Home / Tempat Wisata / 7 Patung Monumen Bersejarah Di Indonesia

7 Patung Monumen Bersejarah Di Indonesia

Contoh Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
7 Patung Monumen Bersejarah Di Indonesia
1 (20%) 1 vote

“JASMERAH!”, merupakan salah satu ungkapan yang sampai saat ini kita kenang dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. JASMERAH yang merupakan kepanjangan dari Jangan sekali-kali melupakan sejarah ini rupanya cukup penting. Sebagai negara yang telah berjuang selama bertahun-tahun untuk merdeka, Indonesia memiliki banyak sejarah yang tidak boleh dilupakan begitu saja. Ada banyak cara untuk mengenang, mengenal dan mempelajari lebih dalam mengenai sejarah negara. Anda dapat mempelajarinya melalui buku, video, museum, maupun sebuah monumen bersejarah di Indonesia. Ya, monumen merupakan salah satu benda yang memiliki nilai bersejarah di Indonesia, jumlahnya pun cukup banyak. Wisatalah telah merangkumkan beberapa contoh patung monumen bersejarah di Indonesia beserta penjelasannya yang dapat Anda kunjungi ketika singgah di daerah tersebut. Langsung aja mari simak!

Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya

1. Monumen Perang Kemerdekaan Jimbaran

Monumen Perang Kemerdekaan Jimbaran terletak memotong pada bagian Jalan I Gusti Ngurah Rai, Bali. Monumen bersejarah di indonesia ini jika Anda amati nampak seperti sudah berumur ribuan tahun, namun rupanya dugaan Anda salah. Monumen ini baru saja dibangun pada tahun 2008 dan selalu dijuluki oleh warga sekitar dengan nama Bajra Sandhi.

Gambar Monumen Perang Kemerdekaan Jimbaran Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
Gambar Monumen Perang Kemerdekaan Jimbaran via travelingtobali.net

Beberapa wisatawan juga mengenalnya dengan nama “Monumen Perang Kemerdekaan 1945 di Jimbaran” karena patung monumen ini merupakan gambaran dari perjuangan rakyat Jimbaran untuk bebas dari jajahan Belanda. Untuk mencapai tempat ini cukup dekat, sekitar 30 menit dari Bandara Ngurah Rai, Bali.

2. Monumen Jalesveva Jayamahe

Jika berkunjung ke Kota Surabaya, mampirlah ke Monumen Jalesveva Jayamahe yang berada di Dermaga Ujung Madura, Tanjung Perak, Surabaya. Patung monumen bersejarah di indonesia ini dibangun pada tahun 1993 oleh Pemimpin Kepala Staf TNI Angkatan Laut Maritim Indonesia dan Laksamana TNI Muhammad Arifin. Untuk perancang dari monumen ini adalah I Nyoman Nuarta.

Gambar Monumen Jalesveva Jayamahe Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
via acakunik.blogspot.co.id

3. Monumen Jogja Kembali

Di atas patung monumen bersejarah di indonesia ini terdapat sebuah patung yang menggambarkan sosok Perwira TNI Angkatan Laut lengkap dengan pakaian dinasnya. Patung itu tingginya sekitar 30,6 meter. Selain sebagai monumen, bangunan ini juga berfungsi sebagai mercusuar bagi kapal-kapal yang berlayar di laut sekitar.

Monumen Jogja Kembali dibangun pada 29 Juni 1985 silam atas gagasan kolonel Soegiarto, walikotamadya Yogyakarta tahun 1983. Di bagian pintu masuknya tertulis 422 nama pahlawan yang gugur di daerah Wehrkreise III (RIS) antara tanggal 19 Desember 1948 – 29 Juni 1949.

Gambar Monumen Jogja Kembali Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
via phinemo.com

Di monumen ini terdapat museum sejarah yang juga diberi nama Museum Monumen Yogya Kembali yang berisi koleksi replika masa penjajahan, foto, dokumen, berbagai jenis senjata dan bentuk evokatif dapur umum dalam suasana perang kemerekaan tahun 1945-1949.

4. Monumen Mandala

Berada di Jalan Jendral Sudirman, Makassar, tugu ini sudah berdiri tegap sejak tahun 1966. Kota Makassar memang dahulu dikenal sebagai pusat markas Komando Mandala. Bentuk segitiga pada puncaknya melambangkan peristiwa Trikora (Tri Komando Rakyat), sedangkan relief di sisi patung monumen bersejarah di indonesia ini menggambarkan perjuangan pembebasan Irian Barat dan perjuangan rakyat Sulawesi Selatan.

Gambar Monumen Mandala Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
Contoh Monumen di Indonesia via panduanwisata.id

5. Monumen Panca Benua (Ground Zero)

Bentuk dari monumen ini memang cukup memiliki bentuk yang indah, namun tak seperti bentuknya, kisah di balik dari pembuatan monumen ini cukup tragis. Monumen Panca Benua dibangun untuk mengenang korban peristiwa bom Bali 1&2 pada awal era 2000-an. Puluhan orang atau bahkan mungkin ratusan, tewas terkena bom teroris di tempat ini. Di patung monumen yang indah ini, tertulis nama-nama korban jiwa, baik dari warga negara Indonesia, ataupun warga negara asing.

Gambar Monumen Panca Benua Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
via blog.tiket.com

6. Monumen Tugu Pepera

Tugu ini bisa jadi salah satu tugu paling bersejarah di Jayapura, atau mungkin di Papua. Dibangun untuk mengenang pembebasan Irian Barat dari tangan penjajah, tugu ini berdiri kokoh sampai sekarang di Jalan Sam Ratulangi, Jayapura. Nama Pepera diambil dari kegiatan rakyat bernama Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) pada tahun 1969. Kegiatan ini seperti kegiatan pemungutan suara yang menentukan posisi Irian Barat apakah masuk ke dalam negara Indonesia atau tidak.

Gambar Monumen Tugu Pepera Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
Contoh Patung Monumen di Indonesia via tabloidjubi.com

7. Tugu Khatulistiwa

Dan yang terakhir ada Tugu Khatulistiwa yang berada di Kalimantan Barat. Tugu yang juga dikenal dengan nama Equator Monument ini berada di Jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara. Tugu ini menjadi salah satu ikon kota wisata Pontianak dan selalu dikunjungi masyarakat.

Gambar Monumen Tugu Katulistiwa Patung Monumen Bersejarah di Indonesia Beserta Penjelasannya
Tugu Katulistiwa via gardeniaresortpontianak.blogspot.co.id

Keistimewaan Tugu Khatulistiwa ada pada tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September, di mana Anda dapat menemukan peristiwa titik kulminasi Matahari yang terjadi 1-2 tahun sekali yang merupakan fenomena alam ketika matahari berada di atas garis khatulistiwa. Wah, menarik juga, ya?

Rupanya patung monumen di Indonesia cukup banyak dan tersebar di berbagai penjuru pulau, bukan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengetahui sejarah beberapa daerah Indonesia, karena sembari berwisata di tempat tersebut Anda bisa mengunjungi monumen bersejarah di indonesia beserta penjelasannya yang tentunya memiliki nilai sejarah tinggi. Selamat berlibur dan menyelami sejarah Indonesia!

Yuk di-Share :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares
  •  
    3
    Shares
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *