Home / Kuliner / Legend! Ini 5 Kuliner Khas Semarang Selain Lumpia Yang Pas Buat Oleh-Oleh

Legend! Ini 5 Kuliner Khas Semarang Selain Lumpia Yang Pas Buat Oleh-Oleh

Kuliner Khas Semarang Makanan Tradisional Semarang
Legend! Ini 5 Kuliner Khas Semarang Selain Lumpia Yang Pas Buat Oleh-Oleh
5 (100%) 1 vote

Nama Kota Semarang memang sangat sulit buat dipisahkan dengan kuliner lumpia. Seakan-akan lumpia udah jadi kuliner khas Semarang yang wajib banget buat dicicipi plus dibawa pulang setelah berkunjung ke ibukota Jawa Tengah ini.

Namun, bener nggak sih kalau Semarang cuma punya lumpia? Ternyata nggak, lho! Ada banyak makanan khas Semarang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke kota cantik ini. Apa aja alternatif kuliner khas Semarang selain lumpia yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan?

Kuliner Khas Semarang Yang Wajib Anda Coba

  1. Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel Kuliner Khas Semarang
Source: traveltodayindonesia

Namanya spektakuler banget nih. Emang bisa ya, roti kamu jadiin buat pengganjal rel kereta? Duh, sebenarnya bukan juga kok. Roti ganjel rel ini adalah roti legendaris khas Semarang yang bentuknya seperti bantalan rel kereta, tapi nggak benar-benar digunakan buat mengganjal rel! Kuliner khas Semarang yang legend banget ini udah sulit ditemukan. Tapi kalau kamu mau membawanya sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang dan membelinya di Jalan Pandanaran, Semarang.

  1. Pisang Plenet

Alih-alih menyebutnya sebagai pisang plenet yang artinya ‘pisang yang ditekan’, orang terkadang menyebut nama menu kuliner khas Semarang ini sebagai pisang planet. Pisang plenet adalah warisan kuliner legendaris Semarang yang sudah ada sejak 1960-an. Karena makanan ini adalah makanan basah, kamu perlu untuk mempertimbangkan jarak tempuh antara kota asalmu dengan Kota Semarang sebelum membeli pisang plenet khas Semarang ini sebagai oleh-oleh.

  1. Tahu Pong Semarang
Tahu Pong Semarang Kuliner Khas Semarang
Source: traveltodayindonesia

Kuliner tahu emang nggak pernah ada matinya. Dari mulai olahan tahu basah hingga tahu yang dibuat keripik kering, semuanya jadi incaran banyak orang di mana-mana. Termasuk tahu pong Semarang ini. Tahu Pong adalah tahu dengan bagian dalam yang kosong alias kopong atau tanpa isi. Kuliner legendaris dari Semarang ini sudah ada sejak tahun 1930-an, lho.

  1. Spiku Semarang

Kue basah yang satu ini adalah kue andalan yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh dari ibukota Jawa Tengah ini. Spiku Semarang adalah menu kuliner khas Semarang yang terkenal lezat dan digemari banyak orang. Yang membuat spiku Semarang berbeda, spiku yang disajikan adalah spiku gulung dan bukan spiku lapis. Pasti nikmat banget dong buat menikmati spiku Semarang ini bareng minuman hangat, seperti teh atau kopi. Kamu bisa mengajak teman-temanmu menikmati potongan spiku sambil bercerita tentang serunya kunjungan kamu ke Semarang. Mantap!

  1. Moaci Gemini

Penggemar makanan manis wajib membawa kuliner khas Semarang berupa moaci sebagai oleh-oleh dari kota ini. Moaci Gemini adalah merk kue mochi yang udah lama jadi kesayangan para pecinta kuliner saat berwisata ke Semarang. Moaci Gemini adalah kue dari tepung ketan yang legit tapi kenyal. Isinya kacang cincang dan gula yang tentunya manis seperti kamu. Makanan tradisional legendaris khas Semarang ini bisa kamu beli di Jalan Kentangan Barat 101. Jangan khawatir, kue lezat ini sama sekali nggak mengandung bahan pengawet sehingga kamu bakal aman menyantapnya. Mau coba?

Moaci Gemini Kuliner Khas Semarang
Source: moacigemini

Itu tadi 5 kuliner tradisional Semarang yang bisa kamu bawa sebagai buah tangan saat berkunjung ke Kota Lumpia ini. Terbukti kan, Kota Semarang emang nggak cuma punya jajanan khas berupa lumpia aja. Masih ada berbagai macam kuliner khas Semarang yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke kota ini. Jadi, kapan kamu bakal berkunjung ke Semarang?

Yuk di-Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *