Home / Kuliner / 12 Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba

12 Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba

Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba
12 Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba
Rate me? =)

Piye kabhare? Apik yo? Berbicara mengenai Indonesia, negara tanah air tercinta ini rupanya kaya akan banyak hal, lho. Tidak hanya pulau, budaya, bahasa, tapi juga kulinernya. Salah satu yang sudah terkenal tentu saja wisata kuliner Jogja. Nah, buat Anda yang berencana mudik ke Jogja atau menyempatkan lewat Jogja namun bingung mau makan di mana. Simak deretan restoran di Jogja yang harus Anda coba di bawah ini:

  1. House of Raminten
Kuliner Jogja House of Raminten
Kuliner Jogja – House of Raminten (santapjogja.com)

Ingin mencoba nasi kucing di suasana restoran? Anda wajib mengunjungi tempat ini. Restoran  yang mengusung gaya antik dan elegan ini mempunyai menu nasi kucing yang disajikan khas restoran. Meskipun disajikan dengan konsep restoran, makanan di restoran ini tetap terjangkau jadi jangan khawatir. Anda yang suka kelaparan di tengah malam bisa mampir ke restoran ini karena House of Raminten buka hingga 24 jam, lho. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke tempat ini, Anda bisa bisa ke Jl. FN. Noto no. 7, Kotabaru, Yogyakarta.

  1. Sate Klatak Pak Bari
Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Bari
Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Bari (pengenliburan.com)

Bagi para pecinta AADC, pasti kalian ingat adegan ini. Adegan dimana Rangga mengajak Cinta untuk mencoba sate Klatak khas Yogjakarta. Tempat yang dijadikan lokasi syuting AADC ini adalah Sate Klatak Pak Bari yang terletak di Pasar Tradisional Jejeran, Desa Wonokromo, Pleret – Bantul. Semenjak film AADC 2 diputar, warung sate ini menjadi ramai dari biasanya. Sate ini berbeda dari sate kambing biasanya karena tusukannya bukan terbuat dari bambu melainkan jeruji atau jari-jari sepeda. Sate ini bisa dinikmati dengan tambahan kuah gulai yang segar. Kebayang kan nikmat dari sate ini?

  1. Il Tempo Gelato
Kuliner Jogja Tempo Gelato
Kuliner Jogja Tempo Gelato (theresia.com)

Para pecinta ice cream pasti tidak ingin melewatkan gelato lezat ini. Gelato yang terletak di Jalan Prawirotaman No. 43, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta ini memiliki tempat yang Instagram-able karena nuansa rustic yang dimilikinya. Gelato ini dibandrol dengan harga Rp 20.000 – Rp 115.000 tergantung jumlah scoop yang Anda inginkan. Varian gelato yang ditawarkan pun beragam dan unik. Ada rasa jahe, daun sereh, matcha, leci, red velvet, kelapa, caramel, berry, buah naga, nutella dan masih banyak lagi.

  1. The Sawah – Bantul
Kuliner Jogja The Sawah Bantul
Kuliner Jogja The Sawah Bantul (tripadvisor.com)

Untuk Anda yang ingin back to nature atau kembali ke alam, mampirlah ke The Sawah yang berlokasi di Sekarpetak RT/RW 01/37 No. 1, Bantul, Yogyakarta. Restoran ini berlokasi di tengah hamparan sawah yang dapat memberikan energi positif selagi Anda menyantap makanan yang dihidangkan. The Sawah banyak menyajikan masakan Jawa khususnya Yogyakarta seperti gudeg, soto, sate daging, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan pelayanan yang ramah saat order makanan yang Anda inginkan.

  1. Kesuma Restaurant
Kuliner Jogja Kesuma Restaurant
Kuliner Jogja Kesuma Restaurant (tripadvisor.com)

Jika Anda mengunjungi Kesuma Restaurant, anda harus mencicipi menu “Ayam Areh” yang menjadi menu favorit di Kesuma. Restoran ini sangat cocok untuk Anda yang datang bersama keluarga karena konsep open air membuat nuansa semakin cozy dan nyaman. Lokasi Kesuma berada di Gang Sartono, Mantrijeron, Yogyakarta.

  1. JeJamuran
Kuliner Jogja Jejamuran
Kuliner Jogja Jejamuran (nolkmjogja.blogspot.co.id)

Anda pecinta kuliner berbahan jamur? Hukumnya wajib untuk menikmati kuliner di JeJamuran. Restoran ini menggunakan jamur sebagai bahan utama dari seluruh menu yang dihidangkan. Ada sate jamur, jamur goreng, sambel jamur, sop jamur, hingga rendang jamur. Silahkan datang di Jalan Pramuka No. 53, Niron, Sleman, Yogyakarta untuk menikmati menu berbahan jamur yang harganya tidak menguras dompet Anda. Ingin bergizi dan murah? Langsung saja mampir ke Jejamuran.

  1. Roti Papi
Kuliner Jogja Roti Papi
Kuliner Jogja Roti Papi (tripadvisor.com)

Roti Papi ini terkenal sama menu spesialnya yaitu Sourma fries. Walaupun tempatnya mungil namun jangan meremehkan kelezatan makanan di tempat ini, terutama untuk menu Pizza. Roti Papi sangat cocok untuk Anda yang ingin nongkrong bersama teman-teman karena selain makan, Anda juga dapat membeli, dan membaca buku di lantai dua. Yuk, langsung saja Jalan Gejayan, Gg. Bougenville No. 1 Yogyakarta.

  1. Angkringan Kopi Joss – Lek Man
Kuliner Jogja Angkringan Kopi Joss
Kuliner Jogja Angkringan Kopi Joss (jajanjogja.com)

Nah, tempat yang satu ini juga wajib Anda kunjungi. Sego kucing atau nasi kucing yang berlauk oseng tempe, sambal teri, bandeng lengkap ada di sini. Belum lagi berbagai lauk sate yang beragam seperti sate usus, telur, kulit ayam, hati, ampela, dan masih banyak lagi. Soal harga jangan khawatir, siapkan uang Rp 20.000- Rp 30.000 Anda bisa mendapatkan nasi, lauk, dan minumannya. Murah, bukan? Angkringan ini bisa Anda temukan di kawasan Stasiun Tugu, Jogjakarta

  1. Gudeg Pawon
Kuliner Jogja Gudeg Pawon
Kuliner Jogja Gudeg Pawon (jajanjogja.com)

Warung gudeg ini emang legendaris. Walaupun baru buka pukul 21.00 malam, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. Rasa gudeg yang otentik dan legit menjadi daya tarik sendiri buat tempat ini. Jika anda ingin kesini, siap-siap untuk mengantri, ya. Lokasinya ada di Jalan Janturan No 36, Warungboto, Yogyakarta.

  1. Sate Klathak Pak Pong
Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Pong
Kuliner Jogja Sate Klathak Pak Pong (joshua-oscar.blogspot.co.id)

Tidak beda jauh dengan Sate Klathak Pak Bari, Pak Pong juga tidak kalah enaknya. Kuliner yang berada di Jalan Imogiri Bantul, Yogyakarta ini tidak boleh Anda lewatkan di dalam agenda wisata kuliner. Selain sate, Anda juga harus mencoba menu tongseng yang tidak kalah enaknya dengan sate klathak.

  1. Kalimilk
Kuliner Jogja Kalimilk
Kuliner Jogja Kalimilk (paramadinadino.blogspot.co.id)

Jika Anda sedang mencari tempat untuk nongkrong dan santai bersama keluarga, mampirlah ke Kalimilk yang berada di Jalan Kaliurang KM 4,9 Yogyakarta. Speciality di sini adalah susu murni dengan berbagai rasa seperti coklat, strawberry, mocca, cookies, caramel, durian, green tea, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan ringan seperti sandwich, roti bakar, dan risoles keju.

  1. Klinik Kopi
Kuliner Jogja Klinik Kopi
Kuliner Jogja Klinik Kopi (malesbanget.com)

Kafe ini menjadi terkenal semenjak sang barista bercakap-cakap dengan Rangga dan Cinta di dalam film AADC 2. Kafe yang berada di Kaliurang KM 7,5, Sleman, Yogyakarta ini memiliki keunikan yakni tidak menggunakan gula di dalam campuran seluruh kopinya. Ketika Anda melangkah ke dalam kafe, sang barista yang kerap dipanggil Pepeng ini akan bertanya, “Silahkan, suka kopi yang seperti apa?”, pertanyaan tersebut selayaknya Anda berada di sebuah klinik atau rumah sakit, bukan?. Lalu Anda cukup menyebutkan karakter kopi yang Anda suka, maka sang barista akan berusaha meracik kopi yang enak. Mengingat Klinik Kopi tidak menyajikan gula, maka mintalah krimer jika Anda merasa kopi tersebut terlalu pahit untuk lidah Anda. Selain krimer, Anda bisa mengurangi pahit tersebut dengan membeli berbagai macam camilan seperti roti bakar, atau pun cinnamon rolls.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *