Home / Kuliner / Mencari Menu Takjil Unik Buat Bukber? Ini Rekomendasinya Untukmu

Mencari Menu Takjil Unik Buat Bukber? Ini Rekomendasinya Untukmu

Menu Takjil Unik Khas Ramadhan Istimewa
Mencari Menu Takjil Unik Buat Bukber? Ini Rekomendasinya Untukmu
5 (100%) 2 votes

Menu Takjil Unik – Tradisi untuk berbuka puasa bersama alias bukber kayaknya udah lekat banget dalam kultur masyarakat Indonesia selama bulan puasa tiba. Nggak salah sih, siapa pun pasti menunggu momen seru bukber untuk bersosialisasi dengan sanak kerabat atau teman-teman. Nah, selain untuk kepentingan bersosialisasinya, bukber juga menjadi momen istimewa untuk icip-icip berbagai macam menu takjil unik yang pastinya jadi rebutan beramai-ramai.

Daftar Menu Takjil Unik Khas Ramadhan di Indonesia

Kalau kamu sedang mencari soal menu takjil unik yang bisa kamu hidangkan pas bukber, di bawah ini ada 5 rekomendasi menu yang bisa kamu sajikan saat berbuka puasa bareng teman-teman atau keluargamu. Apa aja, sih?

  • Nagasari

Jangan salah sangka, jajanan takjil unik yang satu ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan ular naga. Nagasari adalah jajanan pasar yang bisa kamu pilih sebagai makanan takjil unik untuk berbuka. Meskipun banyak generasi muda yang asing dengan makanan yang satu ini, kuliner tradisional Nagasari sebenarnya mudah dibikin sendiri di rumah. Nagasari adalah jajanan takjil unik dari Jawa yang dibuat dari pisang dan tepung beras. Kalau mau resep Nagasari yang lebih kekinian, kamu bisa mengganti tepung beras ini dengan roti tawar yang disiram santan. Rasanya jangan ditanya. Nikmat banget!

Menu Takjil Unik Nagasari
Source: https://www.vemale.com/resep-makanan/92184-resep-kue-tradisional-nagasari.html
  • Lemper

Siapa sih yang nggak suka lemper? Menu takjil unik tradisional yang satu ini pasti banyak diburu di mana saja. Lemper adalah makanan takjil unik khas Indonesia yang dibuat dari ketan putih dengan isian suwiran ayam. Ada pula yang mengkreasikan lemper dengan abon sapi atau abon ikan agar sensasi rasanya berbeda. Makanan takjil unik yang satu ini tentunya bakal pas banget kalau kamu pilih buat bukber. Kamu bisa menyajikan lemper dengan minuman takjil unik untuk dinikmati bersama teman-temanmu. Seru banget, kan?

  • Klepon

Nggak mungkin deh rasanya kalau kamu nggak tahu klepon. Jajanan takjil unik berbentuk bola-bola hijau dengan taburan kelapa parut ini udah lama banget jadi salah satu makanan takjil unik yang jadi favorit saat berbuka puasa. Klepon adalah menu takjil unik dengan bahan dasar tepung ketan dan gula merah. Saat kamu menggigitnya, klepon akan pecah di mulut dan memberikan sensasi rasa manis yang nagih banget. Eh, tapi ada satu hal yang perlu kamu ingat betul saat menyantap klepon yang nikmat ini: Hati-hati gulanya muncrat.

Menu Takjil Unik Nagasari
Source: https://www.merdeka.com/gaya/3-resep-dan-cara-membuat-klepon-isi-gula-merah-yang-enak-kln.html
  • Es Dawet

Jangan cuma jajanan takjil unik aja dong, kamu juga perlu banget buat mencari minuman takjil unik untuk membuat bukber kamu semakin lengkap. Masa iya sih makanannya udah kece, tapi minumnya cuma air putih? Ya jangan dong. Kamu bisa menyediakan minuman takjil unik berupa es dawet yang pastinya bisa bikin teman-temanmu minta tambah porsi terus. Es dawet punya beragam variasi, tergantung kamu mau menghidangkan es dawet khas daerah mana. Salah satu contoh es dawet yang sangat populer adalah es dawet Banjarnegara dengan cendol tepung berasnya yang maknyus.

  • Es Kopyor

Minuman takjil unik buat buka puasa ini memang pas banget buat melegakan dahagamu setelah berpuasa seharian. Es kopyor adalah es segar dengan campuran agar-agar dan kelapa kopyor yang nikmat. Biasanya, es kopyor ini dihidangkan dengan sirup merah yang warnanya menggoda banget. Kamu bisa memilih es kopyor sebagai menu takjil unik yang bisa bikin teman-temanmu selalu kangen buat bukber lagi bersama kamu.

Menu Takjil Unik Es Kopyor
Source: https://kesdoe.com/es-kopyor-fantasi/

Nah, gimana? Sekarang kamu pastinya udah punya ide dong mau menyajikan menu apa buat bukber nanti? Yang jelas, selalu santap makanan yang sehat supaya puasamu terus lancar sampai hari lebaran tiba. Selamat bukber, ya!

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *