Home / Tips & Trick / Traveling Naik Kereta Ke Bandung Asyik Banget Lho

Traveling Naik Kereta Ke Bandung Asyik Banget Lho

Traveling Naik Kereta Ke Bandung Asyik Banget Lho

Sudah pernah ke Kota Bandung menggunakan kereta api? Jika belum, sangat disayangkan! Memang, masih banyak wisatawan yang belum mengetahui serunya naik kereta ke Bandung. Banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan selama melakukan perjalanan ke Bandung dengan naik kereta api lho, sobat. Berikut adalah beberapa alasannya:

Jalan Jalan Naik Kereta Ke Bandung

1. Biaya Naik Kereta Ke Bandung Murah

Untuk naik kereta api ke Bandung, tentu harus dimulai dengan memesan tiket sesuai jadwal keberangkatan. Satu-satunya pilihan kereta dengan rute Jakarta – Bandung saat ini adalah Argo Parahyangan. Kamu dapat memilih kelas Ekonomi (Rp 80 ribu), Bisnis (Rp 60 ribu – Rp 90 ribu), serta Eksekutif (Rp 120 ribu – Rp 125 ribu). Backpacker ke Bandung naik kereta pun menjadi semakin hemat.

Tiket Kereta Api Ke Bandung
Situs pembelian tiket kereta api secara online oleh PT KAI – tiket.kereta-api.co.id

2. Beli Tiket Kereta Ke Bandung Sangat Mudah

Untuk pembelian tiket, kamu bisa memesan online melalui situs resmi PT KAI (tiket.kereta-api.co.id). Setelah melakukan pembayaran, PT KAI akan mengirimkan e-mail konfirmasi untuk ditukarkan dengan tiket asli di stasiun. Cara praktis lainnya adalah booking melalui situs-situs seperti Tiket.com, Traveloka, dan lainnya jika kamu ingin mencari harga promo.

Pilihan terakhir lainnya adalah mendatangi langsung Stasiun Gambir. Kamu bisa mengajukan pertanyaan lebih lanjut mengenai pemesanan ataupun perjalanan ke Bandung di sana. Selain itu, jangan lewatkan stasiun pusat kota Jakarta yang kini lebih baik dengan fasilitas penunjang seperti papan penunjuk jalan serta berbagai gerai restoran yang lezat.

Naik Kereta Ke Bandung Sangat Nyaman
Fasilitas yang nyaman di Kelas Eksekutif Argo Parahyangan – satyawinnie.com

3. Fasilitas Kereta Ke Bandung Sudah Nyaman

Siap backpacker ke Bandung naik kereta, datanglah tepat waktu sesuai boarding time yang tertera di tiketmu. Dulu, kereta api masih kurang memadai. Pengap, toilet kotor, banyak pengamen atau pedagang asongan. Kini, suasana di dalam kereta jauh lebih nyaman. Kereta api Argo Parahyangan sendiri sudah memiliki fasilitas AC, sehingga waktu perjalananmu pastinya terasa nyaman. Jika memilih kelas Eksekutif, kursi yang disediakan lebih ergonomis dan ada pijakan kaki, lho.

Jika kelaparan di tengah perjalanan, kamu dapat memesan makanan kepada staf gerbong restorasi yang siap melayanimu. Selain itu, Argo Parahyangan juga menyediakan tempat charger untuk gadget kamu kalau habis baterai. Perjalananmu ke Bandung pun akan memakan waktu selama kurang lebih 3 jam.

4. Pemandangan Naik Kereta Ke Bandung Sangat Indah

Pemandangan Backpacker Ke Bandung Naik Kereta
Pemandangan Backpacker Ke Bandung Naik Kereta – satyawinnie.com

Pemandangan asri nan hijau akan menemanimu selama di perjalanan traveling naik kereta ke Bandung. Mulai dari sawah-sawah, hutan jati di daerah Cikampek, hingga perbukitan yang indah. Kamu juga akan merasakan sensasinya melewati terowongan Sasaksaat serta tiga jembatan baja yang berada di Ciganea, Cisomang, dan Cikubang.

Jembatan Cikubang sendiri adalah jembatan kereta api terpanjang di Indonesia, yakni sepanjang 300 meter dengan tinggi 90 meter. Saat melintas di jembatan ini, adrenalinmu serasa tertantang ketika melihat ke arah bawah dari kaca jendela. Sedangkan di Terowongan Sasaksaat, kamu akan melintas sepanjang 950 meter. Dahulu, terowongan ini dibangun oleh para tenaga kerja penduduk setempat akibat sistem kerja rodi ketika Indonesia dijajah oleh Belanda. Terowongan Sasaksaat merupakan terowongan terpanjang kedua di Indonesia.

Jalan Jalan Ke Bandung Naik Kereta
Jembatan Cikubang yang dilintasi ketika naik kereta ke Bandung – semboyan35.com

5. Lokasi Stasiun Bandung Strategis

Satu lagi keunggulan backpacker ke Bandung naik kereta yakni stasiunnya dekat dengan kuliner dan tempat wisata. Dari stasiun Bandung, kamu bisa naik angkutan umum selama 10 menit ke daerah Dago, di mana café-café serta gerai butik berdiri di sana. Lokasi wisata dekat stasiun Bandung juga bisa ditempuh dalam waktu singkat. Ada Trans Studio Bandung, Cihampelas Walk, Museum Geologi, Gedung Sate, dan masih banyak lagi.

Apa bedanya naik kereta api dengan mobil atau pesawat? Beda banget! Mungkin kamu akan melihat pemandangan yang sama ketika bepergian ke Bandung naik mobil pribadi. Tapi, kemungkinan adanya macet di tengah perjalanan tak bisa kamu hindari jika naik mobil. Sedangkan di pesawat, pemandangan yang ada di sekitar hanyalah kepulan awan di langit. Sementara jika kamu jalan jalan naik kereta ke Bandung, dijamin terhindari dari macet dan bonus pemandangan asri dari dekat.

Trip Naik Kereta Ke Bandung
Terowongan Sasaksaat yang dibangun pada 1902 – 1904 oleh penduduk setempat akibat sistem kerja rodi – bartedo-museum.blogspot.com

Gimana, mulai tertarik untuk traveling naik kereta ke Bandung? Yuk, naik transportasi umum Indonesia yang kini telah meningkat lebih baik dan nyaman. Kamu bisa jalan jalan ke Bandung naik kereta sambil mengunjungi tempat nongkrong di Dago.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (3 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *