Home / Tempat Wisata / 7 Mall Terbesar di Jakarta

7 Mall Terbesar di Jakarta

grand indonesia - mall terbesar di jakarta
7 Mall Terbesar di Jakarta
2.7 (53.33%) 3 votes

Mall Terbesar di Jakarta – Mal sudah sangat identik dengan gaya hidup warga Kota Jakarta. Bukan hanya sebagai tempat berbelanja, Mall juga dipakai oleh masyarakat Ibukota sebagai medium untuk berlibur, berwisata kuliner ataupun menggelar pertemuan informil dengan klien ataupun kolega bisnis.

Tak heran Mall begitu menjamur di Jakarta. Dan tak sedikit yang menjelma menjadi sebuah megastruktur ataupun supercomplex yang meramu kawasan hunian, pusat hiburan dan sentra bisnis menjadi satu. Sekarang kita akan membahas daftar mall terbesar di Jakarta yang pastinya sangat cocok untuk kamu jalan-jalan.

Daftar Mall Terbesar di Jakarta

1. Grand Indonesia

Mal Grand Indonesia ditulis sebagai salah satu mal terbesar di Jakarta oleh Majalah Forbes.
Mal Grand Indonesia ditulis sebagai salah satu mall terbesar di Jakarta oleh Majalah Forbes. Sumber

Grand Indonesia atau yang akrab disapa “GI” adalah Mall terbesar di Jakarta sekaligus termewah di Jakarta Pusat. Mal ini sudah berdiri sejak 2007. Secara keseluruhan, GI memiliki dua gedung mal utama, West Mall (Mal Barat) dan East Mall (Mal Timur) yang terhubung oleh jembatan bertingkat yang membentang di antara keduanya.

Tak hanya terdiri dari tempat perbelanjaan, komplek Grand Indonesia juga meliputi gedung perkantoran Menara BCA, hotel Kempinski dan gedung hunian dalam wujud Kempinski Private Residences.

Penggila shopping akan dimanjakan dengan berbagai tenant-tenant kelas dunia. Seperti Forever21, Muji, Zara, GAP, Levi’s dan masih banyak lagi. Selain itu, para pemburu film juga akan dimanjakan oleh CGV Cinemas yang hadir menjadi bioskop di Grand Indonesia.

Alun Alun Indonesia di Mall Grand Indonesia
Tampak depan Alun-alun Indonesia Specialty Store yang menjual produk warisan budaya Indonesia. Sumber

Selain tenant-tenant dari brand lokal maupun mancanegara, ada yang menarik di Mal Grand Indonesia ini, yaitu Alun-alun Indonesia. Store ini menawarkan produk dari sebaran kategori dengan gaya modern dan kontemporer yang tetap melekat dengan “rasa” Indonesia. Mengambil inspirasi dan tema kebudayaan, Alun-alun Indonesia mengkhususkan dirinya untuk para penikmat warisan nusantara.

Alamat : Jalan MH. Thamrin, No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.
Peta   : Go to map

2. Pondok Indah Mall

Mal Pondok Indah - Mal Terbesar di Jakarta Selatan
Pondok Indah Mall adalah salah satu mall terbesar di Jakarta Selatan. Sumber

Mal yang satu ini sudah sangat legendaris di benak warga Jakarta dengan akronim “PIM”. Pondok Indah Mal adalah salah satu Mall terbesar di Jakarta Selatan. Secara total, mal ini terdiri dari 3 gedung perbelanjaan, PIM 1, PIM 2 dan PIM extension yang bernama Street Gallery. PIM 1 dan PIM 2 terhubung dengan jembatan multi-lantai yang melintasi Jalan Metro Pondok Indah.

Di kedua gedung PIM 1 dan PIM 2, terdapat bioskop bagi Kamu para pecinta film yang dikelola oleh Cinema XXI.

Suasana di dalam mal Pondok Indah.
Suasana di dalam mal Pondok Indah, Jakarta Selatan. Sumber

Kawasan kompleks PIM pun akan diramaikan dengan kehadiran gedung perbelanjaan PIM 3 yang mulai dibangun sejak pertengahan tahun 2016.

Selain itu, tepat dibelakang Street Gallery, terdapat Pondok Indah Water Park. Di theme park ini, kita bisa mencoba wave simulator dan kolam renang. Juga tersedia taman bermain untuk anak-anak.

Disarankan bagi Kamu yang tinggal atau yang sedang stay di luar Jakarta Selatan dan ingin berkunjung ke PIM, gunakanlah Transjakarta untuk menghindari Kamu dari kemacetan menuju kawasan mal ini.

Alamat : Jalan Metro Pondok Indah Blok 3B, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.
Peta   : Go to map

3. Mall Kepala Gading

Mal Kelapa Gading, mal terbesar di Jakarta Utara dengan konsep supercomplex.
Mal Kelapa Gading, mall terbesar di Jakarta Utara dengan konsep supercomplex. Sumber

Mall Kelapa Gading memiliki nama panggilan “MKG” dan tidak dipungkiri Mal ini adalah Mall terbesar di Jakarta Utara (mungkin yang paling besar di Jakarta). Terletak di bilangan Kelapa Gading, komplek mal ini sambung menyambung menjadi satu terdiri dari gedung MKG 1, MKG 2, MGK 3, MGK 5, La Piazza dan Gading Food City.

MKG dibangun oleh developer ternama Indonesia PT. Summarecon dan sudah berdiri sejak 1990 (MKG 1).

Gedung La Piazza dari Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading.
Gedung La Piazza dari Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading. Sumber

Yang menarik dari MKG ini adalah sebuah kompleks yang berfokus soal kuliner. Gerai Kopi seperti Starbucks dan makanan cepat saji seperti Carl’s Jr meramaikan pilihan kuliner di La Piazza. Namun tidak hanya itu, La Piazza juga memiliki Cinema XXI untuk memanjakan para penggemar Hollywood.

Alamat : Jalan Boulevard Raya Blok M, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Peta   : Go to map

4. Central Park

Gedung Mal Central Park, Jakarta Barat
Komplek Mal Central Park yang menakjubkan di malam hari. Sumber

Nama mal ini diambil dari Central Park di Amerika Serikat, yaitu sebuah taman yang berada di tengah Kota New York, kawasan Manhattan. Mall Central Park atau yang sering disingkat “CP” merupakan sebuah mall terbesar di Jakarta Barat dan masuk dalam list 50 bangunan terluas di dunia ( luar biasa! ).

Terletak di daerah Grogol, Jakarta Barat, Mal Central Park terletak di kawasan Podomoro City. Kompleks mal ini tidak hanya terdiri dari gedung pusat perbelanjaan, tetapi juga terdiri dari gedung Hotel yang dikelola oleh Pullman, gedung perkantoran yang bernama APL Tower dan juga 3 tower apartemen.

Yang menjadi pusat dari komplek supermal ini adalah sebuah taman yang dikenal dengan nama Tribeca Park. Setiap harinya pengunjung dapat menikmati atraksi air mancur yang bersifat musikal lengkap dengan permainan lampu yang cantik.

Taman Tribeca di tengah Mal Central Park, Mall Terbesar di Jakarta Barat
Taman Tribeca di tengah Mal Central Park. Sumber

Tribeca Park dikelilingi kafe dan restoran yang menyuguhkan konsel alfresco dining. Kita dapat menikmati santap kuliner sambil menghirup segarnya udara di taman Tribeca.

Central Park juga terintegrasi dengan Neo Soho, sebuah pusat perbelanjaan dengan gedung perkantoran di atasnya. Central Park dan Neo Soho terhubung oleh sebuah jembatan yang bernama Eco Sky Walk. Jembatan ini tidak dipungkiri sangat instagrammable, khususnya pada malam hari dimana kamu bisa melihat lampu-lampu cantik yang menerangi kawasan Podomoro City dari sini.

Jembatan Eco Sky Walk yang menghubungkan Central Park dan Neo Soho.
Jembatan Eco Sky Walk yang menghubungkan Central Park dan Neo Soho. Sumber
Alamat : Jalan Letjen S. Parman Kav. 28, Jakarta Barat
Peta   : Go to map

5. Gandaria City

Tampak depan komplek Gandaria City, salah satu mal terbesar di Jakarta.
Tampak depan komplek Gandaria City, salah satu mall terbesar di Jakarta. Sumber

“Gancit” begitu sapaan lengkap dari Mal di daerah Gandaria, Jakarta Selatan yang bernama Gandaria City. Komplek Gandaria City ini terdiri dari pusat perbelanjaan setinggi 5 lantai, The Sheraton Grand Gandaria City hotel, tower apartemen dan gedung perkantoran. Semua area ini terhubung satu sama lain.

Dibangun oleh Pakuwon Group, salah satu developer kawakan di Indonesia, Mal Gandaria City menawarkan konsep yang unik.

Di Lantai 3, terdapat Skenoo Hall yang menjadi langganan event besar diselenggarakan seperti Konser Penyanyi Pitbull, Rapper dari Amerika Serikat.

Mainstreet di Gandaria City.
Mainstreet di Gandaria City. Sumber

Ada juga konsep mainstreet di Gandaria City. Dirancang oleh Genius Loci, seorang Interior Designer kelas dunia, Mainstreet Gandaria City merepresentasikan “jalan” dengan nuansa sebuah boulevard perkotaan, dari Batavia tempo doeloe sampai New York City. Sepanjang Mainstreet, terdapat cafe, restoran dan bistro yang pastinya dapat memenuhi wisata kuliner kamu. Restoran di Gandaria City menjadi tempat nongkrong favorit anak muda.

Bioskop Gandaria City terdapat di lantai paling atas, dikelola oleh Cinema XXI.

Dalam hal pelaksaan event, Gandaria City selalu tidak pernah sepi. Kamu bisa lihat langsung update dan event terbaru yang diselenggarakan di Gandaria City pada website resmi mereka.

Alamat : Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Peta   : Go to map

6. Senayan City

Komplek Mal Senayan City di sore hari.
Komplek Mal Senayan City di sore hari. Sumber

Satu persembahan lagi oleh Agung Podomoro di bilangan Senayan, Mall Senayan City. Mal yang resmi beroperasi sejak tahun 2006 ini memiliki beberapa catatan penting. Salah satunya adalah sebagai Mal yang mengawali kembalinya gerai makanan cepat saji, Burger King, di Indonesia.

Selain shopping mall, Senayan City juga memiliki office tower yang mayoritas dihuni oleh SCTV, salah satu perusahaan media tanah air tersohor. Tak pelak membuat gedung perkantoran ini dinamai dan dikenal luas sebagai SCTV Tower.

Salah satu microbrewery asal Singapura, Brewerkz, juga mengawali debutnya di Indonesia dengan membuka gerai disini. Memilih “Senci” sebagai lokasi perdana, tentunya karena jumlah pengunjung dan popularitas mall terbesar di Jakarta ini yang sudah bertahan lebih dari 1 dekade.

Brewerkz Jakarta hadir di Senayan City.
Brewerkz hadir di Senayan City. Sumber

Kamu para pencari hiburan, dapat memanjakan diri menikmati film lokal dan mancanegara di Cinema XXI. XKTV juga hadir bagi kamu yang ingin ber-karaoke ria bersama teman ataupun keluarga, ditambah Q Billiard untuk kamu para penggemar olahraga bola kantung alias billiard.

Alamat : Jalan Asia Afrika No.Lot.19, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Peta   : Go to map

7. Mal Taman Anggrek

Gedung Mal Taman Anggrek yang dihiasi Giant LED Display.
Gedung Mal Taman Anggrek yang dihiasi Giant LED Display. Sumber

Seperti saudara-saudaranya yang lain, salah satu mall terbesar di Jakarta Barat ini juga mempunyai panggilan yang tak lain adalah “TA”. Nama mal ini sendiri diambil dari taman bunga anggrek sungguhan yang memenuhi lahan tempat pusat perbelanjaan ini akhirnya berdiri. Waktu pertama kali berdiri dan diresmikan tahun 1996, Mal Taman Anggrek menjadi mall terbesar se-Asia Tenggara. Tidak hanya itu, “TA” juga menjadi Mal pertama di Asia Tenggara yang memilki arena ice skating.

Arena Ice Skating di Mal Taman Anggrek.
Arena Ice Skating di Mal Taman Anggrek. Sumber

Di atas mal ini, terdapat 8 tower hunian yang berdiri megah. Walaupun sempat dikabarkan adanya cacat struktur pada salah satu towernya, apartemen Taman Anggrek tetap merupakan sebuah residensial elit di Jakarta Barat.

Rekor demi rekor rasanya terus ingin dipecahkan oleh mal yang satu ini. Menurut Guiness World Record, Mal Taman Anggrek menyuguhkan peragaan Lampu LED terbesar di dunia.

Memang sejak “dipepet” oleh Mal Central Park, pamor Mal Taman Anggrek seakan menurun. Namun melihat kenyataan tetap berdirinya dan tak hentinya mall terbesar di Jakarta ini untuk berinovasi, membuktikan Mal Taman Anggrek pantas masuk jajaran bukan hanya sebagai yang terbesar, namun salah satu mall terbaik di Jakarta.

Alamat : Jalan Letjen. S. Parman Kav. 21, Tanjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta Barat
Peta   : Go to map
Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *