Home / Event / Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017 – Indahnya Mutiara Indonesia

Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017 – Indahnya Mutiara Indonesia

Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017 – Indahnya Mutiara Indonesia
Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017 – Indahnya Mutiara Indonesia
Rate me? =)

Pada kuartal ke 3 tahun 2017 ini, Lombok kembali menggelar Lombok Sumbawa Pearl Festival yang memamerkan kekayaan mutiara nusantara. Festival yang digelar di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini telah rutin di adakan sejak tahun 2010 silam. Setiap tahunnya, Lombok Sumbawa Pearl Festival akan di gelar pada bulan Agustus hingga bulan September. Seperti apakah keseruan festival bertaraf internasional ini ? Selengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017
Sumber: tempatwisataindonesia22.blogspot.co.id

Selain terkenal dengan keindahan pantainya, Lombok juga terkenal sebagai daerah penghasil mutiara kelas internasional. Bahkan setiap tahun Lombok terus menggelar festival pameran Mutiara Nasional yang mempertemuan penjual mutiara dari Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Maluku, dan Papua dengan pemebeli di seluruh dunia. Yang tak kalah menarik adalah, Lombok Sumbawa Pearl Festival turut menghadirkan perusahaan perhiasan mutiara hingga beberapa UKM pengrajin mutiara di Indonesia. Dari festival ini, seluruh negara di dunia dapat berpartisipasi untuk memeriahkan acara. Bahkan, beberapa negara tetangga seperti Hongkong, Singapura, Filipina, Tiongkok, Australia, dan Jepang selalu hadir dalam setiap perhelatan Lombok Sumbawa Pearl Festival.

Festival Mutiara Lombok Sumbawa 2017
Sumber: lifestyle.kontan.co.id

Tujuan utama di adakannya Lombok Sumbawa Pearl Festival adalah untuk meningkatkan industri mutiara di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satu daya tarik mutiara asal Lombok terdapat pada kemurniannya yang merupakan mutiara yang berasal dari budidaya pertanian kerang laut. Tersedia pula mutiara hingga 27 varian warna seperti gold, silver, dan putih dan lain sebagainya. Sehingga tak heran bila harga mutiara dari Lombok terbilang lebih mahal dibandingkan dengan mutiara asal negara tetangga. Meskipun demikian, festival pameran mutiara yang diadakan setahun sekali ini selalu berhasil mendatangkan pecinta mutiara dari berbagai negara di dunia seperti China, Inggris, Australia, dan lain sebagainya.

Koleksi Mutiara Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017
Sumber: thepresidentpostindonesia.com

Dalam memeriahkan Lombok Sumbawa Pearl Festival, serangkaian acara tradisional turut digelar seperti pertunjukan seni dan budaya masyarakat setempat, pameran inovasi dan kreasi, bedah buku, sastra, pameran mainan tradisional, seminar budaya, Mataram Carnival, Pekan Tenun Lombok Sumbawa, hingga terdapat pula pemilihan Miss Pearl Pageant. Dengan keberagaman kegiatan yang disusun, Lombok Sumbawa Pearl Festival berhasil menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia. disana wisatawan dapat melihat berbagai acara tradisional, seni dan budaya, serta beberapa kerajinan tangan masyarakat setempat.

Budidaya Mutiara Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017
Sumber: tempatwisata22.blogspot.co.id

Karena kemurniannya, tak sedikit pula mutiara asal Lombok di ekspor ke luar negeri. Bahkan 75% dari total produksi mutiara di ekspor k Tiongkok, Amerikas Serikat, Jepang, Jenewa, dan Swiss. Sementara sisanya di pamerkan pada Lombok Sumbawa Pearl Festival. Bagi sobat yang penasaran dengan keindahan mutiara asal Lombok, jangan lewatkan Lombok Sumbawa Pearl Festival 2017 sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *