yang unik milik Indonesia ini.

Lokasi Kawah Ijen Banyuwangi
Sumber: malesbanget.com

Kawah Ijen Blue Fire merupakan sebutan bagi danau yang ada di atas Gunung Ijen. Danau ini terbentuk dari proses erupsi Gunung Ijen yang menghancurkan lerang pada moncong gunung sehingga membentuk kawah dan menampung air. Kawah ini cukup unik, yang mana terletak di tengah kaldera berdiameter 6 km dengan ukuran kawah sekitar 960 m x 600 m dengan kedalaman mencapai 200 meter dan termasuk terluas di Pulau Jawa. Posisi Kawah Ijen terletak pada 300 meter di bawah dinding kaldera.

Cara lain untuk menikmati fenomena alam Kawah Ijen adalah dengan melihatnya setelah fajar. Pemandangan yang tak kalah indah akan sobat temukan di pagi hari yang mana kawah yang berwarna hijau tosca akan berpadu dengan cahaya matahari yang berwarna merah keemasan.

Jalur Pendakian Kawah Ijen Blue Fire
Jalur Pendakian Kawah Ijen Blue Fire – travel.kompas.com

Kawah Ijen juga termasuk salah satu kawah dengan tingkat keasaman paling tinggi di dunia yaitu mendekati nol yang dapat melarutkan tubuh manusia dengan hitungan detik saja. Tetapi di balik itu semua, Kawah Ijen memberikan pesona alam yang menakjubkan dan sangat indah bahkan telah terkenal di dunia.

Bagaimana sobat, jangan lewatkan fenomena alam Kawah Ijen The Blue Fire dari daftar pertualangan sobat.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *