Home / Tempat Wisata / Mandalika Lombok, Presiden Jokowi Vlog Di sini

Mandalika Lombok, Presiden Jokowi Vlog Di sini

Jokowi Vlog di Pantai Mandalika Lombok
Mandalika Lombok, Presiden Jokowi Vlog Di sini
Rate me? =)

Tak hanya kepulauan Gili dan Lombok, Nusa Tenggara Barat juga punya tempat wisata lain yang tak kalah menarik yakni pantai Mandalika. Letaknya yang dekat dengan Bali juga menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Seperti apa sih, Wisata Mandalika Lombok ini?

Pembangunan dan pengembangan kawasan Mandalika telah berjalan selama 29 tahun lamanya. Akhirnya, operasionalisasi sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) telah terealisasi. Tempat pariwisata ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 20 Oktober lalu. Nantinya, Mandalika Lombok akan dikelola oleh PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), yang saat ini mengelola kawasan Nusa Dua di Bali.

Lokasi Festival Bau Nyale Di Bukit Mandalika Lombok
Lokasi Festival Bau Nyale Di Bukit Mandalika Lombok

KEK Pariwisata sendiri merupakan “barang jualan” pemerintah Indonesia dalam rangka mengembangkan industry pariwisata negara. Singkatnya, semakin banyak turis yang datang, pendapatan negara dari pariwisata juga meningkat.

Pada 21 Oktober kemarin, Jokowi juga mengunggah vlog melalui Youtube Channel dan akun Instagram miliknya. Vlog ini dibuka dengan sapaan hangat dari sang Presiden dan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi.

“Saya sangat senang sekali ini adalah kawasan yang 29 tahun belum selesai-selesai dan hari ini telah selesai. Telah kita buka, investasi sudah masuk, kita harapkan memberi dampak yang baik kepada masyarakat NTB,” ucap Jokowi melalui vlognya, dilansir dari Kompas.com.

Mandalika Lombok, Presiden Jokowi Vlog Disini
Keindahan Pantai Mandalika Lombok – Sumber

Tayangan vlog ini juga menampilkan aneka keindahan pantai Mandalika Lombok yang bisa kamu nikmati. Daerah pedesaan, perbukitan berwarna coklat keemasan yang luas, hamparan pasir putih di kawasan pantai, hingga ombak dahsyat di pantainya.

Mandalika memiliki potensi sebagai salah satu kawasan wisata unggulan Indonesia. Pasalnya, daerah ini terdiri atas pantai dan bebukitan yang indah tanpa polusi. Banyak fasilitas dan akomodasi disediakan pemerintah serta resort yang menawarkan tempat bermalam indah. Tak sedikit pula para newlywed yang memilih pantai Mandalika Lombok sebagai liburan honeymoon mereka, lho.

Pantai Kuta Lombok di Bukit Mandalika Lombok
Pantai Kuta Lombok dari atas Bukit Mandalika yang menawan – initempatwisata.com

Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini adalah menjelajahi pantai-pantai. Mulai dari Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Pantai Seger, dan Pantai Kuta. Secara keseluruhan, kamu dapat melakukan waterspot di semua pantai itu. Tapi, Pantai Ubrug merupakan kawasan terbaik untuk berselancar karena pantai ini khusus untuk para surfer.

Wisatawan juga bisa menjelajahi Bukit Seger dengan bentuknya yang landai. Di atas bukit kecil ini kamu bisa melihat keseluruhan indahnya Pantai Seger. Kemudian ada Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende khas masyarakat Sasak, penghuni asli Lombok yang tak jauh dari KEK Mandalika. Kamu bisa mengeksplorasi dan mengenal lebih dalam keunikan dari adat suku Sasak.

Selain eksplorasi, kebanyakan turis juga senang mempelajari budaya asli Mandalika. Festival Bau Nyale merupakan acara lokal seru yang digelar pada hari tertentu. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan masyarakat lokal yang berkumpul di lahan untuk berburu cacing tanah. Konon, cacing tanah ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Penduduk setempat menganggap keberadaan cacing tersebut sebagai hal yang suci dan penuh kebahagiaan.

Jika ada rencana menuju Mandalika Lombok, kamu harus tiba dulu di Mataram. Kamu bisa menggunakan pesawat terbang atau kapal laut dari Bali. Sampai di Mataram, lanjutkan perjalananmu menggunakan mini bus dari Terminal Mandalika. Perjalanan dari Mataram ke Mandalika akan memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Usut punya usut, rencananya sirkuit balap kelas dunia juga akan dibangun di KEK Mandalika, lho. Penasaran? Sebelum sirkuit tersebut selesai dibangun, tak ada salahnya mampir dan menikmati daerah Mandalika Lombok yang makin mempesona. Jangan sampai ketinggalan tempat wisata di Lombok lainnya ya, sobat!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *