Home / Tempat Wisata / Masjid Agung An Nur, Taj Mahal dari Riau

Masjid Agung An Nur, Taj Mahal dari Riau

Masjid Agung An Nur, Taj Mahal dari Riau
Masjid Agung An Nur, Taj Mahal dari Riau
Rate me? =)

Pada dasarnya, Masjid dijadikan sebagai rumah ibadah bagi kaum muslimin. Di setiap daerah, masjid dibangun dengan ukuran dan model yang berbeda-beda. Ada masjid yang dibangun dengan ukuran kecil dan ada pula yang berukuran besar dan megah. Seperti Masjid Agung An Nur di Riau. Seperti apakah kemegahan Masjid Agung An Nur yang di sebut-sebut sebagai Taj Mahal dari Riau ini? Selengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Masjid Agung An Nur
Sumber: travelingyuk.com

Sejarahnya, Taj Mahal ala Riau ini dibangun pada tahun 1963 dan selesai serta diresmikan oleh Gubernur Provinsi Riau Arifin Ahmad pada tanggal 19 Oktober 1968. Pada tahun 1973, Masjid  ini sempat menjadi gedung kampus bagi Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim Pekanbaru yang saat ini menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Pekanbaru. Pada saat itu, arsitektur Masjid Agung An Nur tidak seperti yang kita lihat pada saat ini. Pada tahun 2000 tepatnya pada masa jabatan Gubernur Saleh Djasit, Masjid Agung An Nur di renovasi secara besar-besaran.

Masjid Agung An Nur Riau
Sumber: wisatasumatera.com

Upaya ini dilakukan untuk menjadikan Masjid Agung An Nur sebagai salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Berkat upaya ini, luas Masjid bertambah tiga kali lipat dari luas sebelumnya yaitu mencapai 37.8 hektare. Dengan lahan seluas ini, Masjid Agung An Nur memiliki lahan parkir yang luas serta taman hijau nan menawan.

Masjid Agung An Nur, Taj Mahal Riau
Sumber: www.tripriau.com

Dari tangan seorang Arsitek Ir. Roseno, Masjid Agung An Nur Riau kini menjadi salah satu destinasi wisata religi Indonesia yang disebut-sebut sebagai Taj Mahal dari Riau. Sekilas, arsitektur Taj Mahal ala Riau ini memang mirip dengan Makam Putri Mumtaz Mahal di Agra, India. Secara keseluruhan Masjid tersebut mengadopsi arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Meskipun demikian, tidak keseluruhan desainnya sama dengan Taj Mahal India. Masjid Agung An Nur Riau memiliki kubah besar pada bangunan utama. Di setiap sudut bangunan utama terdapat 4 kubah kecil. Selain itu, juga terdapat 4 buah minaret. Salah satu ornamen yang menjadikan Masjid Agung An Nur menyerupai Taj Mahal India adalah terdapatnya kolam luas yang membentang di bagian depan masjid.

Tak hanya indah diluar, keindahan serupa juga akan sobat temui di dalam bangunan masjid. Dibangun dengan dua lantai, Taj Mahal asal Riau ini memiliki fasilitas yang lengkap. Lantai dua masjid digunakan sebagai tempat umat melaksanakan Sholat. Ruangan ini sangat nyaman sekali karena telah dilengkapi dengan pendingin udara (AC). Sementara di lantai satu, sobat akan menemukan perpustakaan, ruang pertemuan, aula, dan ruang kantor masjid. Aula milik Taj Mahal Riau ini digunakan sebagai ruang pegelaran resepsi pernikahan, seminar, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid Agung An Nur Riau - Taj Mahal
Sumber: travelingyuk.com

Terlepas dari dalam ruang Masjid, kembali kita lirik fasilitas luar masjid. Disini sobat juga dapat menemukan pendidikan islam mulai dari TK sampai dengan SMA. Dengan lapangan yang luas, nyaman dan begitu asri, di setiap sore hari masyarakat setempat sering menggunakan halaman masjid sebagai tempat bersantai, berolahraga, dan lain sebagainya. Ramainya kegiatan di sore hari pada Masjid ini, terdapat pula para pedagang yang menjual berbagai macam makanan serta minuman. Masjid ini juga menyediakan Hotspot gratis bagi para pengunjung yang dapat diakses dengan mudah.

Masjid Agung An Nur Taj Mahal dari Riau
Sumber: wisatasumatera.com

Berlokasi di pusat kota tepatnya di Jalan Hang Tuah Pekanbaru, Masjid Agung An Nur berada dilokasi yang sangat strategis. Tak jauh dari Masjid ini sobat dapat menemukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Markas Korem 031/WB dan Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Dengan lingkungan hijau nan asri serta kemiripannya dengan Taj Mahal India, Masjid Agung An Nur sangat diminati oleh wisatawan-wisatawan. Sebagai icon Taj Mahal Riau, Masjid ini tak kalah menarik sebagai destinasi wisata jika dibandingkan dengan Seven Ghost dan Aek Martua. Jadi sobat, jangan lewatkan Taj Mahal dari Riau sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *