Home / Tempat Wisata / Pantai Timang Gunung Kidul, Running Man Shooting Di Jogja

Pantai Timang Gunung Kidul, Running Man Shooting Di Jogja

Pantai Timang Running Man

Keindahan Indonesia memang sudah terkenal di dunia, kemampuan media sosial yang kian meluas menjadi salah satu cara ampuh dalam mengenalkan budaya dan pesona Indonesia. Termasuk keindahan Pantai Timang Gunung Kidul. Keindahan pedalaman Indonesia bahkan terdengar hingga ke neger gingseng, Korea Selatan. Salah satu acara variety show top yang digandrungi dunia, Running Man baru-baru ini berkunjung ke salah satu objek wisata berupa pantai yang berada di kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sudah bukan rahasia lagi jika Gunung Kidul merupakan surganya pantai. Dengan luas wilayah 1.485,36 km2 , Gunungkidul memiliki puluhan pantai yang terkenal eksotis dan sebagian besar masih alami. Salah satu pantai yang baru-baru ini menjadi primadona Gunung Kidul, Wonosari adalah Pantai Timang yang berlokasi di selatan kota Yogyakarta. Selain itu tentu saja masih ada Goa Pindul yang masih hitz hingga sekarang.

Salah satu pantai yang memiliki pasir putih yang terletak di antara Pantai Siung dan Pantai Sundak, Gunung Kidul ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian. Bagian pertama yang berada di sebelah Timur merupakan pantai dengan hamparan pasir putih sama seperti pantai kebanyakan. Sedangkan bagian lainnya yang berada di sisi Barat merupakan perbukitan batu-batuan terjal yang berbatasan langsung dengan laut. Walaupun memiliki sebutan pantai, namun pantai yang ada di Pantai Timang Jogja berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai di sini hanyalah kumpulan bongkahan batu karang besar yang menyatu indah dengan birunya laut.

Pantai Timang Gunung Kidul
Sumber: Wisata Indonesia-blogger

Lokasi Pantai Timang Gunung Kidul

Lokasi Pantai Timang Gunung Kidul adalah di Padukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Akses Pantai Timang Jogja akan memerlukan kesiapan mental yang matang karena medan yang akan dilewati cukup menantang dan memacu adrenalin. Anda akan melewati berbagai jenis jalan mulai dari jalan yang bergelombang, bebatuan, tanah merah hingga lumpur.

Total waktu yang ditempuh dari Yogyakarta sampai di Pantai Timang Wonosari kurang lebih 3 jam. Jarak dari kota Wonosari hingga ke Pantai Timang adalah sekitar 35km. Dari kota Wonosari, Anda akan menggunakan kendaraan darat menuju ke Pantai Baron, dilanjutkan hingga ke Pertigaan Mulo, dan melewati Pantai Siung, dan Pantai Dakbong. Setelahnya Anda harus menggunakan kendaraan khusus karena Anda akan melewati jalanan berbatu yang terjal. Setelah melewati perjalanan panjang tersebut, barulah Anda akan tiba di Pantai Timang Gunung Kidul.

Pantai Timang Jogja
Sumber : ksmtour.com

Pantai Timang Gondolo Jogja

Kalau hanya hamparan pantai dan bongkahan batu karang pasti sudah biasa. Namun ada yang lebih menarik dan hanya ada di sini, yaitu wisata kereta gantung atau yang lebih dikenal dengan gondola kayu. Gondola kayu Pantai Timang Gunung Kidul inilah yang menarik perhatian tim Running Man untuk datang dan mencoba serunya kereta gantung di Pantai Timang. Kereta gantung ini digunakan oleh warga untuk menyebrang dari Pantai Timang ke Pulau Watu Panjang. Gondola ini tidak seperti gondola di taman bermain yang sering kali menyenangkan. Kereta gantung yang ada disini merupakan buatan warga sekitar yang terbuat dari kayu dan tali tambang sebagai penguhubung antar pulau. Pada awaknya, gondola kayu tersebut bukan diperuntukkan sebagai objek wisata, melainkan sebagai alat transportasi bagi penduduk setempat untuk berburu lobster yang ada di seberang Pantai Timang Jogja.

Sebelum dikenal hingga ke mancanegara, warga bebas menaiki gondola yang terbuat dari kayu secara gratis, namun seiring dengan besarnya minat para wisatawan, maka warga sekitar mematok harga gondola Pantai Timang Rp 200.000 untuk sekali menyebrang.

Pantai Timang Running Man

Walaupun terihat seru dan menyenangkan, namun nampaknya Anda harus melihat terlebih dahulu ekspresi para member Running Man yang menaiki gondola kayu ini. Ingin melihat keseruan Lee Kwang Soo dan Jeon So Min menaiki gondola kayu yang ekstream? Anda bisa menyimaknya lewat tayangan di bawah ini!

Sumber: Youtube

Keseruan ini dimulai dari Lee Kwang Soo dan Jeon So Min yang harus menjalani hukuman. Terpilihnya pantai ini sebagai lokasi hukuman melalui proses yang panjang. Ada salah satu penggemar Running Man yang menyarankan agar hukuman dilakukan di sini. Saran ini merupakan bagian dari project 1% mereka. Penggemar dapat memberikan ide lokasi hukuman dilakukan. Setelah melalui permainan roulette, akhirnya Lee Kwang Soo dan Jeon So Min pun menjalani hukuman ini pada September 2017 kemaren.

Dari video di atas kamu bisa melihat keindahan Pantai Timang Gunung Kidul sekaligus bagaimana takutnya kedua member Running Man di atas gondola. Kalau yang dari Korea Selatan saja sudah jauh-jauh ke sini, masa sih kamu belum? Oh iya, di Pantai Timang Running Man juga mencicipi kuliner yang sangat lezat. Seafood berupa lobster yang menjadi andalan masyarakat sekitar.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *