Home / Tips & Trick / 10 Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa

10 Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa

Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
10 Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Rate me? =)

Packing saat hendak berwisata perlu direncanakan dengan baik dan maksimal, sehingga tidak ada barang yang terlupakan atau tertinggal. Tak ayal, karena dikejar waktu dan terburu-buru, kita kerap melupakan satu atau dua barang penting. Seringkali pula, kita meremehkan packing perlengkapan yang justru menjadi barang yang penting. Untuk membantu kamu para traveler sejati, berikut adalah 10 perlengkapan traveling yang wajib kamu bawa versi Wisatalah.

  1. Salinan Dokumen Penting
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Dokumen-dokumen penting yang wajib dibawa saat traveling – (blog.tokopedia.com)

Sadarkah bahwa dokumen penting seperti KTP, SIM, ataupun passport seringkali kita anggap remeh? Saat traveling, jangan lupa untuk membawa salinan dokumen-dokumen penting, ya. Bentuk salinan ini bisa berupa foto digital atau scan. Jika membawa dalam fotokopian, pisahkan dengan dokumen yang asli. Mengapa penting? Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selama berwisata. Seandainya terlibat dalam masalah yang harus berurusan dengan birokrasi, setidaknya kita memegang salinan dokumen supaya urusannya menjadi lebih singkat.

  1. Travel Lock (Gembok Kombinasi)
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Travel lock dengan kombinasi angka untuk menjaga keamanan barang bawaan – (romak.com)

Saat berwisata, barang bawaan dan perlengkapan yang dibawa pastilah sebagian besar disimpan dalam travel bag atau koper. Terkadang juga, kita menyimpan barang tertentu yang penting di dalamnya. Untuk memastikan keamanan atau mengurangi resiko kehilangan barang, wajib untuk membawa kunci gembok. Tipe kunci gembok yang dianjurkan adalah menggunakan kombinasi angka. Jangan sampai lupa kode gembok yang kita tentukan sendiri, jika perlu ada baiknya dicatat dalam buku catatan atau ponsel.

  1. Toiletries
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Perlengkapan mandi sederhana wajib dibawa saat traveling – (fallindesign.com)

Toiletries merupakan perlengkapan mandi yang wajib dibawa, terutama jika kamu berwisata di alam terbuka seperti hiking atau camping. Bawalah perlengkapan mandi yang sederhana, seperti sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi. Toiletries sebaiknya berukuran kecil saja, agar menghemat ruang di ransel atau koper. Pastikan perlengkapan mandi yang dibawa disimpan dalam plastik zip lock kedap udara. Gunanya, jika kebetulan membawa sabun cair atau shampoo lalu tumpah, setidaknya tidak sampai mengotori barang bawaan lainnya.

  1. Handuk Microfiber Quick Dry
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Handuk bahan microfiber mudah kering, wajib dibawa traveler – (anewtechnology.com)

Memang, membawa handuk biasanya akan sangat merepotkan karena memakan tempat di koper atau travel bag dan berat dibawa jika basah. Tak heran, tak sedikit traveler yang mengandalkan handuk di tempat penginapan. Tapi, bisa saja kita kerepotan saat tidak membawa handuk pribadi. Misalnya, ketika harus mandi di toilet umum saat transit atau menginap di bandara, juga ketika berwisata di tengah alam seperti hiking atau camping. Maka, handuk berbahan dasar microfiber yang cepat menyerap air dan mudah kering menjadi perlengkapan traveling yang wajib dibawa saat berpergian.

  1. P3K dan Obat-obatan Pribadi
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Kotak P3K yang wajib dibawa traveler untuk mengatasi peristiwa tak terduga – (melindahospital.com)

Perlengkapan P3K jangan sampai tidak ada dalam daftar perlengkapanmu saat traveling. Tidak perlu terlalu lengkap, cukup membawa yang sederhana seperti plester, obat merah atau alkohol, dan perban. P3K menjadi sangat penting terutama bagi traveler yang menuju destinasi alam seperti gunung, perbukitan, dan hutan. Dianjurkan juga membawa obat-obatan pribadi, terutama jika kamu memiliki alergi atau mengidap penyakit tertentu.

  1. Sunblock
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Sunblock wajib dibawa agar kulit terlindungi dari sinar UVA / UVB – (fivestarcrew.ca)

Sunblock atau tabir surya merupakan perlengkapan traveling yang wajib dibawa oleh traveler jika beraktivitas di luar ruangan, seperti ke pantai atau jalan-jalan di bawah terik matahari. Sunblock tak hanya sekedar berfungsi agar kulitmu tidak terbakar dan menggelap, namun juga memblokir efek buruk sinar matahari terhadap kulit seperti UVA dan UVB. Bentuk sunblock sendiri macam-macam, mulai dari cream, gel, dan spray. Oleskan sunblock di kulitmu 20-30 menit sebelum keluar dari penginapan, ya.

  1. Laundry Bag
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Laundry bag untuk memisahkan pakaian kotor dan pakaian bersih – (interplas.com)

Agar pakaian bersihmu tetap steril dan terhindar dari bau keringat dan lembab bekas pakaian kotor, jangan lupa membawa laundry bag. Tas ini berfungsi untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih. Laundry bag ini bisa berbentuk tas kanvas maupun kantong plastik. Saat hendak pulang menuju kota asal, berbenah pun akan lebih mudah dengan adanya laundry bag.

  1. Kamera
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Kamera, kemampuan menangkap gambar lebih baik untuk mengabadikan moment berharga ketika traveling – (bayoucityflyers.com)

Tiap traveler tentunya tak melewatkan moment berharganya untuk diabadikan. Meskipun fitur kamera juga tersedia dalam smartphone, ada baiknya membawa kamera dengan kemampuan menangkap gambar yang lebih baik. DSLR, pocket camera atau mirrorless, yang mana saja bisa kamu bawa sesuai kebutuhan. Apalagi untuk pecinta fotografi, sebaiknya membawa memory card dan baterai tambahan agar tidak kelewatan satu moment pun untuk diabadikan.

  1. Perlengkapan elektronik
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Perlengkapan elektronik seperti gadget, kabel charger, dan lainnya wajib dibawa traveler ketika baterai habis – (pinterest.com / Azza Gadget)

Di zaman serba canggih ini, manusia pastinya tak bisa lepas dari peralatan elektronik. Saat traveling, bawalah perlengkapan traveling seperti kabel charger ponsel dan kamera, universal adapter, dan power bank. Apalagi jika traveling ke luar negeri, tipe stop kontak seperti di Singapura dan Amerika berbeda dengan di Indonesia. Ada baiknya membawa universal adapter agar seluruh gadget­ dapat tersambung dengan aliran listrik. Wajib juga membawa music player jika kamu tidak bisa tanpa mendengarkan musik. Simpan seluruh perlengkapan elektronik yang dibawa dalam satu tas khusus dan jauhkan dari benda cair, ya.

  1. Kain / Sarung
Perlengkapan Traveling yang Wajib Kamu Bawa
Kain / sarung multifungsi, bisa juga untuk fashion para traveler – (travel.tribunnews.com)

Lho, sarung kok, wajib dibawa saat traveling? Kain multifungsi ini sangat bermanfaat untuk kamu para traveler dimanapun dan kapanpun. Sarung bisa dijadikan selimut, alas duduk, alas tidur, kain pantai, handuk, bahkan pakaian darurat. Bahannya yang ringan pun mudah kering bila dicuci, sehingga bisa digunakan kembali dalam waktu singkat. Pilihlah sarung dengan bahan yang sejuk dan nyaman, contohnya adalah kain Bali.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *