Home / Tempat Wisata / Pulau Peucang Banten Sisi Lain Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Peucang Banten Sisi Lain Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Peucang Banten Sisi Lain Taman Nasional Ujung Kulon
Pulau Peucang Banten Sisi Lain Taman Nasional Ujung Kulon
Rate me? =)

Nama Taman Nasional Ujung Kulon memang saat ini sudah tidak asing lagi di telinga terutama bagi para traveler. Taman yang berada di bagian paling barat Pulau Jawa ini dikenal memiliki beragam tempat wisata alam yang indah nan asri. Sangat indahnya hingga taman ini telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Selain memiliki cagar alam yang mengedukasi, ternyata Taman Nasional Ujung Kulon memiliki sisi lain berupa surga yang tersembunyi yaitu pantai Pulau Peucang Banten.

Tempat Wisata Pulau Peucang Banten

Berada di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten, pulau seluas 3 hektar ini diam-diam memiliki pesona yang menakjubkan. Nama Pulau Peucang Ujung Kulon sendiri berasal dari nama binatang yang menyerupai seekor siput yang sering ditemukan di pantai sekitaran pulau ini. Penduduk sekitar juga biasa menyebutnya dengan “mata peucang”. Peucang sendiri dalam bahasa Sunda diartikan sebagai seekor kancil. Pulau Peucang sendiri merupakan salah satu ekosistem hutan hujan tropis dengan dataran yang rendah yang dikelilingi oleh beragam flora dan fauna yang akan sulit Anda temukan di tempat lain. Di sini Anda bisa menemui beberapa hewan yang sulit di temui, seperti Rusa, Banteng, Merak Hijau, Lutung, Babi Hutan, Kijang hingga Biawak. Serta beragam pepohonan yang menjadikan pulau ini sangat indah.

Tempat Wisata Pulau Peucang Ujung Kulon
Sumber: Sumber.com

Pantai yang ada di pulau ini juga memiliki hamparan pasir putih dengan laut biru yang membentuk gambar landscape indah bersama hijaunya hutan dan birunya langit yang cocok untuk melakukan beragam olahraga renang seperti berenang, menyelam, memancing hingga snorkeling. Selain itu, ada pula salah satu objek wisata yang selalu menjadi incaran para traveler, yaitu Karang Copong. Karang Copong merupakan nama sebuah karang mati yang berukuran besar dan berlubang. Anda bisa menemukan Karang Copong di bagian Utara pulau Peucang Ujung Kulon. Karang ini juga cocok sebagai tempat memancing atau menyelam karena air dasar lautnya masih sangat jernih sehingga mudah untuk melihat ke dasar laut.

Lokasi dan Akses Pulau Peucang Ujung Kulon

Untuk bisa ke Pulau Peucang, Anda harus melewati jalur laut melalui dermaga penyeberangan yang berada di Kecamatan Sumur. Kecamatan Sumur sendiri berjarak sekitar 9 jam dari ibukota. Selain melalui jalur ini, Anda juga bisa menggunakan bis dari Kalideres menuju Labuan. Dari Labuan nanti Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan darat untuk menuju ke Dermaga. Elf di menuju dermaga di Kecamatan Sumur hanya beroperasi hingga pukul 3 sore saja. Jika Anda tiba melebihi pukul 3 sore, Anda bisa menyewa kendaraan sendiri untuk bisa sampai di Kecamatan Sumur.

Akses dan Lokasi Pulau Peucang Ujung Kulon
Sumber : Tempat Wisata

Dari dermaga hingga ke bibir Pulau Peucang sendiri membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam lamanya. Untuk menikmati keindahan Pulau ini, Anda juga tidak perlu merogoh kocek seperti pergi ke pulau-pulau indah lainnya. Anda hanya perlu membawa sekitar 2-3 juta rupiah untuk bisa menikmati keindahan pulau ini!

So, yuk persiapkan liburan Anda open trip ke tempat wisata Pulau Peucang Banten. Selain keindahan Taman Nasional Ujung Kulon, kami juga pernah mereview tentang Taman Nasional Baluran, The Africa van Java, di Jawa Timur lho. Jangan sampai kamu kelupaan ya.

Yuk di-Share :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares
  •  
    2
    Shares
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *