Home / Tempat Wisata / Long Weekend Di Pulau Umang Yang Romantis

Long Weekend Di Pulau Umang Yang Romantis

Long Weekend Di Pulau Umang Yang Romantis
Long Weekend Di Pulau Umang Yang Romantis
5 (100%) 1 vote

Lagi beruntung kedapetan long weekend setelah penat menghadapi kerjaan sehari-hari? Jangan sia-siakan kesempatanmu untuk berlibur ke luar kota.  Yuk, coba jelajahi Pulau Umang yang terletak di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Banten sendiri memang memiliki sejumlah tempat wisata menarik. Pantai Anyer dan Pantai Carita adalah yang paling terkenal di kalangan travelers. Tapi, Pulau Umang juga tidak kalah menarik dengan kedua pantai tersebut, lho. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri dengan pesona lautnya yang masih sangat alami, belum terganggu oleh tangan-tangan manusia. Seperti apa sih?

Beningnya air laut Pantai Umang paduan biru dengan hijau tosca, asyik untuk kegiatan watersport
Beningnya air laut Pantai Umang paduan biru dengan hijau tosca, asyik untuk kegiatan watersport – (indonesiawow.com)

Lokasi Pulau Umang Banten

Pulau indah nan eksotik ini cukup populer sebagai tempat wisata akhir pekan. Khususnya bagi warga berdomisili Jakarta karena letaknya yang tak begitu jauh. Bila berkendara dengan mobil, diperkirakan memakan waktu perjalanan selama 6 jam dengan rute: Tol Jakarta – Merak – keluar pintu Serang Timur (KM 71) – Jalan Pandeglang – Labuan – Taragong – Citeurup – Cigeulis – Cibalium – Cimanggu – Kecamatan Sumur.

Namun, kamu harus waspada terhadap jalan berkelok-kelok serta naik-turun selama menuju Kecamatan Sumur. Berhati-hatilah jika menyetir, karena ada pula berbagai jalanan rusak serta tikungan tajam. Perjalanan pun belum selesai ketika tiba di Sumur. Pergilah ke pinggir Pantai Sumur yang letaknya sekitar 1 km lalu menyewa speedboat seharga Rp 100.000 per orang untuk menyebrang menuju Pulau Umang. Tak lama, kok. Waktu penyebrangan ini hanya membutuhkan 5 – 8 menit saja. Tersedia juga parkir mobil dan motor, jadi kamu tak perlu khawatir bila membawa kendaraan pribadi.

Saat kamu berlayar dengan speedboat¸ akan terlihat sebuah pulau yang seolah mengambang di tengah laut. Tampak hamparan pasir putih serta beningnya air laut dengan semburat kebiruan mengelilingi pulau, sangat mempesona. Tiba di sana, kamu akan disapa oleh segarnya udara Pulau Umang beraroma khas air laut yang mampu bikin kamu langsung ingin menceburkan diri ke dalamnya. Jangan lupa ambil foto-foto cantik dan tentu saja, selfie yang banyak!

Indahnya warni-warni terumbu karang di sekitaran Pulau Umang dan Pulau Oar
Indahnya warni-warni terumbu karang di sekitaran Pulau Umang dan Pulau Oar – (tempatwisataid.com)

Perairan biru dan bening bak kristal ini tentu dimanfaatkan oleh Pulau Umang dengan menyuguhkan berbagai kegiatan watersport. Kamu bisa snorkeling, jetski, sun bathing, main banana boat, hingga memancing. Bagi pecinta snorkeling, disarankan untuk menyebrang sedikit ke Pulau Oar. Sebab, jejeran terumbu karang di sekitar Pulau Oar masih sangat alami dan bagus. Siapkan kamera underwater sebelum menyelam, ya. Selain itu, menyaksikan sunset dan sunrise juga akan menyegarkan mata dan pikiranmu.

Penginapan Di Pulau Umang

Walau pulau ini tergolong kecil, namun fasilitas dan akomodasinya cukup lengkap. Menghabiskan long weekend di Pulau Umang yang romantis sepertinya lebih asyik dengan menyewa cottage atau resort. Kebanyakan cottage dan resort yang ditawarkan pun memiliki view langsung menghadap ke laut. Kebayang dong, segarnya memulai hari saat kedua mata langsung disuguhkan dengan birunya air?

Pulau Umang Resort
Salah satu Cottage di Pulau Umang Resort dengan fasilitas kolam dan pemandangan menghadap langsung ke air laut Pulau Umang – (bantenwisata.com)

Jika ingin menyewa tempat penginapan, disarankan untuk memesan jauh sebelum hari keberangkatan, ya. Mengingat cukup banyak wisatawan yang ingin menghabiskan waktu, apalagi long weekend saat masa liburan. Kalau ingin yang lebih praktis, kamu juga bisa mencari paket tur Pulau Umang di berbagai situs. Tak perlu khawatir soal harga, karena sudah banyak travel agent yang menawarkan paket liburan dengan harga terjangkau untuk 2 – 5 orang. Ada juga paket liburan untuk pre-wedding dan honeymoon, lho.

Selain tempat penginapan, kawasan wisata ini juga menyediakan pusat bisnis, sunset lounge, tempat karaoke, serta restoran dan kafe. Jangan sampai kelewatan untuk mencicipi aneka kuliner di Pulau Umang, salah satunya yakni seafood. Tersedia pilihan menu seafood di sepanjang restoran, namun ikan kakap merah dan ikan kerapu menjadi sang primadona di sini.

Sunset Di Pulau Umang
Cantiknya langit saat matahari terbenam, pantulan warna oren kemerahan dan biru laut – (jktmike.livejournal.com)

Nah, tertarik untuk menelusuri tempat wisata ini lebih jauh lagi?  Ayo, buruan serbu Pulau Umang!

Yuk di-Share :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *