Home / Event / Pesona Kulminasi Matahari, Peristiwa Aneh di Pontianak

Pesona Kulminasi Matahari, Peristiwa Aneh di Pontianak

Pesona Kulminasi Matahari, Peristiwa Aneh di Pontianak
Pesona Kulminasi Matahari, Peristiwa Aneh di Pontianak
1 (20%) 1 vote

Sebagai negara yang dilalui garis Khatulistiwa, Indonesia memiliki suatu fenomena unik yang sangat jarang terjadi di negara lainnya. Salah satu fenomena alam yang dapat terjadi pada daerah yang dilalui garis Khatulistiwa adalah Kulminasi Matahari. Di Indonesia, Kulminasi Matahari akan terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat. Seperti apakah fenomena alam ini ? mari simak ulasan berikut.

Pesona Kulminasi Matahari
Sumber: news.liputan6.com

Perlu sobat ketahui Kulminasi Matahari merupakan suatu fenomena alam yang mana matahari berada di garis khatulistiwa tepatnya pada posisi 0 derajat, 0 menit, dan 0 detik. Pada saat itu, seketika bayangan semua bendan akan menghilang dan telur pun dapat berdiri tegak. Logikanya, ketika Matahari mengalami Kulminasi, Matahari akan berada tepat di atas kepala sehingga tidak akan terbentuk bayangan pada benda-benda di permukaan bumi sama sekali. Selain itu, Kulminasi Matahari juga akan menghasilkan gaya gravitasi yang sangat kuat sehingga sebuah telur yang biasanya bila diletakkan pada permukaan yang datar tidak dapat berdiri tegak pada sudut-sudut cangkang, namun ketika diletakkan pada titik Kulminasi Matahari, telurpun dapat berdiri tegak di titik nol derajat.

Acara Kulminasi Matahari
Sumber: lifestyle.sindonews.com

Fenomena Kulminasi Matahari ini dapat sobat temukan di Negara Gabon, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia yang berada di Benua Afrika serta Ekuador, Peru, Columbia dan Brazil yang berada di Benua Amerika. Sementara itu, di Benua Asia fenomena Kulminasi Khatulistiwa hanya terjadi di Indonesia tepatnya di Pontianak.

Beberapa peneliti melakukan ekspedisi di Indonesia pada tahun 1928 silam dan menentukan titik garis khatulistiwa. Untuk memberikan tanda keberadaan Kulminasi Matahari secara geografis, dibangunlah sebuah Tugu berbentuk tonggak anak padan. Kemudian, pada tahun 1990 dilakukan renovasi pada Tugu tersebut yaitu menambahkan kubah guna melindungi Tugu yang asli. Selain itu, juga dibangun tugu duplikat dengan ukuran yang lebih besar daripada aslinya. Tugu ini kini dikenal dengan nama Tugu Khatulistiwa yang merupakan simbol dari fenomena aneh di Pontianak.

Tugu Katulistiwa Pontianak
Sumber: travel.kompas.com

Gambar di atas memperlihatkanĀ  antusias warga dan wisatawan lokal maupun mancanegera untuk menyaksikan Kulminasi Matahari yang hanya terjadi dua kali dalam setahun. Untuk menyaksikan fenomena alam yang aneh ini, pengunjung rela berpanas-panasan di bawah terik matahari demi mengabadikan momen ini. Tepat di depan Tugu Khatulistiwa terdapat sebuah alat pendeteksi Kulminasi Matahari yang berwujud besi bulat dengan panjang mencapai dua meter. Alat ini dihubungkan dengan dua rangkap kaca cembung yang berfungsi untuk menangkap sinar Matahari dalam satu titik sehingga panas sinar tersebut dapat membakar kulit. Dalam pergelarannya, dari gambar di atas terlihat bahwa titik cahaya yang dikumpulkan dari alat pendeteksi Kulminasi Matahari mampu membakar sumbu mercon.

Fenomena Kulminasi Matahari
Sumber: pulsk.com

Sementara itu, dunia pendidikan turut memanfaatkan fenomena alam ini sebagai sarana penambah ilmu pengetahuan bagi siswa-siswi. Gambar di atas membuktikan bahwa siswa-siswi sangat antusias mencoba menegakkan telur pada titik nol derajat.

Bagi sobat yang penasaran untuk menyaksikan fenomena alam yang aneh khas Pontianak ini, kunjungilah Tugu Khatulistiwa pada tanggal 21-23 Maret dan atau 21-23 September pada pukul 11.30-11.50 WIB. Karena fenomena Kulminasi Khatulistiwa di Indonesia terjadi dua kali setahun pada waktu tersebut tepatnya tengah hari dan berlangsung sekitar 5 sampai 10 menit. Selain fenomena Kulminasi Matahari, festival asal Pontianak ini telah dikemas dengan berbagai festival lainnya seperti festival seni, expo, makanan dan dilanjutkan dengan acara puncak yaitu penyambutan equinox. Sementara itu, masih banyak lagi destinasi lainnya yang dapat dinikamti kala terjadinya Kulminasi Matahari di Pontianak, diantaranya adalah menjelajahi Sungai Kapuas (sungai terpanjang di Indonesia), Kampung Benting (Tempat peradaban Kota Pontianak di masa lalu) dan lain sebagainya.

Gambar Tugu Katulistiwa
Sumber: www.cnnindonesia.com
Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

One thought on “Pesona Kulminasi Matahari, Peristiwa Aneh di Pontianak

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *