Home / Tempat Wisata / 7 Lokasi Menikmati Sunset Terindah di Indonesia

7 Lokasi Menikmati Sunset Terindah di Indonesia

Lokasi Sunset Terindah di Indonesia
7 Lokasi Menikmati Sunset Terindah di Indonesia
Rate me? =)

Menikmati detik-detik terbenamnya matahari pastinya menjadi salah satu bagian penting dari daftar perjalanan traveler. Namun, sudahkah kamu menjelajahi spot sunset terbaik yang tersebar di belahan Indonesia? Perjalananmu kurang nendang jika kamu belum mengunjungi 7 lokasi untuk menikmati sunset terindah di Indonesia versi Wisatalah ini. Dijamin puas!

  1. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Gili Trawangan
Penampakan eksotis Gunung Agung Bali saat matahari terbenam di sisi barat Gili Trawangan – (jonesaroundtheworld.com)

Di Gili Trawangan yang berada di sebelah barat laut Lombok ini, terdapat spot keren untuk menyaksikan sunset terindah di Indonesia.  Jika berkesempatan menjelajahi Gili Trawangan, bawalah dirimu untuk menyaksikan detik-detik matahari terbenam di kawasan pantai depan Hotel Ombak Sunset. Spot ini belum dikenal sebagian besar traveler, lho. Lokasi ini berada di sisi paling barat Gili Trawangan yang ramai dikunjungi traveler ketika senja tiba. Di pantai ini terdapat 3 buah ayunan yang dipasang sedikit menjorok ke laut. Tak ayal, ayunan ini kerap dijadikan spot untuk berfoto ria maupun selfie. Menariknya saat matahari mulai terbenam, akan muncul penampakan Gunung Agung yang terletak di Bali. Puncak gunung ini akan lebih jelas terlihat ketika cuaca cerah dan tidak berawan. Jika kamu berada di sana saat cuaca mendukung, kamu termasuk traveler yang beruntung. Puncak Gunung Agung Bali yang menjadi latar belakang senja Gili Trawangan sungguh eksotis!

  1. Gunung Bromo, Jawa Timur
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Gunung Bromo
Pantulan warna jingga yang pekat dan indah ketika matahari terbenam menyelimuti Gunung Bromo – wisatajatim.info

Keindahan sunset Gunung Bromo telah mendunia dan populer di kalangan traveler, namun tetap berhasil menyihir siapapun yang menyaksikannya. Terletak di Jawa Timur dan menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter dpl. Suhu udara di puncak Bromo pun dapat berkisar dari 2 hingga 20 derajat celcius. Dari atas puncak Bromo, kamu akan disuguhkan pemandangan akan kawah luas berdiameter 600 meter. Salah satu spot paling memikat untuk melihat detik-detik matahari terbenam adalah di Puncak Penanjakan. Ketika sang mentari telah kembali ke peraduannya, hamparan pasir luas diselimuti rona jingga yang memesona dijamin membuatmu berdecak kagum.

  1. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Labuan Bajo
Menikmati detik-detik sunset terindah di Indonesia dari Paradise Bar – telusurindonesia.com

Tempat wisata yang pernah dikunjungi oleh ‘The Doctor’ alias Valentino Rossi ini semakin marak saja di kalangan traveler. Jika ingin menikmati moment matahari tenggelam, cobalah beranjak ke kafe yang berada di salah satu bukit dekat Pelabuhan Labuan Bajo yakni Paradise Bar. Kamu bisa menyewa kendaraan seperti ojek motor atau mobil untuk mendatangi kafe ini. Berada di sisi tebing dan menghadap langsung ke laut, hamparan pulau-pulau kecil di sekitar kota paling timur di Nusa Tenggara Barat akan terlihat jelas, seperti Pulau Bajo, Pulau Monyet, Pulau Bidadari, Pulau Kelelawar, dan gugusan pulau lainnya. Tak hanya pemandangan mengagumkan pulau-pulau yang mengelilingi Paradise Bar saat sang surya tenggelam, kamu juga akan melihat aktivitas kapal-kapal maupun perahu di pelabuhan.

  1. Pura Tanah Lot, Bali
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Pura Tanah Lot Bali
Cantiknya Pura Tanah Lot diselimuti warna jingga keemasan saat sunset – flickr.com (Lily Liu @lliu)

Sebagian besar traveler pastinya menyempatkan diri untuk bersinggah ke Tanah Lot saat  sedang berlibur di Bali. Terletak di Desa Baraban, Kabupaten Tabanan, kamu akan menjumpai 2 buah pura yang berdiri kokoh di atas batu besar. Salah satunya berdiri di atas bongkahan batu karang dan satunya lagi berdiri di atas tebing. Saat air pasang, pura yang berdiri di atas bongkahan batu akan terkepung oleh air laut pantai Tanah Lot. Obyek wisata ini tak pernah sepi dikunjungi turis domestik maupun mancanegara lantaran populernya panorama indah saat sang surya tenggelam. Di sore hari sekitar pukul 18.30 WITA, kamu dapat menonton pementasan Tari Kecak dengan membayar sesuai tarif yang dikenakan. Pastinya akan menjadi pengalaman menarik untuk menyaksikan Tari Kecak dengan latar belakang matahari terbenam.

  1. Pantai Losari, Makassar
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Pantai Losari Makasar
Panorama langit kota Makassar menghiasi obyek wisata Pantai Losari – lokasiseru.blogspot.com

Obyek wisata ini merupakan ikon kota Makassar yang terletak di Jalan Penghibur, sebelah barat Makassar. Pantai Losari ramai dikunjungi oleh turis dari pagi, siang, hingga malam hari. Namun untuk waktu yang paling asyik, senja menjadi paling pas untuk bersantai di Pantai Losari. Menjelang sunset, pantai ini semakin padat dengan orang-orang yang sudah duduk di pinggir pantai menunggu sang mentari kembali ke peraduannya. Indahnya cahaya matahari akan mempertontonkan langit kota Makassar dengan pantulan warna-warna cantik dari biru terang ke perpaduan ungu, pink, dan jingga. Di sekitar Pantai Losari ada juga penjual makanan khas Makassar, salah satunya pisang epe. Pisang epe merupakan pisang yang dibakar di atas arang lalu disiram dengan saus gula merah. Akan terasa lebih nikmat ketika bersantai di Pantai Losari, menonton sunset terindah sambil menyantap pisang epe.

  1. Candi Ratu Boko, Yogyakarta
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Candi Ratu Boko Yogyakarta
Sunset terindah dengan siluet Candi Ratu Boko – pegipegi.com

Ada rencana ke Yogyakarta? Sempatkan dirimu untuk mampir ke Candi Ratu Boko, ya. Destinasi wisata ini menyuguhkan pengalaman seru untuk menikmati sunset terindah di Yogyakarta. Obyek wisata ini juga pernah dijadikan lokasi syuting film “Ada Apa Dengan Cinta 2”, lho. Candi Ratu Boko sendiri berada di sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 196 meter dpl di Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 3 km menuju arah selatan dari Candi Prambanan. Luasnya sekitat 25 ha dengan banyak tempat-tempat terbuka, akan lebih cocok mampir di sore hari agar agar terik matahari tidak terlalu menyengat. Menariknya, terdapat beberapa reruntuhan bekas kerajaan Boko, seperti gapura, candi pembakaran, pendopo, dan goa. Sehingga ketika sang mentari terbenam, reruntuhan tersebut menjadi siluet indah diselimuti pantulan cahaya warna langit dan merah keemasan. Dijamin bikin kamu yang mengaku sebagai pecinta sunset terpukau dan puas.

  1. Pulau Derawan, Kalimantan Timur
Lokasi Sunset Terindah di Indonesia Pulau Derawan
Dermaga kayu di Derawan, tampak cantik diselimuti langit jingga keemasan saat sunset – indahnyaperjalanan.com

Pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini dikenal turis lewat keindahan alam bawah lautnya. Terdapat ragam aneka biota laut di bawah air laut jernihnya seperti cumi-cumi, lobster, ikan pipa, gurita, belut pita, dan ikan scorpion. Kamu juga bisa melakukan aktivitas water sport seperti snorkeling atau banana boat. Menjelang sore hari, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan cantik dari sang matahari terbenam. Spot paling cocok untuk menikmati sunset Derawan adalah di tepi dermaga Derawan Fisheries, langsung menghadap ke laut lepas. Dermaga kayu yang berdiri di tengah perairan Derawan bisa menjadi objek foto menarik dengan latar sang surya turun kembali ke peraduan. Langit yang semula biru cerah menjadi perpaduan warna jingga, biru keunguan, kuning, dan merah keemasan. Dijamin bikin kamu jatuh cinta dengan kecantikan Pulau Derawan.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *