Home / Tempat Wisata / Pantai Plengkung Banyuwangi G-Land Surganya Surfing

Pantai Plengkung Banyuwangi G-Land Surganya Surfing

Pantai Plengkung Banyuwangi G-Land Surganya Surfing
Pantai Plengkung Banyuwangi G-Land Surganya Surfing
Rate me? =)

Sebagai salah satu pemilik garis pantai terpanjang di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali pantai yang indah. Keindahan salah satu pantainya bahkan tersohor hingga ke mancanegara, yakni Pantai Plengkung Banyuwangi yang terdapat di sebelah tenggara Pulau Jawa. Dikenal sebagai G-Land oleh turis asing, pantai Plengkung berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga ombak yang dimilikinya cukup besar.

Alamat lengkapnya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Rute untuk mencapai Pantai Plengkung dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Surabaya, Malang, atau Jember menuju Banyuwangi. Moda transportasi udara juga dapat digunakan lalu mendarat di Bandara Blimbingsari. Selanjutnya, kamu harus mengambil perjalanan menuju Taman Nasional Alas Purwo.

Menuju Taman Nasional Alas Purwo dapat ditempuh dengan kendaraan seperti mobil atau motor. Sampai di Pos Pancur, kamu diharuskan menggunakan 4 wheels drive karena jalanan menuju G-Land penuh bebatuan dan berlubang. Siap-siap berayun-ayun ke kiri-kanan, depan-belakang selama perjalanan, ya. Total perjalanan yang ditempuh akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Pantai Plengkung Banyuwangi
Ombak G-Land yang sangat menantang bagi para peselancar dunia – agentwisatabromo.com

Wisatawan mancanegara kerap menyebut pantai ini dengan nama G-Land. Dari mana, sih, asal-usul nama G-Land? Ternyata, huruf G ini merupakan singkatan yang diambil dari beberapa hal. Pertama, huruf G berasal dari “Grajagan” yang merupakan nama dari Teluk Grajagan. Lokasi teluk ini persis di sebelah barat G­-Land.

Selanjutnya diambil dari kata “Green” karena letaknya berada di tepi hutan tropis yang hijau. Lingkungan di sekitaran Pantai Plengkung merupakan green forest, dikelilingi panti tropis dan dataran rendah yang asri. Jika diabadikan dari jauh, G-Land akan nampak kehijauan. Ketiga diambil pula dari kata ”Great” karena ombaknya yang begitu dahsyat dan penuh tantangan. Terakhir disebut G-Land karena pantainya melengkung mirip huruf G.

Ombak Pantai Plengkung Banyuwangi bentuknya memanjang serta memiliki kecepatan sangat tinggi, dihasilkan oleh sistem bertekanan rendah yang berasal dari Selatan (Antartika). Selain itu, ombaknya juga menggulung berbentuk seperti tabung yang hampir sempurna. Ketinggian ombaknya konon bisa mencapai 4-8 meter dengan panjang 2 km serta memiliki gelombang tujuh bersusun, sehingga menjadi sangat menantang untuk para pecinta olahraga surfing.

Pantai Plengkung Banyuwangi G Land
Hamparan pasir putih dan banyak bebatuan di pinggir Pantai Plengkung – alfinrijal10.blogspot.com

Ombak di pantai ini dibagi atas tiga tingkatan, yakni Kong Waves dengan tinggi ombak mencapai 6-8 meter, Speedis Waves mencapai 5-6 meter, dan Many Track Waves setinggi 3-4 meter. Tingkat Many Track Waves biasanya digunakan para peselancar pemula untuk mengasah skill mereka. Ombak Pantai Plengkung ini bahkan disebut sebagai ombak terbesar di dunia setelah Hawaii.

Patut diketahui khususnya untuk kamu penggila surfing, angin lepas pantai yang berhembus di kawasan Pantai Plengkung Banyuwangi terjadi antara bulan April dan September. Hal ini mengakibatkan ombak paling besar terjadi di bulan-bulan tersebut. Pada periode ini, ombak tinggi datang secara bertahap, masing-masing berlangsung selama beberapa hari. Gelombang yang datang cenderung lebih besar saat laut pasang. Sehingga, waktu yang paling baik untuk bermain surfing adalah seminggu setelah bulan purnama ataupun bulan baru, karena pada waktu-waktu tersebut gelombang ombaknya cukup tinggi dan terjadi selama setengah hari.

Umumnya, wisatawan datang ke Pantai Plengkung Banyuwangi untuk melakukan kegiatan berselancar. Para peselancar ini sebagian besar berasal dari Bali, karena lokasi G-Land dapat diakses langsung dari Pantai Kuta Bali menggunakan speedboat. Mayoritas pendatang lainnya juga ada dari Amerika, Brazil, dan Australia. Kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah menikmati panorama pantainya yang memesona. Hamparan pasir putih dan laut birunya dengan gelombang tak putus-putus juga sangat fotogenik untuk diabadikan.

Pantai Plengkung Banyuwangi Surfing
Salah satu sudut di pinggir G-Land, area untuk menonton aksi para peselancar – banyuwangibagus.com

Pengunjung juga bisa menikmati panorama alam Pantai Plengkung Banyuwangi yang memukau dari berbagai sudut. Pihak pengelola menyediakan sebuah menara yang tidak jauh dari pantai untuk melihat keindahan Plengkung dari ketinggian. Aktivitas lain juga bisa dilakukan seperti trekking, snorkeling, memancing, diving, atau melihat penangkaran penyu. Sunset di G-Land tak kalah eksotis, lho. Banyak wisatawan yang menunggu moment ketika sang surya kembali ke peraduannya di sini. Sedangkan sunrise­ di Plengkung mungkin tidak terlalu bagus karena tertutup oleh gunung.

Di tepi pantai, kamu akan melihat sebuah rumah panggung. Rumah panggung ini memang disediakan untuk mereka yang ingin menonton para surfer ketika sedang menaklukkan ganasnya sang ombak. Jika kamu ingin ikut menonton, disarankan membawa teropong agar lebih menikmati keseruan aksi mereka. Kamu juga bisa menyaksikan para surfer dari dekat dengan menyewa perahu jongkong. Perahu ini dapat diisi sampai 4 orang yang membawamu ke tengah laut.

Untuk penginapan, di area G-Land memang tidak tersedia hotel. Tapi, kamu dapat menginap di sejumlah penginapan surf camp yang tersebar di sekitaran Plengkung. Beberapa yang populer adalah G-Land Surf & Resort, Joyo Surf Camp, dan Bobby’s Surf Camp. Ketiganya memakai konsep “back to nature” dan memiliki fasilitas serta pelayanan berstandar internasional.

Pantai Plengkung Banyuwangi Sunset
Sunset di Pantai Plengkung nampak eksotis – tempatwisata-indah.xyz

Ingin menantang adrenalinmu di ganasnya ombak Pantai Plengkung Banyuwangi? Langsung kemasi barang-barangmu dan rasakan sendiri keseruannya!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *