Home / Kuliner / 10 Makanan Ekstrim Di Indonesia

10 Makanan Ekstrim Di Indonesia

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Lawar Bali
10 Makanan Ekstrim Di Indonesia
Rate me? =)

Indonesia terkenal sebagai surganya kuliner dunia karena memiliki keanekaragaman rasa. Namun, berbagai menu makanan asli Indonesia yang paling ekstrem ini mungkin akan mengejutkan Anda. Hewan seperti kelelawar, tikus hingga ulat menjadi bahan dasar menu makanan. So, apa saja sih daftar makanan ekstrim di Indonesia tersebut?

  1. Ulat Bulu Goreng dan Sate Ulat Bulu

Yang pertama adalah sate ulat bulu atau gorengan ulat bulu yang berasal dari Purworejo, Jawa Tengah. Masyarakat percaya mengkonsumsi ulat bulu dapat menyembuhkan sakit gigi. Namun Anda tidak perlu khawatir gatal-gatal karena ulat bulu yang digunakan berasal dari pohon turi dan tidak mengandung racun sehingga aman untuk dikonsumsi.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Ulat Bulu
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Ulat Bulu [bp.blogspot.com]
  1. Sate Biawak

Biawak merupakan hewan reptil yang biasa hidup di sungai atau rawa-rawa. Banyak yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi sate biawak, maka dapat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Tak sedikit penggemar sate biawak di dunia ini. Nayatanya, walaupun terlihat mengerikan, namun sate biawak ini masih saja laku dijual.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Sate Biawak
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Sate Biawak [Extraordinaryperson.wordpress.com]
  1. Belalang Goreng

Siapa yang tidak kenal dengan belalang goreng? Hewan yang kerap kali berada di daerah persawahan ini ternyata merupakan salah satu cemilan yang digemari masyarakat Indonesia. Insekta yang gemar melompat ini biasanya diolah dengan cara digoreng yang kemudian diberi bumbu-bumbu dengan rasa pedas, asin, manis, atau original.  Rasanya yang gurih ketika digigit. Tapi apakah Anda berani mencicipi makanan ekstrim Indonesia ini?

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Belalang Goreng
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Belalang Goreng [Panganpedia.com]
  1. Tikus Panggang

Selain sate biawak, ada pula makanan yang tidak kalah ekstrim yaitu tikus panggang. Menu makanan asal minahasa ini memiliki rasa seperti daging ayam panggang. Tidak perlu merasa gelisah, karena tikus yang digunakan bukanlah tikus yang seringkali kita usir di rumah, namun merupakan tikus yang ditangkap dari hutan yang belum terkontaminasi oleh sampah. Bersih sih, tapi sepertinya cukup menjijikan ya?

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Tikus Panggang Minahasa
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Tikus Panggang Minahasa [bp.blogspot.com]
  1. Jus Cacing Tanah

Ketika melihat cacing tanah, pasti rasanya jijik dan geli. Namun ternyata cacing tanah merupakan salah satu kuliner ekstrim nyang banyak digemari. Penyebabnya karena mampu mengobati penyakit tifus. Selain digunakan sebagai obat, protein yang ada pada cacing tanah juga dipercaya dapat menambah nafsu makan. Cara mengolahnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengeringkan cacing tersebut dan dijadikan serbuk sehingga nantinya bisa dijadikan jus.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Jus Cacing Tanah
Minuman Paling Ekstrim Di Indonesia – Jus Cacing Tanah [bp.blogspot.com]
  1. Sate Ulat Sagu

Berasal dari daerah yang sarat akan adat dan suku, Papua, sate ulat sagu menjadi salah satu makanan paling ekstrim di Indonesia. Sate ulat sagu merupakan makanan khas suku Kamoro. Ulat sagu bisa dikonsumsi mentah ataupun di sate. Ulat sagu dipercaya mengandung banyak vitamin yang juga berfungsi sebagai obat kuat. Ulat bertubuh gendut ini bisa ditemukan pada pohon-pohon yang sudah mati.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Sate Ulat Sagu
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Sate Ulat Sagu [Coklatkita.com]
  1. Paniki

Ingin mencicipi bagaimana rasa daging kelelawar? Jika iya, Anda bisa berkunjung ke kota Manado. Kota ini memiliki kuliner ekstrem yang berbahan dasar kelelawar, namanya paniki. Paniki merupakan daging kelelawar yang dimasak dengan santan dan diolah agar terasa pedas, khas dengan kuliner Manado yang mayoritas pedas. Namun bukan semata hanya karena menyukai rasa pedas, faktanya rasa pedas ini dapat menutupi bau amis si kelelawar tersebut. Selain diolah sebagai paniki, kelelawar juga bisa di buat sate ataupun digoreng.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Paniki
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Paniki [topbaru.com]
  1. Rujak Cingur

Rujak identik dengan berbagai macam buah-buahan yang dipadu dengan sambal. Namun berbeda pada rujak pada umunya, bahan dasar bahan dasar yang digunakan untuk membuat rujak ini adalah hidung sapi atau kerbau. Teman makan bersama olahan hidung sapi ini antara lain lontong, tahu, tempe, irisan beberapa buah seperti mentimun, mangga muda, bengkoang, dan nanas. Bumbu yang digunakan sebagai sambal pun juga sangat khas yaitu terbuat dari petis udang dan cingur. Agar terasa lebih nikmat, makanlah bersamaan dengan krupuk.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Rujak Cingur
Makanan Ekstrim Di Indonesia – Rujak Cingur [bp.blogspot.com]
  1. Pakasam

Pakasam berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya asam. Pakasam tidak dimakan dalam kondisi masih segar namun ikan yang  telah dibersihkan sisiknya harus direndam dalam larutan garam selama dua hari barulah bisa disebut pakasam. Kemudian diberi bakteri asam laktat dan disimpan dalam wadah selama seminggu, gunanya agar ikan berfermentasi.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Pakasam
Ikan Pakasam Dari Banjar [bp.blogspot.com]
  1. Lawar Bali

Kuliner yang satu ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang memeluk agama Islam. Sebab bahan baku yang digunakan dalam masakan ini berasal dari daging babi. Makan tradisional khas Bali yang disebut Lawar ini berbahan dasar daging babi, darah babi yang masih segar, parutan kepala dan bumbu rempah lainnya. Pada awalnya, hidangan ini hanya dikhususkan untuk disajikan pada upacara adat atau keagamaan. Namun kini hidangan ini menjadi salah satu menu yang disajikan di hotel berbintang di Bali.

Makanan Ekstrim Di Indonesia - Lawar Bali
Lawar Bali [topindonesiaholidays.com]
Semua jenis makanan ekstrim dan menjijikan di atas memang terlihat mengerikan. Namun dapat dipastikan olahan makanan dan minuman di atas tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Malahan sering kali memiliki nilai gizi yang tinggi lho. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *