Home / Tempat Wisata / 5 Alasan Kamu Wajib Datang ke Nusa Penida Bali

5 Alasan Kamu Wajib Datang ke Nusa Penida Bali

5 Alasan Kamu Wajib Datang ke Nusa Penida Bali
5 Alasan Kamu Wajib Datang ke Nusa Penida Bali
Rate me? =)

Pulau Bali menyuguhkan ragam spot wisata dan sejumlah pantai yang tersebar sehingga traveler tak bosan untuk kembali menghabiskan waktu liburan di Bali. Selain Kuta dan Ubud, Nusa Penida juga wajib kamu datangi. Kawasan ini menyuguhkan begitu banyak kekayaan alam yang membuatnya sering dikunjungi oleh traveler. Beberapa alasan yang membuat traveler gemar mengeksplorasi Nusa Penida di antaranya adalah:

  1. Bukan pantai-pantai biasa
Pantai Di Nusa Penida Bali
Dahsyatnya ombak yang menghantam tebing Pantai Pasih Andus – (liburansari.com)

Terdapat beberapa pantai di kawasan Nusa Penida. Pantai Pasih Uug atau sering disebut Broken Beach menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi wisatawan. Walau namanya Broken Beach, dijamin kamu tidak akan patah hati saat tiba karena kamu bisa berjalan di atas tebing-tebing keren di sepanjang pantai yang menjorok ke laut. Ada juga Smoke Beach atau pantai yang selalu mengeluarkan asap, yakni Pantai Pasih Andus. Ombaknya yang keras dan menghantam tebing seringkali mengeluarkan efek layaknya asap. Tak ketinggalan pula Crystal Bay, Angle’s Billabong, Pantai Atuh, dan Pantai Suwehan yang tidak kalah magis dan keren untuk dijadikan spot fotomu.

  1. Penuh misteri
Goa Giri Putri Nusa Penida Bali
Memasuki Pura Goa Giri Putri, terdapat upacara ritual yang dilakukan warga setempat – (kintamani.id)

Tak hanya pantai, Nusa Penida juga terkenal akan pesona bebatuannya yang penuh misteri. Salah satunya adalah Batu Meling yang bisa bikin kamu betah menyelam di sekitarnya. Bisa juga mampir ke Pura Goa Giri Putri, di dalamnya terdapat pura dan sering dijadikan tempat ibadah warga setempat. Uniknya, goa ini memiliki pintu masuk yang sempit namun orang dewasa tetap bisa masuk ke dalamnya. Selain itu ada Pura Puncak Mundi, tempat wisata ritual sekaligus seru-seruan di penangkaran burung Jalak Bali.

 

  1. Main bareng Ikan Mola-Mola raksasa
Nusa Penida Bali
Serunya menyelam dan bermain langsung bareng Ikan Mola-Mola – (worldtrip-for-diving.com)

Nusa Penida merupakan pulau terbesar dari tiga pulau yang berdekatan, yakni Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Kawasan perairan di sekitar ketiga pulau ini terkenal akan spot menyelam yang fantastis. Tentu, karena di alam bawah lautnya dihuni oleh ikan Mola-Mola (Sunfish) raksasa yang menjadi ikon Nusa Penida serta ikan Pari Manta. Ingin menyelam namun belum mampu? Tak perlu khawatir, tersedia Nusa Penida Diving yang menyelenggarakan pelatihan diving untuk pemula hingga tingkat instruktur. Kalau kamu penggemar sejati snorkeling, jangan kelewatan untuk menyelam dan bermain bersama ikan Mola-Mola, ya.

  1. Bali juga punya Bukit “Teletubbies”
Bukit Teletubbies Nusa Penida Bali
Jalan-jalan santai di Bukit Teletubbies Nusa Penida, asyik untuk berfoto ria – (balicili.com)

Pernah menonton serial anak-anak “Teletubbies”? Kamu bisa merasakan sensasi nostalgia saat masa kanak-kanak dengan mampir ke Bukit Teletubbies di Nusa Penida. Letak persisnya berada di perbatasan Dusun Julingan – Desa Tangglad dan Dusun Sedehing – Desa Sekartaji. Jaraknya sekitar 25 km dari Pelabuhan Kapal Desa Kutampi, terus menuju timur. Disarankan untuk tidak mampir pada musim kemarau, sebab kawasannya gersang pada musim tersebut. Sedangkan pada musim hujan, pepohonan dan rumputnya tumbuh subur dan hijau. Sehingga suasananya jauh lebih asri dan segar untuk rileks serta jalan-jalan.

  1. Ikutan Nusa Penida Festival
Nusa Penida Festival
Nusa Penida Festival yang diselenggarakan pada Oktober 2016, bertema “Exploring The Blue Paradise Islands” – (wonderfulnusapenida.com)

Setiap tahunnya, ada sebuah acara tahunan bertajuk “Nusa Penida Festival” yang digelar. Tujuan penyelenggaraan ini agar pulai tersebut menjadi potensi wisata yang semakin diminati oleh traveler. Festival ini sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali sejak tahun 2014 dengan tema dan tagline berbeda-beda. Kamu bisa mengenal lebih jauh akan tradisi, budaya, seni, dan ragam wisata bahari dari Nusa Penida.

Nusa Penida Bali Festival
Atraksi Tari Baris Jangkang oleh 1.000 penari laki-laki di Nusa Penida Festival – (tempo.co)

Ragam atraksi dari warga setempat juga dipertontonkan, seperti Tari Baris Jangkang yang ditarikan lebih dari 1.000 laki-laki warga pulau ini. Berbagai perlombaan juga diadakan, yakni lomba renang, lomba perahu layar, sampai lomba fotografi. Kamu juga akan dihibur oleh penampilan Wayang Joblar dan panggung musik lokal. Untuk tanggal festival biasanya telah ditentukan dari jauh hari. Sehingga jika kamu ingin ikutan Nusa Penida Festival, bisa mengosongkan jadwal terlebih dahulu.

Tunggu apalagi? Segera kemasi barang-barangmu dan liburan ke Nusa Penida, Bali yuk!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *