Home / Tempat Wisata / Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat Yang Mempesona

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat Yang Mempesona

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat Yang Mempesona
Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Miniatur Raja Ampat Yang Mempesona
Rate me? =)

Pulau Lebengki merupakan pulau yang terletak di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara (KonUt), Sulawesi Tenggara. Arti dari nama Labengki sendiri berasal dari bahasa daerah Tolaki yaitu “laabenggi” yang berarti “Guci”. Hal ini dikarenakan bentuk Pulau Labengki jika dilihat dari kejauhan menyerupai sebuah guci dengan rentetan pulau-pulau dan karang kecil.

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Sumber: obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id

Pulau Labengki ini disebut-sebut pula sebagai miniatur dari Raja Ampat. Betapa tidak, Pulau Labengki memiliki pesona eksotis perairan tenang nan jernih serta dikelilingi perbukitan dan hamparan terumbu karang berwarna-warni nan indah. Tak heran bila Pulau Labengki dijuluki sebagai miniatur dari Raja Ampat yang menjadi surga tersembunyi bagi pecinta snorkeling, diving, pecinta anggrek, dan climbers.

Teluk Cinta Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Sumber: wisatasulawesi.com

Di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara, kita dapat menemukan banyak sekali karang yang terjal dan di hiasi dengan hamparan pasir putih. Salah satu keunikan Pulau Labengki adalah disini kita akan menemukan keindahan alam yang sangat mempesona yaitu Teluk Cinta. Jika dilihat dari atas, Teluk Cinta memiliki bentuk menyerupai love. Karena itu lah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang menyebutnya Teluk Cinta.

Snorkeling Di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Sumber: bugistraveler.com

Tak hanya namanya saja yang membuat kita berbunga-bunga, ternyata habitat bawah air di Teluk Cinta ini sangat mempesona. Disini terdapat berbagai jenis terumbu karang dan spesies ikan-ikan mungil berwarna-warni. Bahkan keindahan terumbu karang di Teluk Cinta tak kalah jika dibandingkan dengan Raja Ampat.

Bawah Laut Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Sumber: pulaulabengki.blogspot.co.id

Selain sebagai destinasi wisata alam bawah air, Pulau Labengki juga dijadikan sebagai Pusat Penelitian Kelautan khususnya Konservasi dan Rehabilitasi berbagai spesies kerang raksasa (Tridacna / Kima). Untuk kita ketahui bersama, Tridacna merupakan kerang terbesar di dunia. Bahkan ukuran Tridacna di Pulau ini dapat mencapai 50 centimeter yang merupakan spesies Tridacna terbesar di dunia. Tridacna hidup di sela-sela karang dan disini kita dapat menemuinya pada kedalaman 20 meter. Saat ini kawasan Pulau Labengki dijadikan sebagai tempat penangkaran spesies Tridacna terbesar di Dunia.

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Dari Atas
Sumber: bugistraveler.com

Di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara, terdapat satu-satunya bangunan mencakar langit, yaitu Mercusuar. Spot ini sangat cocok bagi pecinta Potography. Banyak sekali pemandangan yang indah bagi yang ingin foto-foto landscape dengan objek mercusuar dan tepian pantai yang dapat diambil dari atas mercusuar. Yang tak kalah menarik adalah ketika berburu sunrise dengan background merucusuar. Warna langit kemerahan dan terdapat berbagai pulau kecil serta mercusuar memperindah pemandangan. Selain itu hamparan laut nan membentang luas serta pasir putih yang menyelimuti Labengki di pinggiran pantai semakin memikat hati.

Pantai Pulau Labengki Sulawesi Tenggara
Sumber: wisatasulawesi.com

Hingga kini, terdapat 3 akses menuju Pulau Labengki yaitu:
1. Kendari – Labengki
Dari Kendari menuju Labengki bisa menggunakan transportasi air. Keberangkatan dimulai dari Pelabuhan Kota Kendara. Anda bisa memilih kapal sesuai kebutuhan. Jarak tempuh dari Pelabuhan Kota Kendari menuju Pulau Labengki sekitar 70 km dengan waktu tempuh mencapai 5 jam.
2. Lasolo – Labengki
Jika berangkat dari Pelabuhan Kecamatan Lasolo (Konawe Utara) akan menempuh perjalanan sekitar 34 km dengan waktu tempuh mencapai 2.5 jam sampai 3 jam.
3. Sawa – Labengki
Kini Pelabuhan Kecamatan Sawa (Konawe Utara) telah membuka tujuan perjalanan Labengki. Dari Pelabuhan Kecamatan Sawa, jarak tempuh hanya sekitar 10 – 15 km saja dengan waktu tempuh hanya sekitar 1 – 2 jam.

Pulau Labengki Sulawesi Tenggara Yang Mempesona
Sumber: sukawisata.com

Jika beruntung, dalam perjalanan menuju Pulau Labengki akan ditemai oleh kawanan lumba-lumba yang berenang. Kondisi ini seakan-akan kapal yang membawa kita seakan-akan sedang balapan dengan kawanan lumba-lumba. Sesekali kawanan lumba-lumba ini akan melompat ke udara. Masih banyak misteri dengan keindahan alam yang belum terpecahkan di Pulau ini. Selain itu, warga setempat yang merupakan Suku Bajo juga sangat ramah menerima kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan dan kenikmatan traveling semakin lengkap dengan keramahan masyarakat setempat di Pulau Labengki Sulawesi Tenggara yang sungguh mempesona.

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *