Home / Event / Medan International Coffee Festival 2017, Festival Kopi Terbesar

Medan International Coffee Festival 2017, Festival Kopi Terbesar

Medan International Coffee Festival 2017 MICF
Medan International Coffee Festival 2017, Festival Kopi Terbesar
Rate me? =)

Bagi pecinta kopi, tentunya sudah pernah bahkan sangat familiar dengan Medan International Coffee Festival (MICF). Festival ini mengusung tema ngopi dari kalangan anak muda hingga orang dewasa dengan tujuan memperkenalkan kembali bagaimana sejarah ngopi di Kota Medan. Memasuki tahun ke-4, Medan International Coffee Festival berhasil menarik hati pecinta kopi di Indonesia maupun mancanegara.

Medan International Coffee Festival 2017 Festival Kopi
Sumber: batakgaul.com

Sejak tahun 2014 silam, Medan International Coffee Festival telah menjadi sebuah festival yang rutin di adakan setiap setahun sekali di Kota Medan. Dengan konsep “ngopi”, Medan International Coffee Festival menggaet berbagai komunitas maupun culture melalui gathering yang di penuhi oleh berbagai kalangan. Keunikan pada festival ini adalah pengenalan konsep lifestyle ngopi antar komunitas, culture, dan crowd.

Medan International Coffee Festival 2017
Sumber: medanreview.com

Di tahun 2017, Medan International Coffee Festival di gelar untuk ke empat kalinya dengan tema Indonesia Coffe Journey sebagai upaya mempromosikan kopi-kopi yang ada di Indonesia. Di tahun ini, rangkaian acara yang akan di adakan pada tanggal 19 – 21 Mei 2017 nanti terdiri dari Coffee Exhibition, Free Flow 10.000 Cup of Coffee, Coffee Talk, Indoor Indonesia Coffee Journey, Cupping Session, Roasting Demo/Workshop, Coffee Brewing Education, Barista Latte Art Demo, Communit Gathering, Etnic Coocing Demo, Etnic Cooking Demo, dan Culture Performance. Selain itu, juga diadakan beberapa kompetisi seperti Photo Contest Coffee Creative, Tubruk & Manual Brewing Competition, Micro Lot Auction, dan Coffee Blog Competition.

Selama event berlangsung, Medan International Coffee memperkenalkan berbagai kopi terbaik di Sumatera. Kopi yang dikenalkan memiliki cita rasa unik tiada tara, diantaranya:

  1. Kopi Mandailing
Medan International Coffee Festival 2017 - Kopi Mandailing
Sumber: kompas

Kopi Mandailing atau Mandheling Arabica pada mulanya dibawa oleh Kolonial Belanda ke Indonesia pada tahun 1699 ke Kabupaten Pakantan. Kopi ini menjadi kopi arabika tertua yang di tanam di Sumatra. Mula-mula kopi Mandailing di tanam di daerah Mandailing Natal, Kabupaten Pakantan, Sumatra Utara. Kemudian menyebar ke daerah Tapanuli Utara (Lintong Nihuta dan di sekitar wilayah Danau Toba) hingga Dataran Tinggi Gayo di Aceh Tengah. Namun hingga saat ini, Kopi Mandailing hanya ditemukan di dataran Mandailing saja. Dengan cita rasa dan aroma yang kuat, kopi Mandailing mengandung Long Lasting Aroma After Taste, Full Body, Sweet, dan Fine Acidity. Tidak mengherankan jika kopi mandailing menjadi salah satu primadona dalam tiap Medan International Coffee Festival.

  1. Kopi Sidikalang
Medan International Coffee Festival 2017 - Kopi Sidikalang
Sumber: purbalaban.blogspot.co.id

Soal rasa dan aromanya, kopi Sidikalang  tidak dapat diragukan lagi. Bahkan, kopi Sidikalang  memiliki rasa dan aroma yang khas mampu menyaingi kopi-kopi terbaik di dunia. Tak hanya itu, bagi pecinta kopi, aroma khas kopi Sidikalang disebut-sebut sebagai daya tarik utamanya.

Daerah tumbuh Kopi Sidikalang  terletak di kawasan Bukit Barisan dengan ketinggian sekitar 1.300 – 1.450 mdpl, tepatnya di datarang tinggi Dairi. Sesuai dengan tempat asalnya, nama kopi Sidikalang  diambil dari nama Ibu Kota Kabupaten Dairi yaitu Sidikalang. Ciri khas kopi terbaik ini memiliki body yang tebal, notes herbal, memiliki acidity yang rendah serta mengandung kadar bitterness yang lebih tinggi dan intens. Proses pengolahan kopi Sidikalang sama dengan kopi Lintong yaitu wet hulled atau giling basah.

  1. Kopi Lintong
Medan International Coffee Festival 2017 - Kopi Lintong
Sumber: www.klasifikasitanaman.com

Pada mulanya, bibit Kopi Lintong di bawah oleh kolonial Belanda sekitar tahun 1888 silam. Sebagai salah satu kopi terbaik dari Sumatera, kopi Lintong  memiliki rasa dan aroma yang berbeda. Tumbuh di daerah Tapanuli Utara, Sumatra Utara, nama kopi Lintong di ambil dari nama daerah Lintong Nihuta tepatnya berasal dari lereng dataran tinggi pinggiran danau Toba. Kopi Lintong menjadi salah satu primadona bagi pecinta kopi di seluruh dunia. Hingga kini, wilayah tumbuh kopi Lintong berada di sekitar Kabupaten Humbang Hasundutan, yaitu Kecamatan Lintong Nihuta sekitar 1.400 – 1.450 mdpl, Kecamatan Dolok Sanggul sekitar 1.450 – 1.600 mdpl, dan di sekitar Danau Toba.

Kopi yang sempat menjadi kopi terfavorit ini di olah dengan cara wet hulled atau giling basah. Dengan ukuran yang lebih tebal, notes herbal, memiliki acidity rendah, serta mengandung sweetness seperti dark chocolate, kopi Lintong sangat cocok menemani waktu santai.

  1. Kopi Tarutung
Medan International Coffee Festival 2017 - Kopi Tarutung
Sumber: bibitkopi.blogspot.co.id

Kopi Tarutung yang berasal dari Tapanuli Utara, Sumatra Utara ini telah diakui kualitasnya di dunia. Dengan melalui proses pemetikan, penjemuran, hingga pengolahan yang sangat detil, Tapanuli Utara menghasilkan kopi Tarutung berkualitas tinggi. Kenikmatan aroma dan cita rasa kopi Tarutung baik itu Kopi Luwak maupun Kopi Ateng mampu menggoyang lidah.

Kopi terbaik khas medan ini menjadi salah satu penopang kepopuleran kopi arabika Indonesia yang telah mendunia. Rasa dan aroma khas yang kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta kopi lokal maupu mancanegara.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Medan International Coffee Festival 2017, Festival Kopi Terbesar

  1. Ralat ! Tahun ini festival kopi kami undurkan ke tanggal 7-9 Juli karena jadwal berbenturan dg jadwal event kopi dr kementerian di Danau Toba. Demikian informasi ini, kami sampaikan. Hal lain dpt menghubungi kami diini 081370759607 dg ibu Aziza Fazira.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *