Home / Tips & Trick / Peraturan dan Kawasan Ganjil Genap Jakarta Beserta Jadwal

Peraturan dan Kawasan Ganjil Genap Jakarta Beserta Jadwal

Jadwal Peraturan Ganjil Genap Hari Ini

Mulai aktif dilakukan sejak Agsutus tahun 2016 lalu, peraturan ganjil genap Jakarta ini sempat menuai berbagai komentar dari masyarakat Jakarta baik positif maupun negatif. Khususnya yang selalu melewati jalur ganjil genap Jakarta setiap harinya. Peraturan kawasan ganjil genap telah diatur dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yaitu pasal 280 yang mengatur pemasangan tanda nomor kendaraan. Peraturannya sangat sederhana dan mudah, yaitu pada tanggal ganjil, hanya mobil dengan plat nomor ganjil saja yang boleh lewat di tempat dan jam yang ditentukan. Demikian juga tanggal genap, hanya diperuntukkan kendaraan dengan plat nomor genap.

Jadwal Peraturan Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Aturan kawasan ganjil genap Jakarta 2018 diberlakukan dari Senin sampai dengan Jumat. Sedangkan jam ganjil genap Jakarta dibagi menjadi dua, yakni pukul 07.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB. Pembatasan peraturan ganjil genap tidak berlaku pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional. Area pemberlakukaan sosialisasi sistem ganjil genap yakni di kawasan Bundaran Patung Kuda, Simpang Bank Indonesia, Simpang Sarinah, Bundaran HI, Simpang Imam Bonjol, Bundaran Senayan, Simpang CSW, dan Simpang Kuningan.

Peraturan Kawasan Ganjil Genap Jakarta 2018 Jam Hari Ini
Sumber: Katadata.co.id

Untuk Anda yang melanggar maka bersiaplah untuk menerima sanksinya berupa ancaman pidana maksimal dua bulan dan denda maksimal Rp 500.000. Denda berlaku bagi pengendara yang melanggar aturan ganjil genap, sedangkan pidana penjara menanti mereka yang memalsukan pelat nomor kendaraan. Ancaman ini diberikan untuk mencegah upaya mencurangi kebijakan ganjil genap Jakarta dengan jual beli pelat palsu.

Jalur dan Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Berikut adalah daftar kawasan ganjil genap Jakarta 2018 berdasarkan NTMC Polri:

Pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem pelat ganjil-genap akan diberlakukan di empat jalan protokol di Jakarta, yakni Jalan MH Thamrin, Jenderal Sudirman, Gatot Subroto, dan HR Rasuna Said. Jalan tersebut merupakan ruas jalan yang dulunya menjadi lokasi penerapan three in one. Sedangkan waktu atau jam pelaksanaan peraturan Ganjil Genap Jakarta 2018 dilakukan pada pukul 06.00-10.00 WIB dan 16.00-20.00 WIB.

Lalu bagaimana dengan nasib para pengendara yang setiap harinya harus melalui jalur atau kawasan ganjil genap Jakarta 2018? Anda bisa melawati beberapa rute alternatif di bawah ini:

  • Kendaraan dari arah timur (Pancoran) yang hendak mengarah ke barat dapat melalui Jalan Gatot Subroto – Jalan HR. Rasuna Said – Jalan Dr Satrio – Jalan Mas Mansyur – Jalan Pejompongan – Jalan Penjernihan – Jalan Gatot Subroto – Jalan S. Parman/Slipi dan seterusnya.
  • Kendaraan dari arah barat (Slipi) yang hendak mengarah ke timur atau selatan dapat melalui Jalan Gatot Subroto – Jalan Penjernihan – Jalan Pejompongan – Jalan Mas Mansyur – Jalan Dr. Satrio – Jalan HR Rasuna Said – Jalan Gatot Soebroto/Jalan Kapten Tendean dan Seterusnya.
  • Kendaraan dari arah selatan (Blok M) yang hendak mengarah ke utara dapat melalui Jalan Panglima Polim – Jalan Bulungan – Jalan Patiunus II – Jalan Hamengku Buwono 10 – Jalan Hang Lekir – Jalan Asia Afrika II – GeIora Tentara Pelajar – Jalan Penjernihan – Jalan KH. Mas Mansyur – Jalan Cideng Barat/Cideng Timur – Jalan Abdul Muis – Jalan Majapahit dan seterusnya.
  • Kendaraan dari arah utara (Harmoni) yang hendak mengarah ke selatan dapat melalui JI. Gajah Mada/Hayam Wuruk – Jalan Ir. Haji Juanda – Jalan Veteran 3 II – Jalan Medan Merdeka Utara – Jalan Perwira – Jalan Lap. Banteng Barat – Jalan Pejambon – Jalan Medan Merdeka Timur – Jalan Ridwan Rais – Jalan Prapatan- Jalan Abdul Rahman Hakim (Tugu Tani) – Jalan Menteng Raya – Jalan Cut Mutia – Jalan Teuku Umar – Jalan Samratulangi I – Jalan HOS Cokroaminoto – Jalan HR Rasuna Said – Jalan Gatot Soebroto dan seterusnya.

Peraturan ganjil genap ini tidak berlaku untuk kendaraan roda dua, kendaraan rombongan presiden, wakil presiden, pejabat tinggi negara yang menggunakan plat nomor RI, pemadam kebakaran, ambulans, angkutan umum yang memiliki plat kuning, angkutan barang yang mendapat dispensasi, dan kendaraan dengan plat dinas.

Sumber: NTMC Polri

Bagi Anda yang akan melintas di kawasan ganjil genap Jakarta tersebut bisa lebih berhati-hati dan memilih alternatif rute lainnya. Peraturan ganjil genap hari ini dibuat untuk mengurangi kemacetan ibukota. Selain itu lihat juga rute busway Transjakarta yang pernah kami rangkum.

Sebagai informasi tambahan, peraturan ganjil genap hari Sabtu dan Minggu tidak berlaku ya. Tetapi di sebagain area ganjil genap tersebut dilakukan car free day. Selain itu, pada umumnya banyak sekali yang menanyakan mengenai jam dan jalur ganjil genap Gatot Subroto, Kuningan, serta Sudirman. Ketiga jalur tersebut merupakan bagian dari kawasan ganjil genap Jakarta 2018. Tetapi, perlu diingat bahwa jalur ganjil genap Gajah Mada tidak berlaku.

Yuk di-Share :
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    6
    Shares
  •  
    6
    Shares
  • 6
  •  
  •  
  •  
  •  
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars 5.00 (6 votes)
Loading...

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *