Home / Tips & Trick / Waspada! 5 Modus Penipuan Di Bangkok Bagi Turis Asing

Waspada! 5 Modus Penipuan Di Bangkok Bagi Turis Asing

Modus Penipuan Di Bangkok
Waspada! 5 Modus Penipuan Di Bangkok Bagi Turis Asing
Rate me? =)

Kamu berencana mengunjungi Thailand? Waspadai berbagai modus penipuan di Bangkok yang sering menyasar turis asing.

Follow my blog with Bloglovin

Bangkok, Ibu Kota Thailand, tak dipungkiri lagi adalah surga belanja bagi para shoppers. Bangkok juga punya destinasi wisata yang gokil. Wisata kuliner di Bangkok juga  maknyus. Living cost di Bangkok juga relatif rendah, hampir sama bahkan relatif lebih rendah dibanding Jakarta. Harga makanan dan akomodasi di Bangkok relatif affordable.

Warga kota Bangkok juga ramah, mereka tak ragu buat bantu kamu saat kebingungan di BTS (Bangkok Skytrain), beri tahu kamu tempat wisata atau tempat belanja tersembunyi dari para turis dan juga makanan khas bangkok yang harus kamu coba.

Dari sisi tata kota, Bangkok cukup indah, walaupun semrawut dan macetnya sebanding dengan Jakarta (malah lebih parah), tapi berjalan kaki di kota Bangkok siang ataupun malam hari terbilang cukup nyaman.

Bangkok sepertinya menjadi kota tujuan destinasi wisata yang sempurna bagi kamu yang khususnya belum pernah berkunjung ke sana.

Namun tidak ada gading yang tak retak. Di samping begitu gemilangnya sisi terang Kota Bangkok, sisi gelapnya juga tak kalah gempitanya.

Sisi gelap yang mau kita bahas di sini adalah tentang kegiatan scam alias penipuan yang sudah tersebar luas di Kota Bangkok.

Mereka bekerja sangat rapi dan terorganisir. Kamu bisa terbuai dan tidak menyangka kalau sebenarnya kamu dalam jebakan para scam artists ini. Mereka bisa datang menghampiri kamu, seperti bermaksud ingin membantu, tapi mereka hanya ingin menggasak isi dompet kamu.

Modus Penipuan di Bangkok Thailand

  1. “Kuil / Temple yang Anda kunjungi Sedang tutup”
Modus Penipuan Di Bangkok
Hati – hati dengan kuil yang tutup – slideshare.net

Bangkok memiliki banyak kuil Buddha yang sangat mempesona. Memang sudah agenda normal bagi para pelancong untuk mengunjugni Grand Palace, Kuil Erawan ataupun Wat Pho di dalam itinerary mereka. Namun kunjungan kamu ke kuil ini bisa jadi malapetaka apabila kamu tidak hati-hati.

Bagaimana modus penipuan yang terjadi di tempat wisata ini?

Ketika kamu sampai di kuil ini, kamu akan dihampiri oleh seseorang. Tampilan mereka macam-macam, ada yang berpakaian seperti warga lokal biasa, bahkan sampai yang berbaju seperti aparat resmi.

Mereka akan berkata bahwa kuil ini sedang tutup.

Saat kamu tanya, “kenapa bisa tutup?”

Mereka akan berusaha meyakinkan kamu dengan alasan seperti:

“Di kuil yang Anda kunjungi kebetulan sedang ada ritual doa yang dihadiri para Biksu Suci, sehingga tidak dapat diganggu”.

“Sedang ada ritual khusus yang tidak memperbolehkan warga asing untuk masuk, yang boleh masuk hanya penduduk asli Thailand, turis asing dilarang masuk.

Dan berbagai alasan lainnya yang sebenarnya adalah bohong.

Ketika kamu percaya dengan kata-kata mereka dan terlihat kecewa, mereka akan berusaha menyemangati kamu.

Mereka akan berkata seperti “tapi Anda datang di saat yang tepat, ini adalah hari terakhir pemerintah Thailand memberikan diskon pembelian perhiasan, batu mulia atau tekstil kepada turis”

“Saya akan panggilkan kamu Tuk-Tuk atau taksi dan mereka akan membawa kamu ke sana.”

Tujuan dari kegiatan scam ini adalah untuk menguras uang kamu untuk membeli perhiasan atau barang tekstil yang memiliki kualitas buruk.

Mungkin modus penipuan di Bangkok ini memiliki variasi lainnya. Tapi ingat, di Thailand, jangan pernah dengar anjuran orang asing yang tidak kamu kenal (yang kamu ketemu di jalan atau yang tiba-tiba mendatangi kamu).

  1. Orang Asing yang “friendly” Menghampiri dan Mengobrol dengan Anda
Modus Penipuan Di Bangkok
Salah satu modus penipuan di Bangkok – returnofkings.com

Modus ini sama dengan modus di kuil di atas. Namun yang ini tidak terjadi di kuil, tapi terjadi di tempat-tempat yang ramai dikunjungi turis. Contohnya: di pusat perbelanjaan, di sebuah jalan ternama atau di tempat umum lainnya.

Ketika kamu sedang clingak-clinguk, kebingungan baca peta, berteduh, menunggu sendirian, atau lainnya, ada kemungkinan besar kamu akan diincar. Orang asing akan menghampiri kamu dengan ramah dan bertanya hal seperti, “ada yang bisa dibantu, kamu terlihat bingung?”

Apapun yang kamu tanya, mereka akan jawab dengan baik dan mereka akan tampil seperti orang yang berwawasan luas.

Nah, disitulah saatnya mereka beraksi.

Mereka akan menganjurkan kamu beberapa tempat seperti restoran, penjual tur & travel, toko perhiasan, toko tekstil, kain, dan sebagainya.

Agar lebih meyakinkan kamu, hal yang mereka sering ucapkan adalah “tempat-tempat ini hanya terkenal di kalangan penduduk lokal Thailand, jarang turis yang tahu.”

Sekali lagi, jangan termakan oleh kebohongan mereka. Ini hanyalah modus penipuan di Bangkok!

  1. Waspada dengan Pengendara Tuk Tuk Anda
Modus Penipuan Di Bangkok - Supir Tuk Tuk
Hati – hati dengan supir tuk tuk Anda – christakisphoto.com/

Pasti saat di Bangkok, apalagi bagi kamu yang baru pertama kali datang ke kota ini, kemungkinan besar kamu akan sempet-sempetin buat naik Tuk-tuk. Alat transportasi yang sudah amat melekat dengan negara Thailand.

Tapi apabila kamu lagi ‘apes’ dan tidak siaga, kamu bisa jadi korban driver Tuk-tuk kamu.

Modusnya mirip sama dua poin di atas, mereka akan mulai berbincang-bincang kamu. Menanyakan apa tujuan kamu di Bangkok? Apapun jawaban kamu, mereka akan selalu bisa kasih kamu “solusi”.

Kalau kamu bilang ingin ‘sightseeing’ aja, kamu akan diajak ke restoran yang suuuuper… mahal.

Kalau kami bilang ingin ‘shopping’, nah ini yang paling gawat, mereka akan membuat kamu terbuai dengan berkata mereka tahu toko atau tempat dimana kamu bisa dapet ‘Best Deal’ di seantero kota Bangkok. Sekali lagi, kamu akan berakhir di toko perhiasan atau toko tekstil/pembuat jas yang mengecewakan.

Kalau kamu bilang ‘ngga pengen ngapa2in’, mereka juga jago ngecapnya, mereka akan bilang, mendingan kamu kunjungi kota ini, pantai ini, gunung ini, dan kamu akan dibawa ke sebuah travel agency yang harganya juga luar biasa mahal.

  1. Pengendara Taksi yang tidak mau menggunakan “meter”
Modus Penipuan Di Bangkok - Taksi Tanpa Meter
Modus Penipuan Di Bangkok, Taksi Tanpa Argo – activebackpacker.com

Jangan pernah mau untuk naik taksi yang tidak mau menggunakan argometer. Karena masih banyak supir taksi jujur lainnya yang pantas untuk kamu tunggu.

Mereka akan menggunakan berbagai macam alasan seperti “argometer sedang rusak”, “perjalanan ke tempat tujuan Anda macet sekali”, “tidak ada supir taksi yang mau kesana dan hanya saya yang mau” atau “Anda tidak akan mendapatkan harga lebih murah dari saya”.

Apapun alasan mereka, jangan dengarkan dan tetap menunggu taksi yang menggunakan argometer. Kecuali kamu sedang buru-buru.

Khususnya di bandara, banyak taksi nakal yang tidak mau menggunakan argometer.  Jangan segan untuk bertanya kepada petugas di bandara setempat bagaimana caranya mendapatkan taksi yang mau menggunakan argometer.

Hati-hati, kemacetan di kota Bangkok memang parah, benar-benar sepupu deh sama Jakarta. Supir taksi kamu bisa banget untuk menganjurkan kamu ambil jalur alternatif, jalan tol atau lain-lain.

Kecuali bagi kamu yang kenal jalanan kota Bangkok, yang ini memang paling sudah diidentifikasi, tapi tetap waspada karena sering ada kasus kamu akan diajak “muter-muter” kota ataupun lewat jalan tol supaya argometer kamu membengkak.

  1. Hati-hati dengan Keramahan Orang yang tidak Anda kenal
Modus Penipuan Di Bangkok - orang asing
Waspada selalu dengan orang tak dikenal – 1.bp.blogspot.com

Sekali lagi apabila kamu lagi lengah, orang asing tidak akan pernah lelah untuk menghampiri kamu.

Namun kali ini, mereka bukan mengarahkan kamu ke toko atau tempat belanja yang akan menipu kamu. Tapi mereka dengan sangat ramah akan berusaha mengajak kamu ke rumah mereka. Mereka dengan sangat hangat akan menjamu kamu, menjelaskan tentang Thailand dan lain-lain.

Akhir dari modus ini bermacam-macam. Mereka akan mengajak kamu berjudi kartu, sampai akhirnya kamu kalah besar dan apabila kamu kabur akan banyak anggota gang yang mengejar kamu. Mereka akan merampas harta benda kamu di rumah mereka.

Dan melakukan hal-hal lain yang pastinya merugikan kamu.

Hal-hal di atas memang hanya sebagian dari aksi penipuan di Bangkok yang paling sering terjadi, tapi sudah cukup membuat Bangkok menjadi kota yang mencekam kan? Tapi sebenarnya aksi-aksi di atas sangat mudah untuk dihindari.

Tips dari kami saat kamu mengunjungi Bangkok adalah

  1. Jangan pernah percaya kepada orang asing.
  2. Apabila kamu mau ke tempat A, pergilah ke tempat A, jangan mau dibujuk agar kamu pergi ke tempat lain, karena alasan apapun.
  3. Enjoy, because Bangkok is a beautiful city.
Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *